Berikut ini Cara Memulai Digital Marketing dengan Tepat dari Awal

Apakah anda ingin mulai menggunakan digital marketing namun bingung harus mulai darimana?

Sebelum memastikan ke pembahasan saya akan memastikan dulu dimana peran anda agar tepat memanfaatkan digital marketing terutama untuk kepentingan bisnis.

cara memulai digital marketing

Saya harap anda juga sudah memahami apa itu digital marketing, mulai dari pengertian, konsep hingga tujuan nya. Mari kita mulai..

A. Anda adalah Owner atau Manager
Bisa jadi Anda tidak punya banyak waktu untuk belajar hal-hal yang sangat detail dan teknis, apalagi untuk mencoba trial and error.

Fokus anda adalah bisnis bisa jalan dengan digital marketing. Maka hal terbaik untuk mulai menggunakan digital marketing adalah

  • Memahami konsep dan aplikasi Digital Marketing untuk bisnis, anda bisa pahami di artikel pengertian digital marketing
  • Membuat rencana target pemasaran
  • Merekrut staff atau partner digital marketer
  • Menerima data hasil dan melakukan evaluasi kinerja
  • Fokus membangun management dan marketing perusahaan

B. Anda benar-benar ingin bisa digital marketing
Baik untuk menjalankan bisnis sendiri atau menjadi profesional yang bekerja di perusahaan orang lain.

Modal utama adalah serius belajar dan punya banyak waktu. Karena untuk bisa belajar dan praktek akan membutuhakn waktu yang cukup lama


Let’s do this…….

1. Memetakan market bisnis

Kata kunci utama adalah marketing, sedangkan digital adalah medianya. Karena itu tahap yang paling utama adalah harus bisa memetakan dan memahami siapa market anda. Market adalah konsumen atau customer yang akan membeli produk atau jasa anda.

Petakan mulai dari demografi, status pekerjaan, usia, jenis kelamin, kesukaan, hingga apa alasan mereka membeli produk anda.

Tahap ini sebagai kerangka awal agar dalam pelaksanaan selanjutnya bisa tetap konsisten dalam menjalankan aktifitas digital marketing agar tidak keluar jalur.


2. Menetapkan nama brand dan logo bisnis

Bebas bisa menggunakan nama sendiri, nama produk, nama jasa, yang paling bagus adalah brand spesifik seperti DHA Digital Marketing

Jika bisnis atau toko anda sudah punya nama akan lebih mudah tinggal ke tahap selanjutnya yaitu:


2. Membuat website

Lebih baik mulai untuk membuat dan mengelola website sendiri semaksimal mungkin, bisa juga dimulai dengan blog. Untuk modal membuat website sendiri modalnya juga cukup murah.

Cantumkanlah nama domain sesuai nama brand dan pasang logo di bagian header website.

Website ini ibarat kendaraan pribadi di dunia online yang bisa bebas anda bawa kemana-mana. Buatlah sampai semaksimal mungkin mulai dari nama domain, desain, tampilan, hingga content.


3. Membuat akun sosial media

Buatlah minimalnya 2 akun jika lebih lengkap lebih baik. Sosial media yang bisa anda buat antara lain: Facebook business, Instagram Business, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Whastapp Business, dan Telegram

Ingat utamakan menggunakan akun business, karena di dalamnya ada fitur Insight yang menjadi salah satu parameter analisa digital marketing.

Lengkapi nama brand, logo di profil, deskripsi bisnis anda, contact, jam buka-tutup dll selengkap mungkin

 

4. Membuat content marketing untuk website

Digital Marketing tentu saja wajib bisa membuat website menjadi media marketing. salah satu caranya adalah menggunakan content marketing.

Secara singkat content marketing adalah artikel, gambar, atau video yang bisa menarik orang untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Jika baru awal, anda harus banyak belajar dan sering-sering mencoba membuat content marketing. Anda bisa pelajari lebih dalam di artikel jasa content marketing.


5. Membuat content sosial media

Sosial media bukan pasar tempat jualan, prinsip utama sosial media adalah media digital untuk bersosialisasi. Dengan content yang tepat, anda bisa membangun akun sosial media agar disukai pengguna.

Jika masih bingung apa content yang harus diisi, anda bisa balik ke point satu dengan memetakan market. Nah kemudian buatlah contevt berkualitas yang kemungkinan bisa sesuai dan disukai oleh market.

Bisa dilihat di @dhadigital bagaimana content yang dibangun.


6. Mencari traffic sebanyak-banyaknya

Sama prinsipnya seperti toko, semakin banyak dikunjungi semakin berpeluang banyak penjualan. Begitu juga dengan media digital yang telah anda buat yaitu:

Website: mencari pengunjung sebanyak-banyaknya
Sosial media: mencari followers dan meningkatkan interaksi pengguna

Caranya adalah:

Sosial media sharing, cara gratis dengan membagikan link di Facebook, whatsapp, instagram dll, tentu saja dengan sarat tidak mengganggu teman-teman koneksi anda.

Forum sharing, bagikan artikel dan link di forum-forum yang bisa anda cari internet, kalau di Indonesia ya sebaiknya di forum-forum Indonesia, namun cara ini semakin lama semakin kurang ada hasilnya.

SEO (Search Engine Optimization) yang sudah sangat biasa dikenal di kalangan internet marketer adalah upaya optimasi agar kata kunci website muncul di halaman pertama Google sehingga bisa banyak dikunjungi

Google Ads, yang dulunya namanya Google Adwords adalah media mengiklankan yang disediakan Google agar website bisa mendapatkan traffic dengan search network dan display.

Facebook dan Instagram Ads adalah media untuk mengiklankan akun facebook dan Instagram bisnis untuk menadapaktan traffic hingga penjualan.


*Note Penting*
Tahap ini nomer 6 ini adalah poin dimana anda benar-benar diuji bagaimana bisa menjadi seorang digital marketer, semakin besar traffic dan semakin murah biaya iklan bahkan gratis, maka ini menjadi titik tanda bahwa anda sudah bisa menggunkan media digital marketing


7. Gunakan email marketing

Point ini opsional, namun saya sampaikan bahwa semu digital marketer pasti menggunakan email marketing.

Mengapa opsional? karena fakta bahwa kiriman email yang berisikan promosi seringkali diskip bahkan dianggap spam, maka dari itu anda sebaiknya belajar lebih dalam lagi bagimana menggunakan email marketing yang tepat.


8. Meningkatkan sales konversi

Ini adalah hasil dari apa yang telah dilakukan dari nomer 1-7 yaitu mendapatkan sales atau penjualan dari hasil aktivitas digital marketing.

Tapi ingat, sales adalah tujuan utama sebuah marketing, namun ada banyak hal yang juga meliputinya antara lain yaitu: traffic, brand awareness, dan komunitas yang saling menguatkan satu sama lain untuk meningkatkan bisnis.


9. Lakukan Branding secara konsisten

Ini adalah proses jangka panjang yang sebenarnya harus dilakukan dari tahap awal dan konsisten tiada ujungnya. Branding adalah aktivitas membuat orang mengingat produk dan nama brand anda.

Meskipun Indomie sudah sangat terkenal, mereka tidak berhenti iklan untuk melakukan “branding” agar konsumennya selalu ingat.