8 Fakta Kesuksesan Era Digital Marketing


Jika kita masih ragu bagaimana peran digital marketing di dunia bisnis, akan lebih tepat jika kita mencari tahu data-data bagaimana orang-orang yang telah menggunkan untuk bisnis mereka.

Kemajuan internet adalah latar belakang dari melesatnya era pemasaran melalui internet dengan memanfaatkan para pengguna internet yang jumlahnya sangat besar dan terus meningkat. Berikut ini beberapa fakta digital marketing di dunia bisnis yang berasal dari data


1. Pengguna Internet di Indonesia Mencapai Lebih dari 50%

Hasil survey pada tahun 2016 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132,7 juta dari total penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Artinya masyarakat sudah benar-benar paham tentang kemudahan akses internet untuk mengakses informasi, komunikasi, dan perniagaan untuk jual beli.


2. Orang Rata-Rata 4-8 jam Per Hari Mengakses Internet

Kemudahan smartphone dan jaringan semakin membuat orang lebih aktif membuka internet. Waktu 4-8 adalah waktu yang sangat lama. Dalam dunia bisnis bisa dibandingkan orang berkunjng ke pasar atau shoping di mall yang rata-rata hanya 1-3 jam saja.


3. Biaya Iklan Digital 
Lebih Murah

Bagaimanapun juga iklan digital cukup menggunakan software dibandingkan iklan konvensional membutuhkan biaya cetak, tayang, perijinan, dan personal sebagai media iklan tentu sangat berbeda. Bagi para pebisnis yang sudah beriklan di konvensional dan digital akan sangat tau perbedaan dalam hal biaya


4. Digital Marketing Menaikkan Omset Hingga 500% 

Ini adalah fakta bahkan bisa lebih dari 500%, sebagai contohnya dengan Google Adwords bisnis kita akan selalu ditemukan orang yang tepat mencari produk atau jasa yang kita jual tanpa tahu toko atau bisnis anda sebelumnya.

Di era yang serba instan, orang selalu mencari sesuatu dengan Google Search. Google Adwords adalah iklan dari Google yang akan memunculkan website yang kita iklankan sesuai kata kunci produk, sehingga ditemukan calon customer yang tepat.


5. Internet Memberikan Kenyamanan Pada Customer

Ketika seseorang atau calon customer belum yakin dengan produk dan jasa yang akan mereka gunakan, mereka menggunkan internet untuk mencari informasi terlebih dahulu bahasa gaul nya “kepo”.

Mereka tidak mau repot-repot datang karena belum tentu beli, sehingga mereka lebih suka mengakses informasi sebuah produk  melalui website dan sosial media. Kemudian jika sudah yakin biasanya baru menghubungi untuk menanyakan lebih lanjut, inilah mengapa kriteria website yang baik itu penting.


6.  “Iklan” Digital Menarik dan Tersamarkan

Kenyataanya banyak orang yang tidak suka dengan iklan. Para kreator digital marketing sangat paham dengan kebanyakan orang yang tidak suka dengan iklan tersebut dan berpikir bagaimana mereka menciptakan “iklan yang tersamarkan”.

Orang tidak akan peduli dengan apa yang mereka temukan saat mencari di Google itu adalah iklan dari Google Adwords karena apa yang mereka cari tepat produknya, begitu juga feed iklan di Facebook dan Instagram justru menarik perhatian orang-orang untuk berkomentar dan membagikannya.


7. Bebas Mengatur Buget Marketing 

Pebisnis beriklan dengan buget 50 ribu atau 50 juta semua bisa dilakukan dan akan mendapatkan hasil sesuai buget. Selain itu karena kemudahan aplikasi pelacakan, sebuah iklan baru membayar jika telah dilihat dan di klik oleh user.

Mengatur buget secara manula agar efektif dan efisien adalah salah satu keunggulan digital marketing, karena benar-benar bisa dioptimalkan untuk menghasilkan konversi atau tujuan sebuah produk di iklankan.


8. Perusahaan dan Pemerintah Menggunakan Digital Marketing

Digital marketing adalah inovasi dari teknologi yang harus di ikuti, bukan saja marak digunakan kalangan pengusaha dan perorangan, namun justru perusahaan besar dan pemerintah sudah sangat aktif menggunakan.

Ini adalah bukti nyata fakta bahwa digital marketing memang sukses menrangkul ke segala lini untuk meningkatkan pemasaran dan awareness.