Mengenal Bagaimana Cara Kerja Digital Marketing dengan Mudah

cara kerja digitak marketing

Cara kerja digital marketing cukup bervariasi namun sebenarnya tujuan akhirnya adalah sama, yaitu aktifitas marketing yang bertujuan meningkatkan penjualan.

Namun banyak orang yang kurang begitu paham dan salah mengartikan sehingga tidak benar-benar mengerti bagaimana cara kerja digital marketing yang sebenarnya.

Untuk penjelasan tentang tujuan dan media digital marketing, anda bisa memahaminya di pembahasan Apa itu Digital Marketing

Sedangkan cara kerja bukanlah daftar pekerjaan, untuk mengetahui anda bisa baca di daftar pekerjaan digital marketer

“Digital marketing adalah teknik atau alat yang digunakan untuk menjalankan pemasaran bisnis dan usaha, dan bukan sebuah bisnis yang bisa menghasilkan uang”

Sedangkan cara kerja penerapannya untuk bisnis adalah sebagai berikut


Ke-1, Mengenali Jenis Bisnis dan Usaha Anda

Harusnya hal ini sudah cukup mudah, sebagai pelaku dan pemilik usaha harus sudah paham jenis bisnisnya apa, misalnya jenis jasa atau produk, jenis kebutuhan sehari-hari (primer) kebutuhan sekunder, tersier, atau prestise

Kalau sudah benar-benar paham jenis bisnis anda, selanjutnya adalah


Ke-2, Memahami Segmen Market

Tidak semua orang akan membeli produk anda, ada orang-orang tertentu yang akan membeli produk yang kita jual. Setiap produk punya segmen market sendiri-sendiri

Sebagai contoh misalnya:

Menjual kamera, siapa marketnya? pria dan wanita yang suka fotografi, suka selfie, bikin video, atau vlogger.

Menjual hijab, siapa marketnya? tentu saja wanita, berbagai usia, dengan tingkat daya beli berapa.

Dengan mengetahui target market selanjutnya kita bisa lebih tepat memilih media digital marketing yang paling tepat digunakan.


Ke-3, Memilih Media Digital Marketing

Saya akan langsung menggunkan contoh:

Misalnya ingin menjual kamera tentu saja saya akan menggunakan instagram, youtube, website dan marketplace.

Karena Instagram dan Youtube memang segmen yang paling cocok dengan kamera. Kemudian website dan marketplace adalah toko online untuk transaksi jual beli agar memberikan kemudahan dan keamanan transaksi.

Contoh lain misalkan saya bisnis servis atau modifikasi mobil, saya akan memilih menggunakan Lokal SEO, Website dan Google My Bisnis.

Karena tuntu yang akan datang ke bengkel saya adalah orang-orang yang jaraknya terjangkau, mereka akan mencari informasi tempat servise terdekat di Google ketika punya problem soal mobil


Ke-4, Membuat Funneling dari Traffic hingga Sales
Urutan funneling dari menggunakan digital marketing adalah:

a. Mengumpulkan visitor (traffic market customer) dari media digital -> b. bagaimana cara membuat visitor tertarik -> c. visitor menghubungi contact -> d. terjadi sales penjualan (goal)

Peran customer service sangat penting untuk bisa terjadi sales order atau penjualan, peran digital marketing berhenti sampai pada customer menghubungi cs.


Ke-5, Membuat Ikatan Rantai Digital

Setelah bisa menentukan media digital marketing yang tepat, maka ada baiknya juga mengikatkan satu media dengan media digital yang lainnya yang saling berhubungan.

Hal ini agar memberikan kemudahan kepada konsumen. Karena biasanya media digital akan saling melengkapi satu sama lain dan bisa mendatangkan traffic, tetapi jangan salah langkah, pilih terlebih dulu media yang paling tepat.


Ke-6, Mengelola Iklan Digital

Iklan menggunakan anggaran adalah langkah terakhir ketika kita sudah benar-benar maksimal dengan kelima langkah diatas. Fakta 90% pengiklan gagal karena tidak menerapkan step by step cara kerja digital marketingyang benar.

Iklan ada Google Ads, Fb Ads, Ig Ads, dan Endorse. Kita usahakan jangan sampai buang-buang anggaran jika belum yakin sudah melukakan kelima hal ditas 100% anda pahami dan jalankan

Inilah sebenarnya cara kerja digital marketing yang mudah kita pahami dan terapkan untuk bisnis dan usaha