8 Tren Digital Marketing di Tahun 2023 - 2024 Jangan Ketinggalan

tren digital marketing 2023

Digital marketing dari tahun ke tahun selalu ada perubahan trend, dari beberapa tahun yang lalu dengan sekarang pasti sudah banyak yang berbeda. Jika kamu adalah salah satu orang yang berkecimpung di ranah digital marketing maka harus mengikuti perkembangan trend yang berkembang saat ini.

Tren digital marketing di tahun 2023 - 2024 akan lebih terasa sekali banyak perubahan setelah pandemi berakhir, banyak hal baru yang harus dikejar, jika masih memakai cara lama maka akan kalah atau ketinggalan.

Banyak pengusaha yang mengeluh sekarang jualan online nya mulai sepi tidak seperti beberapa tahun yang lalu. Meskipun memang ada efek resesi ekonomi dan pasca pandemi, juga ada faktor tren digital marketing yang sudah mulai berubah sejak 2022.

Belajar Digital Marketing untuk Bisnis

Berikut ini 8 Tren Digital marketing di Tahun 2023-2024

1. Live streaming

Hampir semua media digital yang banyak pengguna saat ini menyediakan fitur live streaming. Mulai dari Facebook, Youtube, Instagram dan Tiktok.

Padahal live ini sudah ada di Facebook sejak tahun 2015 tetapi baru ramai ketika muncul Tiktok di tahun 2022 mulai semua platform menyediakan fitur live streaming.

Orang-orang merasa bisa melihat langsung ketika ada live, bisa tanya jawab dan melihat produk secara live. Jadi bagi para pebisnis harus mulai mencari cara untuk bisa mengatur jadwal khusus live streming.

2. Video singkat

Tiktok, Youtube short, dan IG Reels adalah 3 platform untuk menayangkan video berdurasi 15-60 detik yang sekarang lebih banyak disukai.

Orang ingin memperoleh informasi, hiburan atau keterangan secara instan dari penanyangan video singkat tersebut daripada harus menonton video berdurasi panjang.

Jika akun sosial media kamu belum banyak membuat konten video singkat maka sebaiknya segera mulai membuat, karena ini adalah tren digital marketing di tahun 2023 yang sedang dilihat oleh algoritma.

3. Content Creator

Tantangan semakin besar bagi para pebisnis yang belum punya tim content creator untuk membuat konten yang menarik untuk audiens. Tapi jika mau mencoba sebenarnya cukup mudah jika paham konsepnya.

Tren digital marketing sekarang bukan sekedar tulisan text dengan landing page dan iklan tetapi juga harus menggunakan konten untuk menarik calon konsumen.

Brand-brand besar jaman sekarang sudah mulai rajin membuat konten, mulai dari gambar carousel, video singkat, dan juga artikel blog semua adalah hal penting.

4. Artificial Intelligence (Ai)

Kemunculan Chat GPT pada awal tahun 2023 membuat semua orang menjadi sadar akan manfaat Ai ini untuk membantu pekerjaan manusia jaman sekarang.

Meskipun belum 100% sempurna dan banyak yang pro dan kontra Ai ini harus juga dimanfaatkan. Banyak pelaku SEO mulai menggunakan Chat GPT untuk riset keyword, menentukan niche, ide konten artikel dan lain sebagainya.

Bahkan Ai ini akan terus berkembang bisa dimanfaatkan secara benar tapi banyak juga yang memanfaatkannya kurang tepat.

5. Affiliate Marketing

Bagi para pebisnis sekarang lebih dimudahkan dengan adanya affiliate marketing. Jika dulu harus membayar mahal influencer untuk memasarkan produk, sekarang dengan sistem afiliasi jadi lebih mudah.

Jadi setiap orang bisa menjadi afiliasi itu influencer untuk memasarkan produk tertentu dan mendapatkan komisi 5% - 10% jika terjadi penjualan.

Jadi pemilik bisnis membayar ketika terjadi penjualan saja. Ini lebih adil daripada habis hanya untuk membayar iklan. 

6. Free landing page untuk creator

Sekarang orang yang ingin menayangkan landing page produk tidak harus mahal-mahal membuat website karena banyak penyedia lpihak ketiga seperti Canva Site, Taplink, Beacon, Linktree. Kamu bisa membuat secara gratis dan ada fitur berbayar yang relatif lebih murah.

Dengan landing page pihak ketiga tersebut bisa dibagikan ke profil Instagram, Youtube, Whatsapp, dan juga bisa di iklankan menggunakan Meta Ads.

7. Website dan SEO untuk Branding

Pengusaha pemula dan pengusaha kecil tidak perlu memikirkan mempunyai website dulu, seperti affiliator, dropshipper sudah tidak harus membuat website dan optimasi SEO.

Website lebih cocok dibangun untuk perusahaan yang membangun branding dan nama perusahaan untuk jangka panjang.

Optimasi SEO juga tidak bisa dalam hitungan bulan, bahkan membutuhkan waktu minimal 1-2 tahun agar website bisa berkembang mendapatkan trafik organik.

8. Segmentasi Market

Maksudnya adalah pebisnis ketika menggunakan digital marketing harus memahami apa kebutuhan target marketnya, bukan hanya fokus menjual produknya.

Jika dulu banyak orang memulai bisnis dan menggunakan digital marketing untuk memasarkan produknya sekarang sebaliknya. Hal ini disebabkan semakin banyak orang tidak suka dengan iklan pemasaran yang tidak menguntungkan bagi mereka.

Misalnya menjual fashion, apa yang disukai dari fashion market kamu saat ini, apakah karena tren model, karena viral, atau karena harganya murah.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال