5 Cara Awal Menggunakan Digital Marketing untuk Bisnis

menggunakan digital marketingBagi anda yang membaca content ini semoga sudah tidak asing lagi dengan istilah internet marketing atau digital marketing. Namun bagi yang baru tahap awal ingin menerapkan, kadang ada kebimbangan harus memulai darimana dan apa saja yang harus dilakukan. Kami sendiri sering mendapati customer yang masih belum tahu harus menggunakan apa.

Pada dasarnya kita bisa langsung menggunakan semua yang paling optimal dalam metode dan praktik digital marketing untuk bisnis. Asalkan sudah ada orang ahli yang berpengalaman, apalagi tersedianya budget untuk campaign atau iklan marketing.

Namun jika belum punya team ahli, dana, dan juga belum mempunyai cukup pengalaman untuk mengelola, tentu akan sia-sia bahkan rugi jika tidak tepat dalam penerapannya. Karena itulah kami ingin berbagi informasi kepada anda yang ingin memulai menggunakan digital marketing untuk bisnis.

Ada baiknya baca terlebih dahulu apa itu digital marketing

1. Belajar sambil praktik langsung (action)

Ada berbagai macam media, cara, dan teknik yang bisa membuat anda bingung dalam memilih, cobalah untuk mulai dahulu dari apa yang paling mudah. Misalnya menggunakan Facebookk, Instagram, webiste dll pelajari dan sambil praktik langsung.

Biasakan dengan istilah-istilah dan mulai membiasakan diri untuk membaca, mendengar, menonton video dan pastinya adalah action atau praktik.  Misalnya seperti istilah reach, engagement, conversion, traffic, funnel dsb

Misalnya dimulai dari banyak mempelajari tentang tips-tips instagram marketing dan bagaimana bisa meningkatkan bisnis dengan instagram. Jika ada dana cobalah tes untuk beriklan baik menggunakan Instagram ads, endorse, atau paid promote.

Jika dirasa sudah lancar, teruskan mencoba media yang lain seperti membuat website dan optimasi SEO hingga belajar mengelola iklan.

Pada tahap ini meskipun belum terlihat hasilnya, anda sudah mulai punya ilmunya dan sudah tahu karena praktik mencoba. Akan lebih efektif jika ada partner atau teman yang bisa saling support dalam memulai digital marketing bisnis anda.

Silahkan anda bisa pelajari semua edukasi di Digital Learning

2. Mempunyai website atau blog

Perusahaan dan pebisnis yang sudah mengikuti perkembangan jaman internet pasti mempunyai website. Tidak ada alasan untuk tidak mempunyai website, kecuali anda sudah sukses menggunakan sosial media atau youtube.

Jika belum bisa memiliki website setidaknya bisa mulai membuat blog gratis seperti blogger untuk memasukkan informasi seputar bisnis anda.

3. Membuat content yang bagus

Anda wajib belajar bagaimana membuat content, baik untuk website maupun sosial media. Karena bahan dasar dalam melakukan digital marketing adalah content.

Content yang baik adalah yang nyaman dilihat, dibaca, di dengar bahkan hingga menarik perhatian. Semakin menarik bahkan bisa menghasilkan penjual, itulah content yang bagus.

Content bisa dalam artikel, gambar atau foto, dan juga video. Anda bisa mencontoh dari content bisnis yang sama dengan produk anda, bagaimana mereka dalam membuat contentnya.

Jika anda belum bisa membuat content yang bagus, maka apapun media digital yang digunakan nantinya akan sulit mendapatkan hasil yang maksimal, karena pada dasarnya digital marketing adalah pemasaran produk atau jasa menggunakan content dan media digital.

4. Maksimalkan Sosial Media

Sosial media adalah media paling trend dan untuk membuatnya pun gratis. Mulailah membiasakan mempelajari dan praktek langsung menggunakan sosial media untuk bisnis anda.

Meskipun murah, namun jika anda ingin menggunakan sosial media management dari pihak ketiga, umumnya dalam hal biaya relatif mahal. Itu karena banyak bagian yang spesifik dalam pembuatan content.

Content tersebut seperti: desain gambar, text dan caption, hingga strategi sosial media marketing. Content creator sosmed harus paham mengenai “product knowledge” atau pemahaman soal product yang dijual. Karena itulah anda bisa memulai sendiri sebagai pemilik bisnis, tentu anda yang paling tahu.

Jika ada kesempatan rekrutlah partner atau staf ahli sosial media khusus yang bisa totalitas dalam mengelola bisnis anda bersama-sama.

5. Ikut Workshop Digital Marketing untuk Bisnis

Jika anda ingin lebih paham, akan lebih cepat jika mengikuti workshop yang membahas pemanfaatan digital marketing dalam bisnis.

Pilihlah yang sekiranya paling cocok untuk posisi anda saat ini. Jangan salah pilih misalnya ternyata dalam workshop tersebut malah diajak untuk ikut bisnis tertentu atau gabung keanggotaan.

Workshop yang benar-benar memberikan ilmu tentang bagaimana mulai menggunakan digital marketing untuk memajukan bisnis.


Cara Advance untuk Owner Bisnis

# Membangun Digital Marketing Team
Jika anda seorang owner atau manager, melakukan semua hal diatas tentu akan menghabiskan waktu bahkan biaya, kecuali memang anda punya dasar dan passion dan merasa senang untuk mengembangkan bisnis sambil belajar.

Meskipun begitu, pada akhirnya membangun team, setiap satu orang expert bisa menjalankan satu bidang dengan fokus dan maksimal maka hasilnya akan lebih maksimal, dan itulah yang dilakukan oleh perusahaan besar jaman sekarang pasti mempunyai team digital marketing yang ahli

Baca penawaran kami untuk menjadi partner Digital Marketing