Strategi Digital Marketing untuk Pebinis Mulai Dari Awal

Strategi Digital Marketing

Kami akan membantu anda mendapatkan gambaran mengenai startegi digital marketing dengan penjelasan semudah mungkin, sebut saja perencanaan atau strategi disini kami anggap sama saja. Intinya adalah “bagaimana sih memulai Digital Marketing untuk meningkatkan penjualan

Jika anda adalah pemilik bisnis yang ingin meningkatkan pemasaran dan penjualan, maka content ini tepat untuk anda baca.

Kami ulang lagi “Meningkatkan Marketing” atau mendapatkan pemasaran yang lebih baik agar bisnis menjadi untung atau profitable. Pemasaran yang baik tentu menjadi salah satu faktor penting meningkatnya sebuah bisnis juga kedepannya.

Bahkan perusahaan-perusahaan besar juga pasti memperhatikan serius divisi marketing secara umum, sedangkan digital disini adalah media yang terbaik saat ini. Jika anda belum tahu media apa saja bisa membaca di apa itu digital marketing

Semoga anda sudah paham, maka mari kita lanjutkan pembahasannya

Mari Kita Mulai Merencanakan Strategi Digital Marketing dari Awal

 

1. Menganalisa Market

Market adalah konsumen atau customer yang akan menjadi pembeli dan menjadi pelanggan bisnis anda. Lalu  Apa yang di Analisa?

yaitu, Dari Media Digital Apa Market menemukan produk atau jasa yang anda tawarkan?

Apakah dari Google, Social Media, atau media digital lain, atau semuanya? Ini harus ditetapkan untuk memilih Platform yang paling tepat kedepannya

Biasanya klien sejak awal akan kami bantu untuk Menganalisa Market pada saat konsultasi, silahkan Contact kami jika ingin konsultasi gratis.


2. Memahami Media Digital Apa yang Paling Bisa Meyakinkan Konsumen

Kami tanya ke anda sendiri langsung:

Bayangkan anda sebagai konsumen calon pembeli produk anda sendiri.

Lalu bayangkan, Bagaimana anda bisa berminat membeli barang tersebut, kira-kira anda tertarik dari media online apa?

Apakah website, social media, atau marketplace. Sudah bisa menentukan ?

Dengan begini akan jelas apa media digital yang akan digunakan nantinya. Karena jika anda sendiri tidak tahu customer produk anda datang darimana maka akan sulit anda memahami dalam proses marketing.


3. Membuat Konten atau Halaman yang Menarik Minat

Ini biasa disebut landing page jika di sebuah website, atau konten marketing di postingan social media

Contoh:
Jika produk anda makanan, maka bisa menarik minat dengan menampilkan foto-foto semenarik mungkin, penawaran promo yang ditampilkan di social media.

Jika produk anda jasa, bisa menarik dengan landing page yang memberikan penjelasan dan solusi terbaik yang bisa anda tawarkan kepada konsumen.


4. Mendatangkan Traffic

Saat ini mendatangkan traffic pengunjung ke website maupun social media tidak ada cara yang lebih mudah selain menggunakan “Iklan” kita harus memakluminya.

SEM atau Search Engine Marketing yang paling mudah yaitu mengguanakan Google Ads dimana dengan sangat mudah bisa mendatangkan pengunjung ke website.

IG Ads yaitu beriklan di Instagram untuk mendapatkan jangkauan ke audiens yang sesuai dengan target market anda.

Namun kedua cara itu tentu harus dilakukan oleh ahli yang telah berpengalaman, karena tidak mudah untuk menghasilkan traffic yang menghasilkan konversi dari sebuah Iklan, tidak sedikit iklan selalu rugi karena tidak tahu strategi yang benar.


5. Testing dan Evaluasi Konten dan Iklan

Untuk mendapatkan hasil yang masksimal harus melakukan beberapa kali percobaan, perlu testing konten dan Iklan, mencari formula yang paling maksimal mendatangkan customer.

Kita tidak bisa benar-benar menilai sebuah konten itu bagus tanpa mengetes kepada audiens, termasuk dalam menjalankan strategi Iklan.

Lima strategi diatas adalah cara terbaik untuk memulai strategi digital marketing yang bisa anda terapkan. Selain itu anda juga harus menghitung dengan sangat soal budgeting digital marketing, jangan sampai boncos atau rugi.

Khususnya pada tahap testing, sudah ada perkiraan kapan akan ROI, silahkan dibaca di bagian: Menentukan ROI dari Hasil Digital Marketing