Cara Meningkatkan Quality Score Keyword Google Ads Search

meningkatkan quality score google ads

Dhadigital.com - Salah satu faktor penting saat menjalankan kampanye iklan SEM atau Google Ads Search adalah nilai kualitas keyword yang disebut dengan quality score (skor kualitas keyword) mulai dari nilai terendah 1 - 10 tertinggi. Quality score keyword ini sangat berpengaruh pada performa campaign, cost per click (harga per klik) dan hasil konversi.

Pada dasbor Google Ads, bagian kampanye keyword ada salah satunya  bagian data quality score dari setiap kata kunci yang kita pilih akan terlihat nilainya 8/10, 9/10 dan 10/10 tergantung kualitasnya.

Nilai quality score keyword

  • 9-10 bagus sempurna
  • 7-8 cukup bagus
  • < 7 jelek (harus diperbaiki)
Ini adalah salah satu faktor penting agar iklan Google Ads tidak boncos

Langkah - Langkah Meningkatkan Quality Score

1. Memastikan Landing Page Berkualitas

Landing page adalah halaman tujuan iklan atau url yang kamu pasang saat setting kampanye. Dari sejak awal akan memulai iklan kamu harus memastikan landing page berkualitas seperti
  • Mudah diakses dan dibaca pengunjung
  • Informasi yang disampaikan jelas (produk atau layanan)
  • Kata kunci sesuai
Tanda landing page berkualitas itu adalah ketika ada trafik pengunjung maka ada konversi atau penjualan, minimal ada yang kontak/chat bertanya.

Jadi ketika mulai beriklan Google Ads Search juga dipantau bagaimana kualitas landing pagenya, sambil diperbaiki.

Makanya ketika baru mulai ada yang namanya testing dengan budget anggaran tertentu.

2. Text Ads Menarik dan Relevan

Ketika memulai kampanye dan membuat jenis text ads responsive atau statis harus bisa membuat text ads yang menarik untuk di klik dan sesuai dengan kata kunci.

Pemilihan tiitle dan deskripsi harus menarik orang ketika mencari kata kunci tersebut sehingga bisa meningkatkan CTR (Rasio Klik Tayang).

CTR juga menjadi faktor penentu kualitas skor, semakin tinggi CTR maka semakin bagus, karena itu penting membuat text ads yang menarik.

3. Memilih Kata Kunci Paling Tepat

Quality score adalah nilai dari kata kunci, sehingga sangat penting diperhatikan untuk memilih kata kunci yang paling relevan sesuai dengan landing page.

Contoh anda akan membuat kampanye iklan "Villa di Tawangmangu"

Ketika memasukkan keyword (villa di Tawangmangu) maka akan ada kemungkinan muncul pencarian seperti 
  • Villa Tawangmangu Private Pool
  • Villa Tawangmangu Murah
  • Harga villa di Tawangmangu
Jika villa yang anda tawarkan mempunyai kolam renang maka bisa memasukkan semua kata kunci tersebut, dan diarahkan ke landing page yang sesuai. 

Tetapi sebaliknya jika tidak ada kolam renangnya, maka gunakan negative keyword "private pool"

Atau ketika orang mencari dengan keyword "harga" tampilkan harga di landing page dan deskripsi text ads misalnya dengan kata  1-2 juta per hari.

4. Membuat Daftar Negativ Keyword

Hal yang jarang diketahui oleh pengguna Google Ads pemula ketika memasukkan kata kunci broad (luas) maka banyak sekali penelusuran yang muncul. 

Misalnya keyword: Kontraktor rumah di Solo 

Kata kunci ini sudah tepat tetapi pada penelusuran pencarian bisa muncul beberapa variasi kata kunci sesuai kata tapi tidak tepat sasaran.

Tetapi jika dibuat pharse match seperti "Kontraktor rumah di Solo" terkadang susah muncul apalagi exact match (Kontraktor rumah di Solo)

Nanti akan muncul pencari seperti kontrakan rumah, sewa rumah, kontraktor adalah dll. Maka kamu bisa memasukkan kata kunci negativ: sewa, kontrakan, adalah 

5. Maksimalkan Aset atau Ekstensi 

Selain text Ads ada tambahan yaitu Aset atau ekstensi agar iklan yang ditayangkan lebih bagus performanya. Seperti menambahkan alamat lokasi (jika da ada lokasi), nomer telepon, sitelink ke halaman yang berkaitan, dan keterangan.

Kamu bisa menambah informasi yang menarik seperti garansi, gratis ongkos kirim, dan sebagainya yang menambah nilai tayangan iklan lebih menarik untuk di klik.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال