Temukan Media Digital yang Paling Tepat untuk Bisnis Anda

Bagi siapapun yang baru pertama kali ingin mencoba memasuki ranah digital marketing untuk bisnisnya, mungkin sedikit bingung dengan berbagai macam media digital mana yang harus digunakan. Pertanyaannya, sebaiknya kita harus menggunakan media apa yang paling baik dan tepat?

Beberapa orang dalam membedakan fungsi website, toko online, atau landing page masih cukup membingungkan. Ini hal yang wajar, termasuk saya dahulu selama 3 tahun di dunia Internet Marketing, masuk di tahun ke 4 barulah benar-benar paham tentang apa itu landing page, gunanya, dan bagaimana cara membuatnya

Apalagi di era teknologi digital yang terus berkembang memaksa seseorang yang ingin masuk disana harus terus mau belajar hal-hal baru, termasuk digital marketing untuk Bisnis

Kami akan mencoba membantu menjelaskan satu per satu supaya anda punya gambaran yang lebih mudah. Anda bisa tahu merasa “ini nih media yang tepat” untuk mulai saya gunakan. Harapannya anda tidak salah langkah dan lebih cepat menghasilkan apa yang diharapkan dari menggunakan media Digital dan Marketing


1. Pilih Menggunakan Marketplace

Marketplace di Indonesia yaitu Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Anda sebagai penjual atau seller bisa membuka dan mengelola toko online di marketplace.

Kita bisa memilih marketplace jika punya tujuan untuk menjual suatu produk atau barang. Marketplace sudah mempunyai fitur yang sangat lengkap untuk dimanfaatkan, mulai dari pembayaran yang mudah, promosi, optimasi, sampai fitur chat seller dan buyer yang begitu mudah.

  • Kelebihan: Mudah digunakan, gratis, sistem dan fitur jual beli online yang bisa dikatakan sempurna
  • Kekurangan: Kompetisi seller yang berat, ibarat anda punya toko anda berada di lokasi yang berjejer-jejer dengan produk yang sama dan persaingan harga.


2. Pakai Website

Gunakan website jika anda merasa ingin lebih bebas bisnis tanpa ribet diatur oleh kebijakan marketplace. Ada jenis bisnis yang kurang sesuai dengan kebijakan marketplace, contohnya bidang jasa.

Gunakan website jika anda ingin meningkatkan trust (kepercayaan) dan awereness produk anda. Biasa produk Brand khusus harus disupport dengan adanya website. Membangun trust website sama dengan membangan Brand awareness jangka panjang.

Selain itu anda juga bebas mengatur strategi digital marketing untuk website. Ada banyak pilihan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads

  • Kelebihan: Mempunyai otoritas penuh dan bebas untuk membangun website kerajaan bisnis sendiri, bisa meningkatkan kepercayaan dan membangun customer jangka panjang
  • Kekurangan: Biaya membuatnya yang cukup mahal

Tentu saja website harus baik dan memenuhi kriteria menjalankan digital marketing.  Anda bisa sangat mudah membuatnya dengan jasa pembuatan wesbite bersama DHA Digital


3. Gunakan Instagram

Gunakanlah Instagram untuk menjaga loyalitas customer yang suka dengan produk atau jasa anda. Baik calon customer atau sudah menjadi calon.

Karakteristik seseorang menyukai produk tertentu, sebagai contoh saya sebagai customer menyukaiproduk Eiger Adventure, maka saya juga memfollow akun Instagramnya.

Dengan update secara konsisten, followers bisa dengan mudah mengetahui produk-produk terbaru atau informasi diskon. Bisa jadi mereka membeli karena melihat postingan dari akun Instagram.

Namun tidak sedikit yang menjadi kan Instagram sebagai toko online karena memang ramai, selain itu cara pemasarannya juga cukup unik dibandingkan dengan media lain, seperti Endorse.

Sebenarnya Instgram Harus digunakan karena gratis dan begitu mudah. Selain itu hampir 70% pengguna Internet di Indonesia aktif menggunakan Instagram, sangat sayang jika tidak dimanfaatkan

  • Kelebihan: Sangat mudah dimanfaatkan, gratis, sosial media yang menyenangkan, ramai diggunakan masyarakat
  • Kekurangan: Membutuhkan content management yang ahli paham membangun akun Instgram Bisnis


4. Gunakan Aplikasi Mobile

Pertimbangan untuk menggunakan Aplikasi Mobile adalah jika anda ingin memberi kemudahan akses yang cepat dan tingkat kemungkinan repeat penggunaan yang tinggi, atau pengguna sering membutuhkan plikasi anda dengan mudah dan cepat. Misalnya pengguna atau customer membutuhkan  aplikasi anda dalam sehari sekali atau seminggu sekali.

Misalnya aplikasi Gojek, rata-rata pasti akan mengunakan terus menerus. Aplikasi tiket pesawat, mereka akan menggunakan beberapa kali dsb. Tingkat repeat pengguna adalah kunci apakah anda harus mempunyai aplikasi?

Aplikasi sangat individual, dan harus di download oleh pengguna. Namun pada ada sebagian perusahaan membuat aplikasi untuk meningkatkan kredibilitas sebuah perusahaan di ranah digital.

  • Kelebihan: Memberikan kredibilitas dan nilai yang tinggi pada bisnis
  • Kekurangan: Biaya yang sangat mahal, membutukan orang untuk mau mendownload, biaya promosi aplikasi

 

5. Gunakan Email

Saya belum menemukan alasan untuk tidak menggunakan email. Karena itu hampir semua digital marketing memerlukan email.

Email bukan media digital yang utama jika dibandingkan dengan website dan marketplace, tetapi sebagai pelengkap untuk memudahkan mengirimkan penawaran atau informasi kepada pelanggan. Kecuali jika anda hanya fokus di Marketplace, karena email order sudah dikirimkan dari marketplacenya.

Menurut saya email akan selalu dibutuhkan, meskipun bukan termasuk media untuk jual beli secara langsung. Dengan email marketing, email penawaran, dan email invoice menunjukan profesionalitas bisnis anda.

  • Kelebihan: Praktis, mudah dan murah
  • Kekurangan: Karena sebagai media pelengkap sarana mengirimkan informasi saya belum menemukan kekurangan dari email


Catatan:

Jika anda masih benar-benar baru akan memulai sendiri, coba satu media dahulu yang anda rasa paling tepat dan mudah, konsisten dan total hingga bisa tercapai sesuai tujuan dalam bisnis. Setelah itu buat media yang lain untuk melengkapi

Tetapi jika anda punya team atau partner digital marketing, memanfaatkan minimal 3 media itu akan jauh lebih baik. Semakin banyak media yang digunakan, kemungkinan semakin besar juga peluang traffic yang didapatkan.