9 Layanan Jasa Digital Marketing Agency untuk Bisnis Anda

Bagi anda yang berkecimpung di dunia bisnis dan usaha pasti sudah sedikit banyak tahu tentang apa itu digital marketing agency. Mereka adalah orang atau perusahaan pihak ketiga yang menawarkan bantuan jasa digital marketing untuk perusahaan anda.

Digital marketing agency mulai muncul pada tahun 2009 dan terus meningkat hingga sekarang dimana trend masyarakat sudah beralih ke media internet dan digital.

Banyak hal yang ditawarkan oleh digital agency dengan berbagai kelebihan yaitu lebih efektif dan efisien untuk membantu mengelola digital marketing bisnis anda.

Kelebihan utama adalah mempunyai team yang lengkap, kompeten, berpengalaman dan mempunyai data portofolio. Sistem kerja outsourch sesuai pesanan klien mungkin dirasa lebih efisien daripada harus mencari tenaga ahli yang kompeten sesuai kebutuhan yang membutuhkan cukup banyak waktu dan biaya.

9 Jasa Digital Marketing Agency untuk Perusahaan Anda

1. Pembuatan Website

Dari dulu sampai sekarang inti dari digital agency adalah membantu membuatkan website untuk bisnis, perusahaan, dan company profile.

Mengapa bukan membuatkan akun sosial media atau yang lainnya?

Semua perusahaan besar pasti mempunyai website sebagai akses digital yang utama, semua produk dan informasi digital bisa dimasukkan dalam website untuk diakses dimana saja.

Pembuatan mulai dari desain, menu, tampilan, dan isi website juga bebas bisa mengikuti keinginan pemilik bisnis dan perusahaan.

Begitu juga tujuannya, apakah sebagai company profile, landing page, dan online store. Website adalah media paling utama untuk menyalurkan informasi dan promosi dengan cepat kepada orang-orang tanpa batas jarak dan waktu.

Pembuatan website sangat kompleks di dalamnya, kami ibaratkan seperti merakit mobil, yang mana harus bisa terlihat bagus, nyaman digunakan, berjalan lancar dan juga cepat.

Juga berbagai macam tingkat kesulitan dalam membuat fitur website yang tidak semua programer dan web developer mampu membuat, karena itulah biasanya harga website itu bervariasi. Jika harganya terlalu murah bisa saja hanya sebuah blog dengan fitur yang minimal.

Umumnya digital agency juga melayani hingga maintenance jika ada suatu kendala yang dihadapi sebagai sebuah garansi, termasuk penambahan fitur tertentu dengan biaya tetentu. Ini persis ibarat garansi service mobil atau menambah modifikasi mobil.

2. Jasa SEO (Search Engine Optimization)

Mayoritas orang pemakai internet akan menggunakan search engine untuk mencari sesuatu, ada Google, Yahoo dan Bing. Cara agar website anda ditemukan harus menggunakan SEO.

Sayangnya pembuatan website umumnya tidak bisa menjamin SEO, atau website anda bisa muncul di pencarian mesin pencari. Bahkan web developer jarang yang mengerti dan mereka harus bekerjasama dengan orang ahli dalam SEO.

Ahli SEO akan merapikan website yang ada sesuai dengan aturan robot Google, bagaimana seharusnya agar diterima oleh “Google crawl” yang sering disebut on page SEO.

Selanjutnya adalah membuat formula dan meningkatkan nilai website. Tujuannya agar mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan website lain dengan tema bisnis yang sama.

Mesin pencari seperti Google akan melihat nilai website ini sebagai parameter memilih mana yang paling pantas masuk ke halaman pertama, kedua dst, termasuk urutan 1,2, atau 3 dst.

3. Membuat Email Perusahaan

Email khusus contohnya seperti email info@dhadigital.com dimana anda bisa punya email sendiri dengan nama domain website.

Ini biasanya sudah satu paket dengan pembuatan website. Jika anda membeli nama domain dan hosting tertentu memberikan akses sejumlah email khusus yang bisa digunakan.

Berapa banyak jumlah email yang bisa digunakan? tak terbatas karena bisa disesuaikan dengan paket yang anda beli dan budgetnya.

4. Content Management

Manajemen membuat konten yang terutama adalah website, yaitu bagaimana dengan content tersebut bisa menciptakan “trust” kepada konsumen.

Konten ibarat produk pada sebuah website yang bisa dikonsumsi, apa isi dan produk tersebut akan menciptakan persepsi pada audiens website anda.

