9 Manfaat Penting Artikel Blog untuk Website Anda

Saya masih sering menemui pemilik website yang kurang peduli dengan content artikel blog di dalam websitenya. Semoga hal tersebut karena masih belum tahu, sehingga anda bisa lebih tahu setelah membaca ini

Kecuali memang tidak peduli dengan audiens website, atau tidak menginginkan banyak traffic, mungkin sekedar website profile atau portofolio.

Sebagai Digital Marketer bagi kami website adalah media penting untuk menarik traffic pengunjung sebanyak mungkin sehingga semakin banyak peluang mendapatkan leads/prospek dan sales dari visitor. Semakin banyak traffic semakin banyak peluang mendapat leads.

manfaat artikel blog website

1. Menambah visitor website
, setiap artikel konten baru berarti ada kata kata kunci baru, halaman baru. Semakin banyak kail yang Anda lemparkan ke laut, semakin besar kemungkinan Anda untuk menangkap ikan.

Itulah ibaratnya, saat Anda menambahkan lebih banyak konten ke blog website, lebih banyak halaman dan url yang akan di indeks di mesin pencari. Ini meningkatkan visibilitas pencarian organik yang berdampak meningkatkan visitor.

Pengalaman pribadi pada tahun 2012 saya membuat blog yang berisi kurang lebih 300 artikel bisa mendapatkan hampir 1500-2000 pengunjung setiap harinya.


2. Mendistribusikan merek bisnis
 dengan cara yang manusiawi. Anda tidak bisa memaksa orang untuk membuka website anda dengan tujuan agar merek atau bisnis anda dikenal oleh mereka.

Tetapi dengan artikel, orang dengan sendirinya akan masuk dan membaca jika itu memang informasi bermanfaat yang sedang mereka butuhkan. Dari artikel inilah orang menjadi tahu website dan merek bisnis anda secara tidak langsung.

Seperti beberapa artikel di Digital Learning, secara tidak sadar orang yang menemukan konten artikel kami akan sadar tentang DHA Digital. Bahkan mereka bisa balik lagi jika tahu ada update konten blog yang bermanfaat.


3. Support konten ke sosial media
, Kadang kita bingung harus mengisi konten sosial media dengan pembahasan apa. Artikel publish di blog bisa dishare di akun sosial media.

Jadi mendapatkan 2 manfaat, update sosmed dan bisa mendapatkan pengunjung dari sosmed yang tertarik dengan artikel yang dibagikan, apalagi jika mendapatkan share.

Karena aktivitas sosial media saat ini sangat penting, bisa dibilang wajib untuk yang menggunakan digital marketing untuk bisnis.


4. Meningkatkan otoritas bisnis anda
di mata orang. Dengan artikel-artikel yang memang spesifik di bidang niche bisnis maka orang bisa lebih percaya bahwa anda adalah ahlinya.

Sebagai contoh misalnya bisnis otomotif, dengan banyaknya konten artikel yang membahas berbagai macam informasi mobil atau motor, mulai dari harga, spesifikasi, spare part, tes drive yang benar-benar dalam dan spesifik.

Dengan banyak konten artikel yang berkualitas maka secara tidak langsung orang akan lebih percaya bahwa anda lah ahlinya.


5. Meningkatkan konversi bisnis
, bahkan dari sumber Forbes yang saya baca, jika anda ingin meningkatkan penjualan tetapi tidak bisa menambah artikel blog, maka lebih baik berhenti menggunakan website.

Kembali ke nomer 1 soal traffic, jika website anda stuck dengan jumlah artikel atau bahkan tidak bertambah, artinya variasi kata kuncinya juga tidak bertambah, bahkan berpeluang berkurang karena perubahan search engine.

Konversi adalah jumlah sales yang dihasilkan dari visitor, semakin banyak visitor maka peluang konversi semakin tinggi. Jika setiap 100 visitor bisa mendatangkan 1 konversi, maka anda tinggal memperbanyak visitor menjadi 200,300 dst.


6. Saling mensupport antar halaman website
, bahkan termasuk ke halaman produk penawaran yang biasa disebut content marketing.

Misalnya dengan menulis ini saya menawarkan kepada anda jasa content marketing, untuk membantu membuatkan artikel content yang berkualitas.

Link-link tautan itulah yang bisa saling mensupport satu halaman dengan yang lain.


7. Meningkatkan jumlah leads atau prospek
, meskipun memang bisa dibilang banyak artikel dan visitor tidak berarti tambah banyak prospek customer.Masih ada beberapa hal untuk memenuhi leads, seperti persuasion web, copywriting, dan riset kata kunci yang menjual.

Namun ketika semua itu sudah dimaksimalkan, dan visitor sudah maksimal. Misalkan di angka 1000 per hari, dengan rata-rata leads 10 orang per hari, cara apalagi yang bisa dilakukan jika ingin meningkatkan leads?

“Menurut Hubspot, bisnis dengan konten 401-1000 halaman artikel mendapatkan 6x lebih banyak lead dibandingkan dengan 51-100. Secara sederhana, semakin banyak artikel blog Anda, semakin banyak prospek yang Anda hasilkan (Forbes)


8. Meningkatkan score SEO
, selama pengalaman kami sangat sulit mengoptimasi website tanpa artikel dan bisa dibilang tidak mungkin bisa.

Google mengindeks dan menghitung jumlah kata di dalam sebuah website yang sesuai dengan kata kunci yang dioptimasi, semakin banyak, semakin relevan saling bertautan maka semakin bagus.

Praktisi manapun akan memberi saran jika ingin SEO website yang bagus maka buatlah banyak artikel yang berkualitas, karena pada dasarnya halaman search Google adalah layanan penyajian artikel untuk audiens.


9. Membuat website anda selalu “fresh”
di mata  visitor dan juga search engine Google. Sudah menjadi hal yang umum semua orang suka sesuatu yang fresh dan baru.

Robot Google juga seperti itu, mereka suka dengan website yang rutin update artikel berkualitas. Bahkan anda sering membuka halaman website berita karena selalu memberikan artikel yang baru.


Kesimpulan

Anda bisa lihat semua perusahaan besar seperti Tokopedia, Traveloka, Gojek dll pasti punya artikel blog yang rutin di update.

Sebaiknya jika anda memang serius membangun website untuk bisnis, maka jadikan update artikel adalah poin utama yang harus anda kerjakan. Mudah sekali kok mencari content writer staff ataupun freelance yang biayanya sangat terjangkau.