Perbedaan Brand Awareness Vs Reach di Fb Ads dan Cara Menentukannya

fb Ads Objective

Dhadigital.com - Ketika kita mulai mau beriklan di Fb Ads pasti akan muncul menu pilihan objective iklan atau menentukan kampanye iklan ini tujuannya apa.

Ada di pilihan yaitu Awereness (Kesadaran), Consideration (Pertimbangan, mulai tertarik), dan Conversion (Penjualan).

Jika anda baru pertama kali memulai iklan maka sangat disarankan memilih objective awareness terlebih dahulu. Terkadang pengiklan pemula langsung memilih conversion karena ingin cepat mendapatkan penjualan. Ini justru seringkali menyebabkan iklan boncos.

Oke mari kita bahas tentang perbedaan Brand Awareness dan Reach dalam objective iklan Fb Ads.

brand awarenss vs reach fb ads

Brand Awareness

Tujuan utama agar orang yang melihat iklan bisa mengingat brand atau merek. Jadi jika sebuah bisnis atau perusahaan ingin meningkatkan nama brand, maka cocok untuk memilih brand awareness?

Pertanyaannya, apakah mudah?

Biasanya bagi pengusaha kecil yang baru mulai ini tidak mudah. Banyak sekali merek yang beredar, bahkan anda pasti tidak ingat merek-merek baju yang ada di mall apa saja kecuali Cardinal, Levis, atau Nevada? bahkan Anda tidak mengingatnya

Brand Awareness lebih cocok dipilih untuk jenis bisnis yang bertujuan dibangun jangka panjang, atau perusahaan yang sudah besar ingin memperluas mereknya agar lebih dikenal. Brand yang ingin mengembangkan sayap lebih dikenal luas.

Reach

Reach adalah jangkauan, jadi tujuannya jelas agar menjangkau lebih banyak orang sesuai dengan setting penargetan yang dipilih .

Tenang saja, jadi jangkauan akan disesuaikan dengan detail targeting audiens yang Anda pilih. Misalnya dari segi demografi anda memilih pria dan wanita usia 25-40 tahun, suka dengan fashion, karyawan dll

Iklan akan disebarkan ke orang-orang sebanyak mungkin (menjangkau lebih banyak) sesuai detail targeting audiens.

Reach saya rasa lebih mudah dan jelas untuk pebisnis pemula yang tidak fokus pada merek terkenal jika dibandingkan dengan brand awareness.


Cara Menentukan Pilihan

Anda ingin investasi jangka panjang atau ingin cepat dikenal orang dan mendapatkan penjualan?

Kalau investasi pada nilai perusahaan, maka meningkatkan brand awareness sangat baik dipilih

Jika ingin cepat dikenal dan mendapatkan penjualan maka pilih reach.

Terjadinya konversi penjualan dalam strategi marketing pada umumnya orang tidak terlalu peduli dengan merek. Mereka yang penting suka dan cocok dengan apa yang diinginkan.

Sedangkan bagi orang yang berorientasi dengan merek mereka akan mencari sendiri seperti Googling, ke akun sosial media atau website official brand tersebut.

Siapa yang tepat menggunakan brand awareness?

Bisnis yang sudah jalan, sudah profitable dan mempunyai dana untuk mengembangkan bisnisnya lebih dikenal ke target market lebih luas.

Sebagai contoh saja bisnis provider internet fiber, Biznet, My Republic, Oxygen masih banyak orang belum tahu, kebanyakan orang lebih tahu Indihome. 

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال