5 Tanda Bisnis Anda Akan Maju atau Mundur di Era Digital

Bagi para pebisnis, baik yang baru mulai, masih kecil, hingga besar skala perusahaan pasti sama yaitu menginginkan kemajuan. Di dunia bisnis selalu ada resiko dan kompetisi, namun dengan mengetahui 5 hal ini bisa membantu bisnis anda untuk maju.

Dalam usaha memajukan bisnis kita harus selalu belajar demi meningkatkan kinerja dan profit. Betapa beruntungnya di jaman sekarang informasi sudah lebih mudah ditemukan di internet. Ilmu dan informasi yang bermanfaat untuk mempelajari apakah bisnis anda akan maju atau justru mundur

Banyak sekali pebisnis dan perusahaan baru bisa cepat maju melesat, kerana tahu cara berkompetisi yang tepat di era Digital

1. Memahami After sales 
Di era digital sudah tidak sulit lagi untuk selalu memberi after sales yang baik kepada customer, yang paling mudah dilakukan adalah terus menjalin komunikasi.

Biasanya after sales adalah layanan seperti garansi, retur dan layanan service. Selain itu yang lebih penting lagi adalah berbagi informasi yang menyenangkan dan bermanfaat untuk customer.

Kita dengan mudah bisa menggunakan media sosial, email, dan whatsapp sangat mudah sekali dimanfaatkan untuk berkomunikasi

Jika hanya sekedar jualan dan jualan, maka customer hanya sekedar membeli dan tidak akan terlalu peduli (awereness) dengan produk anda, resikonya ketika ada kompetitor dengan produk yang sama tetapi punya aftersales yang bagus, maka mereka akan berbindah awarenesnya.


2. Tahu Bagaimana Memanfaatkan Media Sosial yang Tepat

Tidak perlu diragukan lagi bahwa era digital membuat orang suka menggunakan media sosial di smartphone mereka.

Tidak jarang calon customer suka meng”kepo” atau mengintip media sosial bisnis atau perusahaan tertentu sebelum mereka memutuskan untuk membeli. Biasanya jenis brand-brand bisnis yang baru dan belum terkenal.

Inilah rahasia mengapa banyak perusahan baru yang sangat cepat sekali maju di era digital. Salah satunya adalah mereka sangat memaksimalkan media sosial untuk membangun brand awareness.

Semua media sosial bisa dibuat dan digunakan secara “gratis” dan cukup mudah dikelola, sebagai salah satu portofolio perusahaan. Jika bisnis anda masih belum memaksimalkan media sosial, cepat atau lambat akan mundur karena kalah berkompetisi.


3. Kenali Cara Membangun Brand Awareness yang Efisien

Pernahkan anda mendengar atau pasti sudah sangat tahu tentang brand: Sariwangi, Pepsodent, produk hijab Zoya, Elzatta, Rabanni, Sepatu Brodo, Furniture Ikea, Percetakan Snapy, bahkan sampai jenis multilevel terkenal seperti Oriflame, Tupperware, Sophie paris

Mereka terus maju melesat karena membangun brand. Kita pasti setuju jika membeli sesuatu dari brand yang  terkenal sudah tidak ada kata “ragu”

Meskipun membangun brand adalah proses yang panjang, jika ingin bisnis anda maju sebaiknya konsisten dalam membangun brand kepada konsumen anda.

Beruntungnya jaman sekarang membangun brand awereness cukup mudah dan murah dengan memanfaatkan sosial media


4. Mempunyai Strategi dalam Meningkatkan Pemasaran

Nyawa operasional dan terus berjalannya sebuah bisnis perusahaan adalah profit penjualan, dan penjualan didapatkan dari proses penjualan.

Semua pebisnis dan perusahaan maju mempunyai pemasaran yang bagus dan menggunakan strategi-strategi pemasaran yang paling efektif dan efisien untuk terus meningkatkan profit.

Digital Marketing adalah salah satu pemasaran yang banyak digunakan pada saat ini, anda bisa mendapatkan informasi seputar digital marketing di Digital Learning


5. Tahu Pentingnya Mempunyai Website Bisnis

Semakin besar jangkauan konsumen, semakin banyak produk dan usaha kita dikenal orang, maka lebih besar peluang untuk cepat besar dan maju.

Website adalah salah satu media terbaik di era digital untuk menjangkau konsumen tanpa batasan karena bisa diakses di seluruh dunia.

Website tergolong sangat murah dibandingkan dengan imbal hasil yang diperoleh yaitu bisa menjangkau yang sangat luas.


Nah Bagaimana dengan Bisnis Anda?

Jika anda Suka dengan informasi tentang Bisnis di Era Digital
Silahkan isi data untuk kami kirimkan informasi Gratis untuk Anda