Perancangan hingga sistribusi konten ini bertujuan:

  • Awareness agar orang tahu apa itu
  • Interest agar orang tertarik
  • Desire lalu menumbuhkan rasa ingin tahu, memiliki, atau membeli
  • Action melakukan kontak atau order

Kesalah kebanyakan orang yang belum mengerti Content Management mereka langsung fokus pada Desire dan Action, berharap ada orang yang ingin membeli dan melakukan order, tentu ini kurang tepat dalam segi membangun konten yang baik.

5. Pembuatan Aplikasi Mobile

Era mobile menjadikan aplikasi Android dan iOS semakin membantu aktifitas pengguna gadget dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu banyak perusahaan sudah harus mempunyai aplikasi smartphone khusus untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan.

Digital Agency punya team ahli dan pengalaman yang bisa membantu perusahaan anda membuatkan aplikasi sesuai permintaan dan kebutuhan.

Pada umumnya perusahaan yang harus mempunyai aplikasi adalah jika konsumen atau karyawan mereka membutuhkan akses yang mudah dan cepat, karena hampir semua orang sudah mempunyai smartphone yang bisa di instal aplikasi.

Membuat aplikasi ini penting jika: nasabah, konsumen, audience, atau karyawan akan berulang ulang kali dalam menggunakan, setidaknya seminggu sekali.

Menggunakan berulang kali ini adalah sebagai alasan mengapa mereka harus mendownload dan menginstal di smartphone mereka. Karena jika tidak maka aplikasi anda tidak ada orang yang mau menginstalnya, alias percuma.

6. Google Ads

Iklan yang paling populer di dunia saat ini, dimana terbukti paling mudah untuk menghasilkan traffic hingga penjualan.

Pay per click search adalah iklan yang muncul di halaman pencarian Google paling atas, dengan ditandai ad atau iklan, menyesuaikan bahasa browser yang digunakan.

Display ads yaitu banner yang muncul di berbagai website yang bekerjasama dengan Google Adsense. Anda bisa memasang iklan di website terkenal dengan menggunakan Google Ads.

Youtube ads, iklan yang muncul beberapa detik, ada yang bisa di skip ada yang terus berjalan 3-5 detik atau di samping kanan atau bawah putaran Youtube adalah iklan yang bisa disetting dengan Google Ads.

7. Facebook Ads

Sosial media paling ramai digunakan saat ini yang sangat berpotensi menjadi tempat beriklan para pelaku usaha. Anda bisa menggunakan jasa digital agency untuk membantu mengelola Google Ads.

Pemahaman Google ads cukup sulit, bahkan ketika sudah tahu detail teknisnya, harus mempunyai pengalaman bagaimana cara setting iklan yang terbaik.

Uniknya setiap jenis bisnis akan selalu berbeda dalam membuat strategi iklan Facebook Ads, makanya biasanya ada dana tester iklan dimana untuk mendapatkan data dan menemukan apa jenis iklan yang terbaik.

8. Instagram Ads

Mengelola Instagram Ads dari Facebook ads karena kedua media tersebut sama-sama milik Facebook. Tipe bisnis dan demografi market sangat menentukan dalam memilih Instagram Ads.

Digital agency selain bisa mengelola juga bisa memberikan saran bagaimana iklan terbaik di sosial media Instagram agar bisa menghasilkan impression, engagement, traffic hingga sales.

Pengalaman mengelola Instagram ads dari digital agency adalah nilai yang mahal yang mungkin sulit anda capai. Pasalnya tanpa pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola Fb dan IG Ads akan cukup sulit menghasilkan iklan yang terbaik.

9. Graphic Desainer

Anda pasti membutuhkan banner dan poster baik untuk dicetak, dipasang pada website, atau di posting di akun sosial media.

Banner dan poster adalah bagian dari pemasaran yang paling umum sudah kita kenal sejak dulu. Hingga jaman sekarang masih akan selalu dibutuhkan, bedanya sekarang dipajang pada website dan sosial media.

Pembuatan banner mulai dari warna, font, image dsb membutuhkan keahlian untuk memadukan hingga mendapatkan poster yang bagus sebagai media pemasaran.

Digital marketing agency sudah mempunyai desainer yang berpengalaman bertahun-tahun dan sangat sering membuat, sehingga mereka sudah punya feel atau insting bagaimana harus menciptakan banner dan poster yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

 

Ada sedikit perbedaan Digital Agency dan Digital Marketing Agency

Digital Agency fokus mengerjakan pesanan klien hingga selesai, baik tanpa aspek pemasaran dan juga bisa termasuk dengan pemasarannya.

Digital Marketing Agency lebih fokus bagaiamana membantu klien agar media digital yang dipesan bisa berdampak signifikan dalam hal meningkatkan pemasaran.