5 Langkah Urut Memulai Digital Marketing untuk Pemula

Kita yang sama-sama punya usaha dan tentu sama-sama tahu bahwa digital marketing sangat tepat kita gunakan untuk meningkatkan penjualan. Tapi mungkin banyak pemilik usaha yang baru sadar untuk menggunakan digital marketing.

Itu hal yang sangat baik, karena dengan merasa pemula dan mau terus belajar dan beraksi. Kami akan membagikan cara bagaimana urutan memulai digital marketing untuk pemula yang bisa membantu meningkatkan untuk bisnis anda.digital marketing untuk pemula
1. Mempunyai Target Market dan Produk

Hal dasar yang paling diutamakan adalah memilih dulu siapa market atau customer anda. Baru kemudian mempelajari apakah produk anda tepat menjadi solusi untuk customer.

Sebagai contoh kami memilih market para pelaku bisnis dan usaha, laki-laki dan perempuan di usia 20-40 an. Produk kami adalah digital marketing.

Contoh lain, market anda para pemilik mobil yang punya masalah mobilnya bau tidak sedap, sehingga anda menyiapkan produk penetral bau mobil yang sangat ampuh.

Saya punya pengalaman mudah pusing dan mabuk dengan bau mobil yang aneh, inilah kenapa saya memberikan contoh tersebut. Sebisa mungkin cari dulu masalahnya kemudian produk atau jasa anda adalah solusinya.

2. Pilih Produk yang Terbaik yang Memberikan Solusi yang Terbaik
Carilah produk atau jasa yang bisa memberikan solusi yang terbaik. Banyak contoh pengusaha clothing yang gagal karena berpikir tentang produknya yang sangat bagus, bahannya bagus, desain nya bagus dll tidak memikirkan solusi apa yang akan diberikan dari produknya.

Bro.do mengapa sukses? karena mereka hadir memberikan solusi sebagai produk lokal dengan kualitas internasional, dimana saat itu orang sulit mencari brand lokal yang berkualitas. Produknya hanya sepatu dengan desain yang biasa, namun itu tadi mengapa Bro.do bisa sukses karena berawal dari memberikan solusi.

3. Membangun Website Pribadi
setelah dua hal diatas anda temukan, segera buat website pribadi untuk usaha anda. Stop berpikir menumpang di marketplace atau sebagainya. Karena website sejatinya adalah toko anda yang ada di internet.

Dengan punya toko (website) sendiri anda akan lebih semangat mendesain, mengisi konten, hingga mengiklankan website Anda tanpa terlalu memikirkan kompetitor.

Kami bisa membantu membuat website dari awal hingga beres jadi dengan berbagai benefit, kunjungi jasa pembuatan website


4. Membangun Sosial Media

Ada Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn silahkan pilih minimal 2, lebih baik jika semua. Tapi kami sarankan 2 saja dan bisa serius membuat hingga mengisi konten sosial media anda.

Bagi sebagian pemula cukup sulit mengelola sosial media, ada opsi anda bisa merekrut staff atau pelan-pelan tapi pasti mengisi content dengan rutin.

5. Gunakan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads
Pada tahap inilah anda sudah mulai menggunakan modal, tapi kami menyarankan anda agar hati-hati menggunakan dana. Karena banyak sekali yang rugi karena kurang pemahaman beriklan digital

SEO (Search Engine Optimization sudah pasti harus dilakukan untuk website karena murah dan manfaatnya jangka panjang. Sebaiknya anda cari jasa SEO karena akan sangat rumit jika harus belajar sendiri.

SEM (Search Engine Marketing) biasanya menggunakan Google Ads adalah cara paling cepat mendapatkan visitor dan calon customer produk atau jasa anda.

Social media campaign, seperti iklan Facebook ads, Instagram ads, dan endorse. Sebelum menggunakan campaign ini anda harus menyiapkan content creative sesuai dengan standar kualitas iklan facebook dan instagram. Jangan sampai iklan sia-sia karena tidak menyiapkan konten yang berkualitas.

Mau Menggunakan Digital Marketing yang Hemat, Efektif dan Efisien?

DHA Digital mempunyai team berpengalaman yang membantu anda mengelola digital marketing dengan baik dan benar, sehingga bisa membantu meningkatkan bisnis dan pemasaran and. Silahkan cek di jasa digital marketing freelance