Bagaimana Peran SEO dalam Membangun Brand Awareness

Bagi kita yang baru mengenal kata SEO atau Search Engine Optimization, hampir sebagian besar pasti setuju jika SEO biasanya digunakan untuk meningkatkan kata kunci di halaman pertama Google dan mendapatkan customer potensial.

Kami pun juga paling senang menggunakan teknik SEO untuk mendatangkan banyak visitor secara gratis, yang mana visitor itu nantinya berpeluang menjadi customer yang akan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

seo brand awareness
SEO bagian dari Digital Marketing
 yang pasti harus diterapkan pada sebuah website.

Tujuan dari adanya website tentu saja sebagai media online, store, atau office online yang ingin menunjukkan eksistensi, menyebarkan informasi, dan menawarkan produk atau jasa, termasuk meningkatkan Brand Awareness

Website yang baik pasti dikunjungi oleh banyak visitor, tanpa SEO maka cara mendatangkan visitor selamanya akan ketergantungan dengan Paid Ads, atau iklan berbayar.

Brand Awareness adalah tahap perjalanan dimana konsumen mulai tahu, mengingat, mengenal, sampai menjadi yakin terhadap sebuah produk dan merek hingga mempunyai kepercyaan yang baik untuk memutuskan membeli atau menggunakan. Karena itulah peran jasa seo akan tetap eksis untuk berbagai macam kepentingan


Mengapa Harus Meningkatan Brand Awareness?

Coba perhatikan, adakah orang seperti ini, atau mungkin kita sering dan pernah?

  • Orang yang belum tahu produk atau merek, lalu dia ingin mencari tahu
  • Orang yang sudah tahu produk dan merek tetapi masih ragu-ragu, kemudian menjadi yakin

Proses membuat konsumen dari belum tahu, menjadi tahu, dari belum yakin menjadi yakin inilah mengapa sebuah perusahaan harus membangun Brand Awareness.

Kita ingin menjual susatu produk baru, tetapi masih banyak yang ragu-ragu, tugas divisi marketing tentu saja adalah bagaimana bisa membuat konsumen yang masih ragu tersebut bisa menjadi yakin.

Itulah peran meningkatkan Brand Awareness


# Case Study SEO untuk Meningkatkan Brand Awareness
kosmetik brand seoSebuah perusahaan kosmetik besar “Ward*h” misalnya saja mengeluarkan produk kosmetik baru namanya “Anaya”

Lalu produk Anaya ini diiklankan melalui media-media untuk menunjukkan bahwa ada produk kosmetik baru dengan merek “Anaya”. Disini tahap pengenalan kepada khalayak konsumen sudah dilakukan

Setiap orang yang sudah kenal, apakah mereka langsung yakin dan mau membeli? tentu saja tidak

Hampir sebagian besar punya perasaan ragu-ragu, pun ketika kita baru kenal dengan orang lain. Untuk meningkatkan keyakinan memerlukan komunikasi yang lebih intens.

Karena masih ragu , konsumen belum bisa yakin 100% terhadap produk Anaya. Namun hal yang paling sering dilakukan seseorang ketika sudah mempunyai ketertarikan dan penasaran adalah:

Mereka akan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Mencari info tentang kosmetik Anaya
  • Mencari ulasan review kosmetik Anaya
  • Membandingkan produk sejenis dengan yang lain

90% mereka akan mencari melalui Search Engine, seperti Google

Mereka adalah orang yang ingin memastikan bahwa produk yang sedang mereka pikirkan itu mempunyai nilai dan kualitas yang bagus, meyakinkan dan layak untuk dibeli.

Apa cara terbaik untuk mendistribusikan informasi tersebut kepada mereka?

SEO, karena 80% pencari hanya fokus di halaman pertama Google, sedangkan 20% akan terus mencari di halaman lain atau menuliskan kata kunci yang lain.

Ketika “Anaya” tidak banyak ditemukan informasinya, trust konsumen akan melemah, sebaliknya jika mereka menemukan banyak informasi positif, trust akan meningkat.


# Inilah Peran SEO dalam Membangun Brand Awareness

Saya yakin kita pernah dalam kondisi dan mengalami menjadi konsumen seperti ini. Tertarik dan ingin membeli suatu produk namun perlu mayakinkan diri, untuk meningkatkan keyakinan, kita coba-coba mencari informasi dan review dari Google.

Sampai tidak sadar tiba-tiba keyakinan kita meningkat 100% hingga akhirnya memutuskan untuk membeli.

Bahkan sangat pernah dan sering sekali melakukan hal ini, mulai dari mau membeli buku, alat-alat komputer,  smartphone, mobil, motor dll


# Riset Spesifikasi Keyword

Salah satu tugas SEO Spesialist untuk membangun Brand Awareness adalah mencari keyword-keyword potensial yang paling sesuai dengan psikologi tipe konsumen yang butuh informasi untuk meningkatkan trust mereka.

Mampu membedakan tipe keyword berdasarkan goal/tujuan dari distribusi content. Tanpa riset yang mendalam tentu saja akan kurang maksimal dalam menempatkan content.

SEO Content Brand
# The Power of Content SEO

Content SEO harus benar-benar mempunyai spesifikasi yang sangat tepat dengan psikologi konsumen yang akan mengkonsumsi atau mencari.

Kita tidak bisa membohongi konsumen, misalnya dengan konten yang bernuansa iklan. Artinya kita harus fokus pada kualitas ulasan produk, menunjukan kejujuran, informatif dan spesifikasi tanpa ada text menawarkan atau (iklan)

SEO adalah optimasi agar konten tersebut dengan mudah dan cepat bisa terdistribusikan kepada audiens atau konsumen yang sedang mencari informasi melalui Search Engine.


# SEO is The Best untuk Jangka Panjang

Selama content muncul di halaman pertama dan jumlah content yang dibangun sudah sudah cukup banyak, maka tarffik terbangun otomatis, Brand Awareness otomatis sudah akan berjalan sendiri tanpa harus bersusah payah. Ini adalah teknik digital marketing membangun “value product” jangka panjang

Dalam mendata hasilnya juga mudah, biasanya ada aktifitas survey yang menanyakan dari mana mereka tertarik membeli. Kebanyakan akan menjawab:

“Informasi yang positif dan meyakinkan dari Internet”

Ingin tahu lebih banyak lagi? berikut ini 35 manfaat SEO untuk  bisnis