12 Langkah Panduan Optimasi SEO Website dari A sampai Z

Setiap pemilik website sudah seharusnya menerapkan SEO atau Search Engine Optimization dengan baik. Tujuannya agar website anda mudah muncul di halaman pertama Google dan  menjadi mudah ditemukan audiens atau visitor. Pihak Google sendiri juga menyarankan setiap pemilik website untuk menerapkan SEO

Anda bisa cek dulu di Panduan SEO Google

Kami bantu langkahnya secara urut dibawah ini:

  1. Membuat Website yang Relevan
  2. Memasang Meta Tag yang tepat (Tittle dan Deskripsi)
  3. Pastikan website terindek Google
  4. Membuat navigasi yang baik
  5. Daftarkan website di Google Search Console (webmaster)
  6. Pasang Peta Situs (sitemap)
  7. Pasang Google Analytics
  8. Gunakan Plugin SEO
  9. Buat content secara rutin
  10. Membuat Internal Link yang baik
  11. Link Building yang tepat
  12. Gunakan sosial media untuk berbagi url

Berikut Penjelasan Secara Detail Langkah Optimasi SEO

1. Membuat Website yang Relevan

Arti relevan adalah memastikan website anda mempunyai tema tertentu di semua halaman dan tidak keluar jalur dari tema tersebut. Sebagai contoh DHA Digital bertemakan tentang “digital marketing” dalam website ini tidak akan ada content lain selain hal-hal yang menyangkut tentang digital marketing.

Mencampur adukkan beberapa tema dalam satu website akan membuat SEO anda tidak maksimal, karena Googleboot akan mengidentifikasi website berdasarkan tema-tema khusus.


2. Memasang Meta Tag

CMS (content management system) website jaman sekarang sudah pasti tersedia meta tag untuk mencantumkan Tittle dan Deskripsi yang tepat dibaca, dan termuat kata kunci yang akan dioptimalkan. Kata kunci biasanya ada 2-3 kata yang harus ada pada meta Tittle dan deskripsi.

Untuk pengguna cms wordpress paling bagus karena ada plugin Yoast atau All in One SEO yang bisa menjadi indikasi Meta tag benar dan tepat.

Jika belum tahu, bisa anda baca pengertian cms 


3. Pastikan Website terindek Google

Biasanya pada cms website ada bagian yang mengatur apakah website/url anda boleh diindek Google atau tidak, jika bagian ini “di off” kan maka website anda akan terblokir dari mesin pengindek Google. Pastikan dalam keadaan on agar bisa ditelusuri Googleboot dan GoogleCrawl

Sudah terindek atau belum anda cek di google dengan menulis ( site:dhadigital.com ) tan[a tanda kurung gunakan url website anda


4. Membuat Navigasi yang Baik

Membari bagian “about’ atau tentang website anda di bagian menu website. Menu navigasi website adalah navigasi yang diperlukan untuk memberi kemudahan pada pengunjung yang ingin lebih memahami apa saja isi website anda.

Semakin mudah dan baik navigasi dimata pengunjung, maka peringkat SEO website anda juga semakin baik di mesin Crawl Google.


5. Daftarkan website di Google Search Console

Daftarkan ke webmaster Google Search Console https://www.google.com/webmasters/ 

Anda bisa mencari cara memasukan kode tag webmaster di cms website sampai ada tanda sudah terverivikasi bahwa website anda sudah terdaftar.


6. Pasang peta situs (sitemap)

Peta situs adalah file yang digunakan untuk memberikan informasi tentang halaman, video, dan file lainnya di situs Anda, serta hubungan antara elemen tersebut. Mesin telusur seperti Google membaca file ini untuk meng-crawl situs dengan lebih efektif. Peta situs memberi tahu crawler file mana saja yang Anda anggap penting di situs, dan juga memberikan informasi berharga tentang file tersebut.

Untuk panduan mendaftarkan sitemap silahakan buka cara membuat peta situs


7. Pasang Google Analytics

Google analytics sangat membantu melacak pengunjung visitor website, melacak bagian apa saja yang paling sering dibuka, dan melacak informasi demografi pengunjung.

Saya sangat suka karena bisa dilihat bagaimana kenaikan visitor dan apakah content website saya disukai visitor dengan melihat durasi dan bounce rate dari visitor website. Tentu saja sangat bermanfaat untuk mengetahui apa saja yang harus dioptimasi

Anda bisa pasang  google Analytics


8. Pasang Plugin SEO

Saya paling suka menggunakan website yang bisa diinjeksi dengan plugin SEO, salah satunya adalah cms wordpress. Dengan plugin ini bisa memastikan semua url di dalam halaman website mempunyai struktur SEO yang sempurna

Salah satu plugin SEO yang paling direkomendasikan adalah   Yoast SEO atau All in One SEO


9. Buat Content Secara Rutin

Content ibaratnya adalah makanan bagi website, semakin sering update content, semakin sehat website, dan semakin sering juga dikunjungi oleh Googlebot. Content yang baik, berkualitas dan bermanfaat akan menaikkan ranking sebuah website di mata Google

Karena itulah mengisi artikel atau content website sangat disarankan, minimal seminggu sekali, akan jauh lebih baik jika sehari sekali bahkan bisa 2-3 kali.


10. Membuat Internal link

Google menyarankan halaman website memberi tautan internal link ke content lain yang bersangkutan. Syaratnya harus tepat sesuai text link dan url yang ditautkan. Indikasi content yang baik jika visitor membuka link internal itu karena ingin lebih tahu dan tertarik dengan pembahasan lain yang seminat pada halaman website anda.


11. Link Building yang Tepat

Link building adalah teknik yang paling powerfull karena sulitnya kompetisi optimasi keyword. 10 hal diatas adalah cara basic yang cukup mudah dilakukan tetapi tidak mudah untuk bagian Link building.

Sebenarnya link building adalah url halaman website kita dicantumkan oleh website lain, sehingga menaikkan popularitas url. Karena link itulah website akan mendapatkan ranking yang disebut Page Authority dan Domain Authorty biasa disebut PA DA, semakin tinggi PA dan DA semakin tinggi juga ranking website.

Ada beberapa macam cara seperti: link content placement, content sharing, tier building, dan piramide link building


12. Gunakan Sosial Media untuk Berbagi URL

Kita bisa dengan mudah dan gratis mencantumkan link di facebook, instagram, pinterest, atau linkedIn. Apalagi jika mendapat traffic dan respon positif dari pengguna sosial media, maka otomatis akan meningkatkan ranking website kita.


Trakhir, cupilkan saran langsung dari Google:

” Pakar SEO adalah orang yang dilatih untuk meningkatkan visibilitas situs Anda di mesin telusur. Dengan mengikuti panduan ini, Anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup untuk dapat mengoptimalkan situs. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jasa profesional SEO yang dapat membantu mengaudit halaman Anda”

Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu. Pastikan Anda mengetahui apa saja kira-kira keuntungan dan resiko menggunakan jasa SEO

DHA Digital bisa membantu optimasi SEO website Anda