Berapa Lama Waktu untuk Belajar Digital Marketing Hingga Ahli?

waktu untuk belajar digital marketing

Belajar teknis digital marketing kini sangat bermanfaat terutama untuk membantu meningkatkan pemasaran usaha atau jasa. Ada beberapa media internet digital yang umum digunakan, sedangkan dalam memanfaatkannya adalah bagian ilmu teknisnya. Inilah yang kini menjadi trend era digital marketing banyak yang antusias untuk belajar.

Beberapa teknis digital marketing antara lain adalah: membuat dan mengelola website, SEO (Search engine optimization), SEM (search Engine Marketing), Facebook dan Instagram Ads


Ada dua poin ada setiap platform media digital marketing diatas, pertama teknis cara menggunakan, kedua strategi atau seni dalam mengotak atik, agar bisa melaju lebih cepat dibandingkan kompetitor.

Kami coba berbagi pengalaman berapa lama waktu yang sebaiknya anda luangkan untuk belajar digital marketing?

1. Membuat Website (3-6 Bulan)

Jenis website bervariasi, ada yang menggunakan pemrograman cms ada yang manual dengan code html. Paling umum di tempat kursus adalah 3 bulan dengan estimasi belajar 6 jam per minggu, atau 2-3 jam per hari. Jika di perguruan tinggi lebih detail dan ekspert setidaknya 1-2 semester mata kuliah khusus pembuatan website.

Bagi yang belum tahu sama sekali, membuat website tergolong sangat sulit, tentu saja untuk jenis website yang benar-benar bisa kita otak atik bukan weblog dengan template yang sudah tersedia.

Otak manusia ada batasan saat digunakan dengan fokus seperti belajar pemrograman website, kalau saya pribadi 2-3 jam per hari selama 6 bulan dan terus fokus praktik.

2. SEO (6-8 Bulan)

Jika belajar secara teknis semua mungkin 6 jam x 3 hari juga cukup lengkap ilmu teknisnya. Belajar SEO yang lama adalah bagian trial dan eror, menganalisa webmaster, analisa search engine, membuat backlink.

Bahkan dari beberapa teman yang benar-benar fokus pada SEO tidak cukup mencoba selama 3 bulan, untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Bagaimana tidak, ada berbagai macam trik yang kita tidak benar-benar tahu kecuali di tes dan menunggu hasilnya dari Google.

Ketika satu trik tidak berguna, maka harus menggunakan trik lain. Bagian yang paling lama adalah seni membangun link, atau disebut (link building)


3. SEM (3 Bulan)

Search Engine Marketing yang sering digunakan adalah Google Ads, kuncinya adalah menguasai dasboard pengelolaan iklan yang bisa kita pelajari fokus selama 1 bulan dengan langsung praktek.

Karena saat beriklan hari ini, maka jika diaprove iklan nya maka hari ini tayang. Selanjutnya besok atau lusa bisa kita pelajari, mulai dari ranking posisi iklan, penayangan, jumlah klik hingga perbandingan konversi.

Karena sifatnya berdasar anggaran iklan, asal mau mencoba dengan anggaran tertentu dan siap tidak dipusingkan dengan banyaknya fitur dan punya niat yang tinggi untuk belajar.

4. Meta Ads (3 Bulan)

Ada dua teknis yang harus dipelajari dalam beriklan menggunakan dua sosial media paling ternd saat ini.

Pertama adalah menggunakan fitur dan bagaimana cara mengatur iklan dengan tepat, kedua adalah seni manajemen iklan yaitu menganalisa iklan seperti apa yang paling maksimal. Anda harus coba banyak jenis iklan dan terus mempelajarinya.


Bagaimana Dengan Ikut Pelatihan Digital Marketing 1-2 Hari?

Saya juga pernah ikut, dan itu sangat bermanfaat sekali, karena bisa sangat menghemat waktu dalam belajar. Dari pelatihan tersebut ibaratnya kita diberi tahu trek atau jalan yang harus ditempuh, selanjutnya ibarat mendaki gunung tinggal mendaki trek nya sampai puncak.

Mereka para mentor yang sehari-hari selalu berkutat dengan teknis digital marketing jadi bukan cuma teori saja, dan efek sharing pengalamannya sangat bermanfaat

Berbeda bagi yang belum pernah sama sekali dan belajar sendiri, otodidak melalui internet misalnya, tentu banyak sekali trek-trek yang kita coba.


Nah, Apakah Anda Cocok Belajar Digital Marketing ?

Sebenarnya itu tergantung anda, pengalaman kami dimana sering menghandle perusahaan berkembang, owner nya lebih memilih mengelola manajemen perusahaan dan merekrut karyawan staff atau freelance yang bisa menghandle urusan digital marketing.

Belajar Digital Marketing untuk Bisnis

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال