Pengertian Digital Marketing 2023 Serta Contoh dan Langkah Menerapkan

pengertian digital marketing 2023

Digital marketing adalah pemasaran menggunakan media digital yang terus berkembang sesuai perkembangan zaman. Karena itu informasi artikel ini akan memberikan penjelasan pengertian digital marketing terbaru di tahun 2023 dan apa saja contohnya dan bagaimana langkah-langkah menerapkannya.

Kamu bisa menerapkan pada bisnis dan juga menjadi landasan jika ingin bekerja di perusahaan dengan memahami dasar-dasar serta skill atau kemampuan apa saja yang harus dikuasai.

Belajar Digital Marketing untuk Bisnis

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah proses pemasaran menggunakan media digital seperti webiste, sosial media (Fb, IG, Tiktok), dan juga Youtube dengan konten organik dan iklan kepada sejumlah orang yang sesuai target pasar sehingga mereka menjadi tahu, tertarik, dan membeli produk atau jasa. 

Proses digital marketing secara gratis (Organik) dengan optimasi website SEO dan startegi konten viral di sosial media. Sedangkan cara berbayar (Paid Ads) dengan iklan Google Ads, Meta Ads, dan Tiktok Ads.

Digital Marketing Menurut Para Ahli

Digital marketing kata dasarnya adalah marketing yang artinya adalah pemasaran, jadi tentang bagaimana bisa memahami konsumen agar mereka bisa tahu, tertarik dan akhirnya membeli produk yang dipasarkan. Sedangkan digital adalah alat atau media seperti website, sosial media, dan iklan menggunakan media digital seperti Facebook Ads dan Google Ads (Denny Santoso, 2016).

Digital marketing itu proses pemasaran online yang mencakup 3 hal yaitu: traffic, conversion dan realationship. Traffic adalah pengunjung atau orang yang melihat website atau toko online anda, conversion yaitu bagaimana caranya orang yang sudah datang ke website atau toko online kemudian melakukan pembelian produk atau memesan jasa, relationship adalah bagaimana caranya customer membeli lagi produk anda (Dewa Eka Prayoga, 2022).

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran menggunakan media digital seperti webisite dan sosial media, baik secara organik maupun berbayar dengan iklan yang bertujuan agar orang menjadi tahu, tertarik, dan akhirnya membeli produk atau jasa (Alifannuur Al Azhar, 2019)

Contoh Digital Marketing yang Harus Kamu Kuasai

1. SEO
Adalah pekerjaan paling banyak menjadi bagian tim digital marketing yaitu bertugas agar kata kunci website muncul di halaman pertama Google sehingga mendapatkan banyak pengunjung.

2. Google Ads
Adalah orang yang bertugas mengelola iklan Google Ads yang meliputi Serach Engine Marketing (SEM) Google Display Network (GDN) dan juga Youtube Ads.

3. Sosial Media Ads
Meta Ads, dan Tiktok Ads adalah media online marketing terbaru di tahun 2023 ini karena dulu bernama FB Ads dan IG Ads. 

4. Konten Marketing
Merancang konsep sebuah konten pemasaran, baik berupa artikel, desain gambar di sosial media dan juga video.

5. Email Merketing
Mengumpulkan data email orang-orang yang sesuai target pemasaran kemudian menawarkan dengan email blast ke pemilik email untuk memberikan info, atau menawarkan produk.

6. Analisis Data
Semua media digital bisa menunjukkan data lengkap seperti pada Google Anlytics, Facebook dan Instagram Insight dan Tiktok insight. Seorang digital marketer harus punya kemampuan untuk menganalisa dan membuat laporan data

Seorang digital marketer tidak membuat konten, tetapi bertugas optimasi website dengan SEO, optimasi sosial media, dan channel youtube, bagaimana agar lebih banyak mendatangkan pengunjung dengan membuat strategi konten dan optimasi yang nantinya dibuat oleh tim konten kreator.

Jadi yang membuat konten adalah tim kreatif atau konten kreator bukan bagian dari digital marketing.

KPI Pekerjaan Digital Marketing

5 Langkah Memulai Digital Marketing

  1. Memahami cara mendapatkan traffic hingga meningkatkan pemasaran menggunakan media digital.

  2. Mempunyai website dan melakukan optimasi SEO, kamu bisa belajar SEO gratis di DHA Digital.

  3. Mengelola iklan Google Ads (Fundamental, Search Ads, Display, dan Youtube) kamu bisa belajar gratis di Google Skillshop dan dapatkan sertifikatnya

  4. Belajar dan mengelola Meta Ads (Facebook dan Instagram) dan Tiktok Ads, kemudian mulai untuk menjalankan iklan sampai berhasil mencapai tujuan pemasaran.

  5. Mulai menganalisa data digital dengan Google Analytics, Facebook Insight, dan Instagram Insight.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال