7 Tips Optimasi SEO Website Domain yang Susah Terindek Google

Artikel susah terindex

DHADigital.com Saya sudah beberapa kali mencoba optimasi SEO website domain baru yang baru berusia 3 bulan dan faktanya sekarang tidak seperti dulu website baru dengan fresh domain bisa terindek dalam seminggu. Tapi sekarang bisa berbulan-bulan bahkan sulit terindek

Tentu hal ini jadi masalah bagi pebisnis yang baru saja mulai membangun website untuk pemasaran online. 

Tapi kamu tidak perlu khawatir ketika memang website bertujuan jangka panjang untuk membangun bisnis. Karena Google ingin menyeleksi web yang memang bagus atau sekedar dibuat sebagai spam. Inilah sebabnya mengapa website baru ada fase sulit terindek Google.

Sekarang domain website baru memang lebih sulit dan lama terindek Google, jadi kamu tidak perlu khawatir jika mengalaminya, kamu hanya perlu menerapkan lankah-langkah berikut ini.

Jadi bagaimana solusinya?

Langkah Optimasi SEO Website Domain Baru Agar Terindek Google


1.  Butuh Waktu  6 - 8 Bulan

Mungkin terlihat sangat lama, kamu ingin setelah website launching dalam waktu 2-3 bulan sudah bisa dioptimasi dan banyak artikel yang muncul di halaman pertama Google.

Google sekarang semakin ketat sesuai kenyataan dalam kehidupan, bahwa dalam membangun sesuatu yang bernilai itu membutuhkan waktu.

Ayam potong saja agar bisa panen dari mulai telur hingga disajikan untuk dimakan prosesnya 2-3 bulan. Apalagi sebuah  bisnis.

Website dan SEO adalah bagian digital marketing yang saat ini banyak digunakan oleh para pebisnis.

Daripada kamu menunda, lebih baik segera mulai bangun website untuk 6 bulan kedepan.


2. Fokus On Page 6 Bulan Pertama

Disini berbicara tentang domain baru fresh, bukan aged domain yang dioptimasi. Jadi ketika domain masih benar-benar baru dibuat website belum ada isi konten apalagi backlink maka pada 6 bulan pertama fokus on page SEO.

  • Fokus pada homepage agar benar-benar mudah diakses dan informasi yang jelas
  • Navigasi website yang bagus dan mengalir ke halaman-halaman lain
  • Memberi informasi lengkap mulai dari about us, contact, privacy policy
  • Update konten bermanfaat sebaik mungkin


3. Membuat Backlink Profile Sosial Media

Backlink profile adalah link url yang biasanya ada di sosial media dan web 2.0, bukan sekedar backlink tetapi juga mengaktifkan. Beberapa contoh yang harus kamu buat adalah

Instagram, Twitter, Facebook Fanspage, Medium, Pinterest, Quora, Blogger

Bukan sekedar backlink tapi juga gunakan profile sosial media tersebut untuk update dan membagikan link.


4. Konten Cukup 1-2 Artikel Seminggu

Mengapa tidak setiap hari? untuk website baru yang belum mempunyai authority jika terlalu sering update artikel justru akan dinilai spam oleh Google, apalagi jika keyword nya tinggi.

Ini yang sering jadi masalah bagi pemilik bisnis saat ini ketika awal mula membuat konten di website langsung menarget kata kunci tinggi pencarian.

Misalnya website klinik kecantikan atau skincare langsung membuat konten 'cara mengatasi jerawat"

Konten kata kunci tinggi pencarian untuk website baru justru berbahaya menyebabkan website terkena Google sandbox (url tidak muncul di halaman Google)


5. Buat Artikel Kata Kunci Paling Rendah Kompetisi

Artikel yang masih satu jenis dengan kategori bisnis kamu tetapi kata kuncinya sedikit kompetisinya di Google, tetapi tetap bermanfaat bagi pembaca.

Ini adalah tantangan bagi yang ingin membuat artikel, bagaimana mencari kata kunci dengan persaingan paling rendah.

Kamu bisa mengecek menggunakan tools SEO atau dengan (allintitle:keyword)

Semakin banyak artikel bermanfaat yang rendah kompetisi akan semakin mudah berpeluang untuk terindek Google.


6. Menulis Artikel Pengalaman Nyata

Review palsu atau konten permintaan review positif saat ini tidak disukai Google, apalagi hanya konten review buatan tanpa ada pengalaman nyata.

Bisa pengalaman kamu sendiri atau melakukan wawancarai langsung kepada customer (minta izin untuk diupdate di artikel web). Ini lebih disukai Google dan harus benar-benar asli bukan di manipulasi.

Atau pengalaman kamu sendiri yang berkaitan dengan niche kategori website yang sedang dibangun.


7. Membuat Internal Link yang Bagus

Internal link adalah bagian SEO on page yang bagus dan menjadi faktor peningkatan nilai website. Jadi seperti link di homepage, pada menu halaman di navigasi, dan link artikel yang berkaitan semua harus dibuat rapi dan baik.

Link kata kunci bukan menjadi faktor utama, tetapi pada intinya adalah link yang memberikan manfaat jika di klik oleh pengunjung, dan memberi tahu ada penjelasan informasi sesuai text pada link tersebut.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال