Apa itu Niche Market dan Cara Menentukan Pilihan

pengertian apa itu niche market

Dhadigital.com - Dalam dunia pemasaran atau digital marketing ada istilah yang biasanya disebut niche market. Dulu awalnya terkenal di kalangan blogger untuk menentukan sebuah blog dengan niche tertentu, kemudian sekarang semakin banyak digunakan oleh blogger, digital marketer dan juga content creator Youtube, Instagram dan Tiktok.

Niche itu bisa dibilang lebih spesifik jika dibandingkan dengan kategori. Misalnya pada kategori bisnis kuliner ada niche khusus tentang makanan cepat saji, atau niche jajanan kekinian. Jadi mari kita lebih dalam memahami dengan penjelasan berikut ini.

Pengertian Niche

Niche dalam bahasa Indonesia artinya ceruk atau sebagian lubang yang terisi, jadi niche market adalah bagian yang lebih spesifik dari suatu kategori yang di dalamnya terdapat orang-orang yang paling sesuai dengan niche tersebut.

Niche market adalah pilihan pasar yang menyasar orang-orang tertentu yang lebih spesifik dengan minat tertentu, di bidang tertentu, atau hobi khusus sehingga lebih relevan dan tepat ketika proses pemasaran ditujukan kepada mereka.

Misalnya:

Seorang content creator yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan di bidang psikologi mereka memilih niche market tentang psikologi perempuan remaja. Sehingga isi konten nya segala hal yang menyangkut tentang psikologi wanita remaja seperti cinta, overthinking, pengembangan diri, karir dll

Padahal mungkin dia juga punya pengetahuan tentang psikologi pria, orang tua dan anak, tetapi ketika memilih niche market dia memilih fokus pada remaja wanita.

Buka Rahasia FYP di Tiktok Harus Terapkan Ini

Contoh-contoh niche

Pada kategori psikologi kepribadian manusia maka ada beberapa niche seperti introvert, ekstrovert atau tentang kepribadian alpha.

Pada kategori kuliner ada beberapa niche misalnya seperti jajanan, memasak, atau tempat-tempat makan viral.

Faktanya orang yang yang suka mencari tempat makan viral belum tentu suka memasak meskipun keduanya sama-sama tentang makanan. Jadi niche ini bisa lebih tepat dalam target pemasaran dengan menyasar orang dengan minat tertentu.

Cara menentukan niche market

Kamu sudah menguasai niche tersebut, mempunyai pengetahuan dan pengalaman sehingga lebih mudah ketika menjalankan, membuat konten dan melakukan strategi pemasaran.

Ada orangnya cukup banyak jumlahnya yang mempunyai minat pada niche tersebut, sehingga ada calon market sebagai trafik sebagai calon pengunjung dan customet.

Kamu suka dan passion pada niche tersebut sehingga ketika menjalankan menjadi lebih semangat. Apalagi jika tujuannya untuk bisnis, dengan adanya passion akan lebih tahan banting dengan resiko yang terjadi.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال