Inilah 5 Manfaat dan Tujuan SEO untuk Perusahaan

manfaat dan tujuan SEO untuk perusahaan

Dhadigital.com - Sekarang hampir semua perusahaan besar pasti mempunyai website dan menerapkan SEO (search engine optimization). Perusahaan baru juga mulai menggunakan website sebagai media informasi, company profile, dan marketing. 

Optimasi SEO biasanya digunakan pada blog atau website agar bisa mendapatkan pengunjung secara organik dari mesin pencari.

Tujuan SEO adalah agar keyword atau kata kunci dari sebuah url website dapat muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo sehingga mendapatkan pengunjung atau traffic secara organik. 

Tetapi sebenarnya lebih dari itu, ada banyak manfaat SEO untuk perusahaan. Pengalaman kami pernah membantu Optimasi SEO salah satu perusahaan yang namanya "Graha Survei Indonesia" beserta beberapa kata kunci.

Sebelum kami optimasi, ketika dicari dengan kata kunci Graha Survey Indonesia tidak muncul di Google. Hal ini tentu menjadi masalah, apalagi beberapa kata kunci service layanan perusahaan pasti juga tidak muncul.

Setelah kami melakukan optimasi SEO untuk website tersebut kurang lebih 3 bulan akhirnya bisa muncul di Google, nama perusahaan dan juga jasa layanan usahanya.

Ini adalah salah satu contoh untuk mengawali penjelasan tentang manfaat dan tujuan SEO untuk Perusahaan.

Manfaat SEO

1. Bisa meningkatkan kepercayaan 

Ketika seseorang mendengar atau mengetahui nama perusahaan yang baru saja diketahui. Biasanya mereka akan kepo, googling mencari tahu lebih lanjut tentang nama perusahaan tersebut.

Ketika website perusahaan langsung ditemukan di halaman pertama di urutan paling atas, ini akan menambah kepercayaan, mereka menganggap berarti sudah terkenal karena dengan mudah ditemukan.

Ketika membuka website orang akan menemukan informasi yang lebih jelas disajikan, sehingga menambah kepercayaan orang.

Tidak setiap website yang dibuat secara otomatis bisa langsung muncul di halaman Google, inilah salah satu tujuan SEO untuk website perusahaan.

2. Lebih unggul dari kompetitor

Berlaku untuk jenis-jenis perusahaan menengah ke bawah yang namanya belum terkenal di telinga dan mata masyarakat umum. Termasuk jenis usaha baru yang mungkin baru di dirikan dan baru berkembang.

Ketika perusahaan tersebut ternyata mempunyai banyak kompetitor, maka yang bisa muncul di halaman pertama Google dengan beberapa kata kunci utama akan lebih unggul.

Misalnya saja perusahaan percetakan, konveksi, event organizer, jasa logistik mereka ada banyak kompetisi. Semakin menguasai halaman pertama Google maka akan semakin unggul.

Tentu saja salah satu usaha menguasai halaman pertama Google adalah dengan SEO.

3. Mendapatkan pelanggan baru

Banyak sekali pengusaha yang menggunakan website lalu melakukan optimasi SEO agar bisa mendapatkan pelanggan dari pengunjung organik Google.

Beberapa klien kami hampir semua punya tujuan agar kata kunci tertentu websitenya bisa muncul ketika dicari orang, kemudian orang tersebut tertarik dan melakukan pemesanan, baik produk maupun jasa.

Semakin tinggi persaingan kata kunci maka jika bisa muncul di halaman pertama Google maka semakin besar kemungkinan mendapatkan pelanggan.

4. Menghemat biaya pemasaran

Optimasi SEO adalah salah satu strategi pemasaran digital marketing. Dengan menargetkan pengunjung secara organik dari mesin pencari khususnya Google.

Media iklan digital marketing ada banyak yang bisa dipilih seperti dengan iklan Google Ads, Sosial Media Ads, Endorese dan Influencer. Semua membutuhkan biaya sesuai dengan budget yang dianggarkan. 

Jika bisa mengerjakan SEO untuk website secara mandiri maka bisa sangat menghemat biaya pemasaran. Tetapi jika harus menggunakan jasa SEO juga membutuhkan biaya.

Ini Jasa SEO Bergaransi

Tetapi jika sudah muncul di halaman pertama biasanya akan bertahan lama kurang lebih 1 tahun, dan bisa awet jika rajin melakukan update dan optimasi.

5. Meningkatkan brand awareness

Ketika anda mempunyai perusahaan baru sama sekali belum terkenal tetapi dengan kata kunci produk atau jasa ketika dicari kemudian ditemukan karena SEO, maka orang akan mengunjungi dan tahu tentang merek anda.

Apalagi jika mereka tertarik dan menjadi pelanggan, secara otomatis akan mengenal tentang brand perusahaan Anda. Kejadian ini sering terjadi di era online dimana orang-orang pasti mencari sesuatu di Google yang dapat membantu meningkatkan brand awareness.

Dari seseorang yang berniat mencari apa yang dibutuhkan di Google, tidak kenal sama sekali dengan brand anda, kemudian bisa membeli, dan menjadi pelanggan karena menemukan dari search engine.

Tujuan SEO

1. Nama perusahaan muncul di paling atas mesin pencari

Ini adalah tahap pertama jika baru saja membuat web perusahaan pastikan kata kunci nama harus muncul di halaman pertama mesin pencari ketika di tulis. Misalnya DHA Digital maka yang mundul di posisi paling atas adalah www.dhadigital.com

Posisi paling atas di beberapa mesin pencari paling sering digunakan orang Indonesia yaitu Google, Bing dan Yahoo

Terkadang sering terjadi karena belum di optimasi SEO belum bisa muncul.

2. Kata kunci utama muncul di halaman pertama

Kata kunci utama biasanya pasti mempunyai kompetisi, sudah ada perusahaan lain yang website nya lebih dulu  muncul di halaman pertama. Tergantung jenis kata kunci, semakin banyak pencari juga semakin banyak kompetisi. 

Kata kunci utama inilah yang umumnya akan mendatangkan pengunjung dan bisa mendapatkan pelanggan baru.

3. Dapat banyak pengunjung website

Semakin banyak pengunjung maka semakin besar manfaat optimasi SEO untuk perusahaan. Kelima manfaat yang disebutkan diatas semakin besar kemungkinan tercapai.

Karena itu dalam proses optimasi website perlu membuat banyak konten artikel agar bisa memasukkan banyak kata kunci yang relevan sesuai bidang perusahaan.

4. Web dapat diakses dengan mudah

Salah satu syarat ketentuan SEO oleh Google adalah website mudah diakses baik secara kode pemrograman, kecepatan loading yang dipengaruhi oleh hosting dan desain web.

Banyak sekali pembuat web tidak memikirkan tingkat kecepatan akses yang justru menyebabkan masalah. Akhirnya sulit dibuka oleh orang, ini akan menyebabkan dinilai jelek oleh robot mesin pencari dan tidak akan muncul di search engine.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال