5 Target KPI Pekerjaan Digital Marketing yang Harus Dipenuhi

KPI Digital Marketing

Di era sekarang banyak sekali perusahaan yang membutuhkan digital marketing, dan banyak juga kandidat yang ingin bekerja sebagai digital marketer.

Tetapi baik perusahaan atau pekerja apakah sudah tahu apa KPI (Key Performance Indicator) yaitu apa yang menjadi tanggung jawab yang harus dipenuhi pekerjaan digital marketing.

KPI digital marketing adalah jumlah target yang ditetapkan untuk mengelola akun media digital seperti website, sosial media, dan iklan untuk mendapatkan traffic, leads, dan konversi dalam jumlah tertentu.

Ketrampilan yang sering menjadi syarat seperti menguasai SEO, Google Ads, Sosial Media adalah hal yang sekarang sudah bisa dipelajari dan banyak tempat belajar, dari tingkat basic hingga kelas advance.

Kemampuan seorang digital marketer sebenarnya terletak pada pengalaman dan portofolio yang dikerjakan. Berapa website yang dioptimasi, kampanye iklan, dan akun sosial media yang pernah dikelola.

Daftar Tugas Digital Marketer di Perusahaan

KPI Pekerjaan Digital Marketing

1. Membuat strategi planning digital marketing

Ketika dihadapkan dengan sebuah website perusahaan atau sosial media, seorang digital marketer harus bisa membuat strategi apa saja untuk mencapai target traffic dan konversi penjualan dalam jangka pendek (1 bulan), dan jangka panjang (1 tahun)

Seperti strategi riset keyword, konten sosial media, kampanye iklan Google, Fb Ads, atau strategi Fyp Tiktok harus bisa dibuat dalam bentuk data yang jelas.

2. Menghasilkan traffic

Jika sebuah perusahaan menjual dan memasarkan suatu produk atau jasa pasti ingin banyak diketahui banyak orang, semakin banyak orang yang tahu maka semakin besar peluang penjualannya.

Banyak orang yang tahu karena melihat website atau sosial media ini namanya adalah traffic. Traffic inilah yang harus dicapai oleh pekerja digital marketing.

Sumber traffic

  • Organik dari optimasi SEO website
  • Iklan Google, Youtube, dan Sosial Media
  • Konten viral sosial media (Tiktok dan Instagram)
  • Konten artikel
  • Konten yang bagus di sosial media
  • Live streaming

3. Menghasilkan leads

Salah satu tujuan digital marketing setelah traffic datang adalah leads atau prospek calon konsumen sebelum menjadi pembeli. 

Leads adalah orang yang awalnya mengunjungi web atau sosial media kemudian mendaftarkan nomer telepon atau email karena berminat mendapatkan penawaran, atau mereka melakukan kontak ke whatsapp bertanya-tanya tentang produk yang ditawarkan.

Jenis leads
  • Kontak nomer telp/wa
  • Mendaftarkan email
  • Mendaftar formulir pendaftaran

4. Konversi

Konversi adalah hasil penjualan dari traffic dan leads, konversi penjualan berasal dari orang-orang yang sudah membeli produk atau jasa.

Dalam perencanaan digital marketing biasanya ada target konversi yang dihasilkan dalam satu bulan. Baik menggunakan strategi organik, iklan, konten, dan email marketing.
Semakin tinggi konversi maka semakin sukses seorang digital marketer bekerja.
Karena perusahaan pasti membutuhkan penjualan produknya agar bisa untung dan terus melanjutkan operasional bisnis dan maju berkembang.

5. Meningkatkan engagement sosial media

Seorang sosial media spesialis bertugas bagaimana meningkatkan engagement akun sosial media perusahaan yang dikelola khususnya untuk bisa terus meningkatkan interaksi (share, komentar, dan dm)

Jika hanya sebatas posting konten maka itu lebih pekerjaan seorang admin. Seorang digital marketing sosial media spesialis bisa tahu bagaimana cara agar mendapatkan banyak komentar.

Bisa menggunakan foto dan video yang menarik, caption yang memancing komentar. Semakin basar engagement maka secara organik akun sosial media akan semakin besar jangkauannya dan mendapatkan pengunjung secara organik.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال