Iklan Bisnis Modal Kecil untung Besar Hati-Hati Penipuan

iklan bisnis penipuan

Dhadigital.com - Di artikel ini semoga bisa menjadi pengingat teman-teman ketika tertarik dengan peluang bisnis modal kecil untung besar. Saya beberapa kali menemukan iklan yang menawarkan peluang bisnis yang menipu dengan iming-iming keuntungan Jutaan rupiah, hati-hati penipuan.

Banyak pengusaha menawarkan peluang bisnis dengan kata-kata yang menarik, biasanya mereka menyebut dengan bisnis online atau reseller.

Secara bisnis memang ada dan benar
Biasanya jenis bisnis dengan menjual suatu produk tertentu, baik dijual secara langsung maupun secara online. Secara produknya sah, halal bukan suatu yang ilegal. Biasanya adalah makanan, cemilan, atau barang unik.

Cara bisnisnya memang benar
Reseller atau bisnis online memang ada dan bisa menjadi peluang yang menghasilkan jika kamu bisa melakukan. Intinya adalah keahlian untuk bisa jualan produk reseller.

Banyak sekali sekarang produk reseller yang ditawarkan oleh produsen atau supplier. Ada yang memang produknya bagus tapi ada yang memang "produk sebagai kamuflase"

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Reseller

Iklan bisnis yang menipu

Iklan peluang bisnis yang menawarkan hanya modal ratusan ribu saja tetapi bisa untung jutaan rupiah. Itu tidak ada sama sekali, inilah yang saya katakan iklan penipuan.

Mari kita berhitung, dimana sebuah usaha jualan keuntungan paling banyak adalah 50%

Jika kita modal Rp 500.000 maka jika untung akan menjadi Rp 750.000

Bagaimana dengan iklan mereka yang mengatakan modal 100 ribu rupiah bisa menjadi Rp 5 juta. Setidaknya untuk menjadi 5 juta harus modal 3 juta, itupun kalau barangnya bisa laku semua.

Penipuan yang dilakukan adalah iklan yang mengatakan peluang penghasilan sekian, tanpa ada dasar yang jelas dan resiko yang disampaikan.

Sebenarnya bisnis dan produknya sah bukan penipuan. Jadi yang menipu adalah iklan iming-imingnya yang menyesatkan.

Produk sebagai kamuflase

Yaitu produk yang dikemas secara menarik unik yang tujuannya memang untuk menarik para reseller yang ingin menghasilkan uang dengan jualan produk tersebut, padahal produknya belum terbukti laku.

Produknya tidak benar-benar laku di konsumen, belum ada bukti banyak distributor yang menjualnya. Bahkan pengusaha produk kamuflase memang tidak bisa menjual produknya sendiri melainkan menjual pada orang yang tertarik dengan peluang bisnis.

Nanti orang yang tertipu dengan peluang bisnis tersebut akan membeli sejumlah produk yang katanya bisa dijual lagi dengan harga sekian dan untung sekian.

Menawarkan bimbingan usaha

Targetnya memang orang-orang awam yang tertarik dengan bisnis dan mereka mungkin hanya punya sedikit modal. Mereka tidak tahu harus mulai darimana dengan modal yang mungkin kurang dari 1 juta. 

Ketika mereka melihat ada penawaran peluang bisnis sekaligus dibimbing, maka tanpa pikir panjang mereka akan gabung. Nanti akan mendapatkan panduan hanya berupa modul, video atau grup bisnis.

Target orang awam

Bagi orang awam yang belum pernah tahu model bisnis reseller "produk kamuflase" mereka akan bergabung karena mungkin merasa modalnya kecil dan mendapat bimbingan.

Tetapi memang ada banyak juga produk yang berkualitas dan bagus dipilih untuk menjadi resellernya.  Jadi untuk memastikan kamu bisa mengecek terlebih dahulu.

Ciri-ciri reseller produk kamuflase

  • Lebih banyak menawarkan peluang bisnis daripada menawarkan produk
  • Cari produk tersebut di marketplace (Shopee, Tokopedia) apakah banyak penjualannya, jika sedikit penjualan maka itu termasuk produk kamuflase
  • Tidak ada toko resmi di marketplace
  • Tidak mencantumkan harga satuan di akun sosial medianya

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال