Inilah Kombinasi Internet Marketing dan Sales yang Sangat Powerfull

Apakah anda saat ini yang berperan sebagai orang di biding marketing? apapun itu jika tujuannya untuk menjual dan mendapatkan pelanggan maka artikel ini kabar baik untuk anda. Termasuk jika anda sebagai pengusaha dan pebisnis, pasti sangat paham bahwa sales marketing untuk penjualan itu sangatlah penting.

Era sekarang bukan berarti peran sales mulai ditinggalkan, tetapi justru internet marketing adalah salah satu teknologi baru untuk sales. Ada berbagai macam sales yang berperan berbeda, tergantung jenis produk dan jasa seperti (sales, marketingtelemarketing, CRM, atau account manager) tetapi mereka hampir sama berperan berkomunikasi dengan calon customer untuk mendapatkan penjualan dan pelanggan.


Bagaimana Internet Marketing dan Sales Menjadi Kombinasi yang Powerfull?

Internet marketing mencakup strategi dan teknis untuk mendatangkan customer melalui media online internet, seperti mempunyai website, optimasi SEO, melakukan iklan dengan SEM dan juga sosial media. Cara-cara ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan cara jaman dahulu teknik door to door atau sebar brosur secara random.

Sales selanjutnya berperan mengelola setiap klien dengan maksimal agar bisa terjadi penjualan. Karena proses pencarian customer sudah dipermudah dengan internet marketing, maka seorang sales akan lebih ringan dan fokus mengusahakan agar customer yang sudah tertarik melakukan transaksi.


Teknik Internet Marketing dan Teknik Komunikasi itu Berbeda

Ini perlu dipahami oleh Owner perusahaan, bahwa peran digital marketing berakhir pada terjadinya konversi dari proses internet marketing. Konversi adalah jumlah calon customer yang menghubungi dan berminat dengan produk atau jasa.

Selanjutnya dalam komunikasi adalah peran sales, telemarketing, atau account manager, tergantung jenis produk atau jasa yang dijual. Kecuali produk anda jenis yang langsung order tanpa harus ada contact negosiasi dan berkomunikasi.

Tapi sepertinya minimalnya pasti calon customer akan menanyakan semisal apakah barang ready stock, pengiriman berapa lama, proses berapa lama, ada diskon atau tidak dan lain sebagianya. Kelihatannya sederhana, namun meskipun calon customer sudah sangat berminat bisa saja tidak jadi beli karena peran komunikasi yang kurang maksimal.


Sales Profesional Peranannya dalam Komunikasi

Kita setuju bahwa terjadinya transaksi jual beli pasti diawali dengan berkomunikasi. Sedikit cerita, waktu itu saya sudah berminat mentransfer order untuk sebuah seminar, pada saat itu saya tanyakan dahulu di chat whatsapp, tidak ada jawaban memuaskan hanya pesan otomatis seperti robot, bukan bahasa manusia. Lalu saya tidak jadi membelinya.

Meskipun dunia digital sudah canggih, manusia tetap punya perasaan yang lebih senang berkomunikasi dengan sesama manusia agar tercipta rasa nyaman dan percaya. Inilah yang dimaksud bahwa sehebat apapun internet marketing, harus dilengkapi oleh sales yang ahli dalam berkomunikasi.