9 Langkah Terbaik Membuat Website untuk Pemasaran Bisnis

website-bisnis-wedding

Website masih sebagai media digital paling powerfull jika kita tahu cara menggunakannya, terutama untuk bisnis. Karena itulah hampir semua perusahaan jaman sekarang sudah mempunyai website untuk mendukung perusahaan mereka, baik sebagai company profile dan media marketing.

Namun kabarnya, 10 orang yang membuat website, hanya 2-3 orang yang hasilnya sesuai harapan, yang lainnya masih hanya sekedar punya website dan kurang begitu bermanfaat.

Karena itulah kami sebagai agen digital marketer akan berbagi bagaimana cara membuat website untuk pemasaran bisnis anda. Disini saya akan menggunakan contoh:

Membuat Website yang Powerfull
Tujuan: Meningkatan Pemasaran
Contoh Bisnis: Wedding Organizer

Jenis bisnis diatas hanya contoh untuk memudahkan penjelasan kami disini, yang tentunya tetap bisa diterapkan sesuai tipe bisnis anda.


1.Cek Potensial Bisnis Anda Apakah ada yang Mencari Melalui Google

Sebelum anda memutuskan membuat website pastikan ada orang yang mencari bisnis anda di Google

  • Jika ada keyword potensial = Lanjutkan
  • Jika tidak ada keyword potensial = Lebih baik dipertimbangkan lagi

Contoh disini adalah memasukkan kata kunci “pernikahan jakarta”, lalu coba lihat di bagian “Searches related” ada posisi paling bawah, seperti gambar ini

Bisa anda lihat disana ada keyword potensial yaitu: paket pernikahan jakarta selatan, wedding package, paket wedding murah dsb

Bisa juga dimasukan apapun jenis bisnisnya, misalkan: les privat, service kamera, bengkel mobil, custom furniture, percetakan, apapun itu tergantung bisnis anda, dan pastikan mempunyai list keyword potensial.

Ini nanti selanjutnya untuk kepentingan mencari tarffic visitor, karena tanpa ada traffik, website anda akan percuma kurang ada gunanya. Lalu traffic itu nantinya sebagai peluang menjadi customer (dengan strategi pemasaran).


2. Merencanakan Biaya Membuat Website Bisa Balik Berkali-Kali Lipat

Jangan sia-siakan uang anda untuk membuat website yang kurang bermanfaat hanya karena kurangnya pemahaman bagaimana website yang dibuat bisa meningkatkan potensi penjualan.

Untuk membuat dan mendatangkan traffic visitor, anda butuh biaya yang cukup banyak seperti menggunakan Jasa SEO, Iklan Google atau Iklan Sosial Media.

Hal itu harus benar-benar direncanakan dengan matang, supaya nantinya bisa balik modal meningkatkan pemasaran anda berkali-kali lipat.


3. Sudah Punya Portofolio dari Bisnis yang Telah Berjalan

Ini cukup mudah, misalkan bisnis di bidang wedding organizer, contoh portofolionya cukup punya foto-foto hasil kegiatan WO yang pernah dikerjakan sebelumnya.

Foto-foto ini nantinya dimasukkan ke website sebagai portofolio yang bisa memunculkan kepercayaan dan ketertarikan calon buyer yang inging menggunakan jasa wedding organizer.


4. Mendata Buyer Persona Target Market Sebuah Bisnis 

Buyer adalah adalah orang yang nantinya akan membeli produk atau jasa dari website anda. Sedangkan Buyer persona adalah memahami pendekatan karakteristik meliputi: kehidupan, kesukaan, gaya hidup se-spesifik mungkin target market anda.

Misalnya buyer persona orang yang butuh wedding organizer: seorang wanita yang suka akan keindahan, elegan, suka dandan kecantikan, kehidupan sosial yang baik, tertarik dengan hal-hal yang fashionable, spa dan treatment, tingkat kecerdasan yang baik, oranya mungkin suka traveling

Juga memprediksi apa saja yang diinginkan dari paket wedding, misalnya budget, tempat, dekorasi, catering dll

Fungsi buyer persona adalah untuk meng”create” atau membuat desain tampilan website, content, dan copywriting yang paling sesuai dengan persona buyer anda, sehingga bisa sangat tepat.


5. Membuat Website yang Sesuai dengan Buyer Persona Target Market

Selanjutnya mulai membuat website mulai dari instalasi cms , membuat desain tampilan, content, copywriting dan halaman yang paling seusai dengan buyer persona.

Membuat webisite sesuai buyer persona target wedding: tampilan elegan terbaik, dominasi warna netral dan soft, memancarkan keindahan, gambar-gambar visualisasi yang menawan, kata-kata yang baik dan tepat, harmonis, cinta dll

Memberikan apa yang dipikirkan calon buyer, seperti informasi paket, venue, list wedding service, dekorasi, seserahan, catering dll


6. Melangkapi Content yang Paling Dicari Buyer Anda

Melihat dari bagian “Searches related” kita sudah cukup mudah menebak apa sih yang dicari orang-orang yang membutuhkan wedding.

Selain itu juga bisa menggunakan Tools SEO, untuk mengecek dari website bisnis sejenis yang sudah ramai, apa saja kata kunci yang sering dicari di website tersebut.

Kata kunci itulah yang akan kita olah untuk melengkapi konteng yang benar-benar sesuai dan dibutuhkan, termasuk konten marketing untuk mendatangkan pemebeli, misalkan saja content paket wedding


7. Melengkap Semua Aspek yang Bersangkutan dari Bisnis

Tujuannya adalah agar Buyer benar-benar merasa menemukan website yang sangat lengkap sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Mungkin di service wedding anda tidak menyediakan souvenir atau buat undangan pernikahan. Anda bisa memberi tips atau memberikan solusi tentang hal itu di dalam website. Disini agar website benar-benar relevan dan totalitas dalam hal melayani semua kebutuhan wedding.


8. Menerapkan 5 Syarat Website yang Sempurna

  • User Experience, Nyaman dan enak dilihat oleh user
  • Fast Loading, Loading yang baik kurang dari 7 detik dengan koneksi cepat standar
  • Mobile Frindly, sangat mudah diakses dan dibaca melalui smartphone
  • SEO Frinedly, sesuai kaidah-kaidah Google agar lebih mudah muncul di halaman pertama
  • Call to Action, membuat tampilan yang bisa mengundang ketertarikan untuk contact order


9. Mencari Traffic Website Sebanyak Mungkin dari Mana Saja

Memulai berbagi link url di sosial media, sharing di whatsapp, beriklan, menggunakan campaign Digital Marketing seperti SEO dan SEM. Apapun itu boleh dilakukan asalkan baik dan tidak mengganggu kenyaman orang lain.

SEO dan SEM mamang yang akan paling potensial karena menarget kata kunci yang telah anda busat sesuai “Searches related” atau hasil dari data SEO dan Google Ads

Terakhir,
Bagaimana, apakah sudah bisa membayangkan untuk bisnis Anda? Websitenya akan seperti apa dan siapkah untuk Point 2?

Bagaimana jika DHA Digital bisa Membantu Anda semua dari nomer 1-8 hanya dengan biaya 3 Juta saja?

Silahkan kunjungi halaman spesial kami di Jasa Pembuatan Website