12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly Tahun 2023

Cara membuat artikel seo friendly

DHADigital.com - Mengetahui cara membuat artikel SEO pada sebuah website atau blog itu sangat penting agar artikel lebih mudah muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google dan Bing, dengan kata kunci yang ditargetkan, sehingga website mendapatkan pengunjung secara organik.

Artikel SEO Friendly adalah tulisan artikel yang bisa memberikan jawaban paling sesuai ketika orang mencari sesuatu di mesin pencari dengan kata kunci yang dicari, dan juga sesuai dengan ketentuan algoritma Google.

Ada dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu syarat artikel yang dibuat bisa memberikan jawaban paling tepat kepada user sesuai kata kunci tertentu, dan syarat mengikuti ketentuan algoritma Google.

10 Langkah Cara Membuat Artikel SEO Friendly

1. Memilih Kata Kunci

Hal paling dasar soal artikel SEO adalah kata kunci atau keyword. Ketika akan membuat artikel sebaiknya kamu sudah tahu apa keyword yang akan digunakan. 

Keyword tersebut adalah kata yang dicari orang di kotak pencarian mesin pencari seperti Google dan Bing. 

Selain ada yang mencari, juga keyword yang sesuai dengan kategori website kamu. Biasanya blog atau website punya kategori tertentu seperti DHA Digital maka membuat artikel dengan kata kunci SEO, Digital Marketing dll.

2. Mempertimbangkan Tingkat Kompetisi Keyword

Apa kamu mau membuat artikel yang kata kunci tersebut sudah ada 100 website lebih membahasnya? sehingga di halaman Google dari halaman 1 sampai 10 sudah ada artikel kata kunci tersebut

Misalnya keyword "cara memulai bisnis online"

Keyword di Google sudah banyak memposting artikel dengan keyword tersebut, itu artinya kompetisi tinggi. Sebaliknya jika masih sedikit atau bahkan belum ada, artinya kompetisi rendah.

Penulis artikel SEO pemula biasanya tidak menyadari tingkat kompetisi keyword. Meskipun bukan patokan wajib, tetapi fakta bahwa ketika membuat artikel kompetisi tinggi, lebih sulit naik ke halaman pertama, bahkan artikel sulit terindek.

Tips Optimasi SEO Website Domain yang Susah Terindek Google

3. Memilih Search Intent yang Tepat

Search intent adalah apa maksud dan tujuan orang ketika mencari sesuatu di Google dengan keyword tertentu. Ada 4 search intent yaitu

Informasi yaitu orang mencari info tentang suatu hal, misalnya seperti cara, pengertian, panduan, tips, pengetahuan

Navigasi orang mencari di Google untuk menuju ke tujuan lain, seperti orang menulis "Canva" tujuannya ingin masuk ke website Canva untuk membuat desain.

Komersial orang mencari tahu di Google karena ada keinginan membeli sesuatu, misalkan orang mencari kata kunci  harga Iphone 13, merek TV terbaik, review Laptop. Intinya ketika orang punya keinginan membeli tapi masih ingin tahu.

Transaksi orang mencari merek dan jenis tertentu untuk membeli misalnya keyword jual Honda Civic 2018, jual jam Tangan Seiko original, tempat jual anabul dll

Search intent yang tepat
Artinya kamu bisa menulis artikel yang memberikan jawaban sesuai apa yang dimaksud oleh orang yang mencari.

4. Membuat Artikel yang Enak Dibaca

Dulu banyak yang melakukan teknik optimasi artikel yang hanya fokus pada memaksakan keyword dan banyaknya jumlah kata, sehingga justru artikel yang ditulis terkesan bertele-tele dan tidak enak dibaca. Artikel SEO tahun 2023 sudah berbeda, lebih mengutamakan enak dibaca audiens.

Artikel yang mudah dibaca seperti:

  • Penggunaan bahasa yang mudah dipahami
  • Tidak banyak pengulangan kata
  • Spasi yang mudah untuk dilihat
  • Perpaduan kalimat aktif lebih banyak daripada kalimat pasif


5. Penempatan Keyword Sewajarnya

Penempatan keyword adalah teknik SEO paling lawas dari dulu sampai sekarang masih dipercaya oleh para penulis artikel SEO.

Cukup ditempatkan di awal paragraf, tengah dan akhir dengan jumlah sebaran kata kunci tidak lebih dari 5 % dari total jumlah kata.

Misalnya kalau total ada 500 kata di dalam satu artikel, maka tidak lebih dari 25 keyword yang diletakkan.

6. Jumlah Kata dalam Satu Artikel

Artikel SEO tahun 2023 sudah tidak lagi menentukan jumlah kata dalam satu artikel. Sekarang yang dinilai adalah sebuah artikel bisa menjawab pertanyaan dari orang yang mencari (search intent) paling relevan dan tepat.

Artikel yang paling memuaskan pembaca yang paling bagus nilainya. Banyak orang yang ingin informasi jelas padat dan cepat, dan ada yang ingin mendapatkan penjelasan panjang.

Misalnya orang mencari di Google jadwal bus malam dari terminal Solo Balapan, dia hanya ingin informasi jadwal pemberangkatan, tidak penting menjelaskan panjang lebar tentang naik bus malam.


7. Menyertakan People Also Ask (orang juga bertanya)

people also ask seo
Lihat gambar diatas, dari kata kunci "panduan SEO" ada beberapa pertanyaan yang muncul juga itu bisa kamu masukkan ke dalam jawaban di dalam artikel.


8. Membuat Judul Artikel yang Bagus

Berikut ini aturan judul artikel yang bagus untuk kamu terapkan
  • Menarik untuk di klik orang (bukan klikbait)
  • Terdapat keyword di dalam judul
  • Minimal 50 karakter dan maksimal 65 karakter termasuk spasi
  • Tidak ada pengulangan kata



9. Membuat Meta Deskripsi Artikel yang Menarik

Meta deskripsi nanti yang muncul di halaman pencarian Google di bawah judul
  • Deskripsi yang menarik
  • Kalimat yang kuat sesuai search intent
  • Terdapat kata kunci di dalam deskripsi
  • Minimal 120 karakter, maksimal 150 karakter



10. Memberi internal Link yang Bermanfaat

Internal link yang bermanfaat itu punya tujuan jika di klik oleh pembaca maka ke halaman yang memberi informasi tentang kata tersebut.

Contohnya ini adalah link panduan SEO ketika kamu klik akan ke halaman panduan lengkap belajar SEO. 

Tidak ada batas maksimal link, asal bukan link spam dan benar-benar menuju ke halaman yang bermanfaat.


11. Memberi Gambar Pendukung

Paling minimal 1 gambar di atas artikel sebagai penanda ini artikel tentang apa, akan lebih baik jika diberi lebih banyak gambar pendukung yang bisa lebih menjelaskan dan enak dibaca.

Gambar tujuannya adalah meningkatkan kenyamanan pembaca ketika membaca informasi artikel.


12. Memberi Alt Image

Terakhir pada setiap gambar jangan lupa memberi Alt Image yang menjelaskan tentang gambar tersebut 3-5 kata, lebih baik jika terdapat kata kunci di dalamnya.

Saya kira soal Alt image ini adalah hal basic yang sudah seharusnya diketahui oleh penulis artikel SEO.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال