Website yang Baik Harus Memenuhi Kriteria Ini

Website yang baik akan berpeluang lebih baik untuk bisnis, ini bukan rahasia lagi sudah sangat umum digunakan. Dengan mempunyai website yang baik di era digital ini maka peluang menjangkau masyarakat atau konsumen akan lebih luas dan cepat.

Tujuan menggunakan website adalah sebagai alat atau media untuk memudahkan orang menemukan informasi tentang apa yang  kita tawarkan tanpa ada batasan jarak dan waktu, kapan saja dan dimana saja orang bisa melihat produk atau jasa yang ditampilkan pada website.

Namun tidak hanya sekedar mempunyai website, masih banyak pemilik website yang yang belum bisa menghasilkan apa-apa dari websitenya. Inilah kenapa website harus dikelola supaya bisa bekerja optimal untuk mencapai tujuan, dengan beberapa cara yaitu:

Berikut 5 Syarat Mempunyai Website yang Baik

1. Membuat Penampilan yang Baik

Banyak sekali pilihan dalam hal penampilan, tema penampilan website bisa sederhana hingga profesional. Penampilan yang baik sangat penting  dan sudah seharusnya diterapkan. Tujuannya adalah supaya bisa membuat orang nyaman saat berkunjung, kemudian menarik minat untuk membeli.

Dalam merancang penampilan yang bagus, membutuhkan keterampilan seorang web desainer. Seorang  web design mampu membuat website yang bagus sesuai isi dan terget konsumen. Kombinasi desain web antara warna, garis, navigasi dan termasuk kecepatan loading web saat dibuka di browser dan mobile.


2. Mempunyai Informasi yang Jelas

Ketika seorang user membuka website anda, kurang dari 5 detik si user sudah bisa memahami apa isi website tersebut. Ketika informasi yang disajikan jelas dan sesuai maka user akan betah dan terus menggali informasi sesuai apa yang dia cari.

Ketika sudah mendapatkan informasi lengkap dan menemukan apa yang ia butuhkan, maka kemungkinan besar dia akan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan, setelah tertarik dia selanjutnya ingin membeli. Inalah yang dimaksud “website untuk bisnis”


3. Mempunyai Loading yang Cepat 

Batas toleransi yang baik adalah 5-10 detik satu halaman bisa muncul penuh saat dibuka, sedangkan yang baik adalah 1-5 detik saja. Ini menggunakan batas standar kecepatan terendah koneksi internet 3G/4G di Indonesia adalah 100 Kbps.

Siapa cepat dia dapat, ini juga berlaku untuk persaingan “digital marketing” yang banyak pilihan dan banyak pesaing. Berdasar data, jika loading website melebihi 15 detik belum terbuka sempurna, 80% pengunjung terutama via mobile smartphone akan menutup dan mencari alternatif yang lain.

Membuat website yang bisa mempunyai loading super cepat adalah pekerjaan programer web developer.


4. Selalu Ditemukan oleh Customer

Bagaimana orang akan membeli jika dia tidak menemukan tokonya terlebih dahulu, itulah sederhananya kenapa website harus selalu ditemukan oleh customer. Terlebih bagi website untuk tujuan bisnis atau jualan, semakin sering ditemukan, semakin banyak yang berkunjung maka peluang terjadinya penjualan semakin tinggi.

Ada banyak cara supaya sebuah website selalu ditemukan, antara lain adalah dengan mengiklankan website dan memaksimalkan peran search engine optimization.


5. Usahakan Tidak Mengganggu Pengunjung

Contohnya adalah tampilan pop up, atau suara yang muncul tiba-tiba ini justru menutupi informasi di website, pastilah cukup mengganggu pembaca. Semua orang suka dengan kenyamanan dan risih dengan sesuatu yang dipaksakan, termasuk pop up iklan, penawaran dan sejenisnya.

Penawaran semacam itu boleh jika pada tayangan dekstop karena mudah di close dan tidak untuk mobile atau smartphone. Selain itu bisa diletakkan di atas, tengah, atau bawah content.

Lima hal supaya website yang baik bisa bekerja maksimal diatas pasti mudah dipahami, selanjutnya anda bisa mengusahakan sendiri atau dengan bantuan orang yang ahli di bidanganya seperti kami DHA Digital.