Tips Cerdas Menggunakan Akun Instagram untuk Melejitkan Bisnis

Instagram untuk Bisnis

Mari kita bersama-sama membahas salah satu media digital marketing, yaitu Instagram untuk meningkatkan bisnis. Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa saat ini Instagram menjadi media sosial yang paling digemari masyarakat dan paling banyak digunakan sebagai media menunjang bisnis.

Kita tentu sudah tahu alasan mengapa IG sangat populer digunakan para pelaku bisnis, mulai dari bisnis pemula hingga perusahaan besar sekelas Coca-Cola. Itulah sebabnya, anda harus segera mulai menggunakan Instagram untuk bisnis.

Faktanya masih banyak yang masih bingung bagaimana mulai membangun akun IG yang baik. Ada yang sudah mencoba tapi banyak juga yang sia-sia karena belum memahami caranya.

Wajib untuk memahami beberapa hal dasar seperti membuat content postingan, bio deskripsi, hingga cara iklan atau promosi.

 

Mamahami Konten akun Instagram

  • Gambar atau foto yang menunjukan produk yang anda jual dengan tampilan yang bagus dan bisa menarik perhatian
  • Video bisa menjadi konten yang lebih baik dan menarik. Dengan menggunakan video akun anda lebih hidup sehingga lebih disukai dan dipercaya audiens.
  • Text tulisan yang enak dibaca, informatif, edukatif, bermanfaat dan juga bisa emosional sehingga bisa menarik untuk mendapatkan interaksi baik followers maupun bukan.

Membuat Postingan Konten yang Bagus

Syarat agar Instagram bisnis anda disukai harus bisa menyajikan konten-konten yang bagus. Yaitu jenis-jenis konten yang disukai audiens atau pengguna Instagram.

Dengan postingan yang bagus dan menarik bisa mendapatkan engagement lebih tinggi seperti like, share, dan komentar. Semakin tinggi engagement maka akun IG anda semakin meningkat nilainya di algoritma Instagram

Akan lebih bagus lagi jika anda punya team atau bisa sendiri menciptakan foto-foto produk yang bagus dan terlihat menarik.

Semakin bagus konten yang anda posting di akun Instagram menandakan semakin berkualitas bisnis anda di mata netizen pengguna IG, sehingga otomatis meningkatkan nilai dan kepercayaan.

 

Mencontoh Akun Instgram yang Bisnisnya Sejenis

Anda bisa belajar dari akun Instragram yang sejenis dengan tipe atau jenis produk bisnis anda. Carilah yang followersnya banyak, konten nya bagus, dan interaksinya tinggi.

Follow akun tersebuat dan amati bagaiamana cara mereka update feed, insta storis, highligs, biodata dsb. Pelajari bagaiaman mereka memanage dengan baik dan cobalah terapkan di akun anda.

Namun jangan sekali-kali mencuri konten, jika ingin meregram cantumkanlah sumbernya.

Menggunakan Hastag yang Tepat

Standarnya jumlah penggunaan hastag dalam postingan Instagram adalah 3-15 hastag saja, jika kurang atau lebih akan kurang maksimal.

Gunakan hastag yang paling relevan dengan apa yang anda posting dan usahakan jangan memaksa memasukan hastag secara random sehingga terkesan tidak ada kaitannya.

Anda bisa melakukan riset di awal apa saja hastag yang tepat dan berkaitan dengan produk yang anda posting di akun Instagram, gunakan yang paling populer dan relevan dengan produk.

 

Repost atau Regram Postingan Akun Lain

Dengan merepost dan memberikan sumber yang memang berkaitan dengan isi content akan menambah aktivitas sosial akun IG anda.

Pasti akun yang anda regram jugFa suka, dan bisa memberikan like. Hal tersebut otomatis meningkatkan engagement secara natural dan lebih mudah.

Lebih bagus lagi jika bisa merepost postingan pengguna produk anda yang ngeshare di Ig mereka, namun hal ini terkadang masih belum dapat karena memang tidak ada yang memposting produk anda di Ig mereka.

 

Endorse atau Paid Promote

Sesekali cobalah untuk menggunakan endorse ke pemilik akun yang punya banyak followers diatas 100K. Endorse salah satu cara paling umum untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan menarik perhatian (kepo) akun anda.

Persiapkan matang-matang konten yang akan di endorse, jangan asal promosi yang justru membuat orang malas lihat.

Endorse memang mudah, namun menyiapkan konten yang bisa menarik perhatian itu butuh usaha lebih, karena jika tidak maka akan sia-sia biaya endorse yang anda keluarkan.

Endorse itu kepada pemilik akun “figure/orang/public figure” seperti akunnya Gisela, Ayu Tingting, Nisa Sabyan dsb,m sedangkan paid promote ke akun yang di kelola orang, misalnya akun @negeriakhirat

 

Menggunakan Tools Instagram Marketing

Dengan syarat anda sudah mulai konsisten bisa mengelola akun dan posting konten IG setiap hari, maka tools Instagram dari pihak ketiga akan lebih memudahkan anda.

Gunakan saja Tools buatan Indonesia yang akan lebih memudahkan anda, dengan kualitas mereka juga sudah sangat bagus seperti:

Virol, Gramcaster, Amelia dll

Banyak manfaat dan kelebihan yang anda dapatkan dengan dengan menggunakan tools Instagram marketing, salah satunya meningkatkan followers. Namun tidak ada jaminan followers anda naik drastis, kembali lagi apakah konten postingan anda disukai netizen.

 

Gunakan Instagram Ads

Tips terakhir yang kami sarankan adalah IG Ads, dimana pada tahap ini anda sudah mengenali konten seperti apa yang disukai, postingan seperti apa yang mendapatkan engagement tinggi.

Istilahnya sebelum berperang menggunakan dana besar di medan IG ads, anda sudah punya berbagai macam senjata yang siap anda gunakan.

Dari hasil iklan tersebut anda bisa mencari jenis iklan apa yang “winning ads” atau mendapatkan performa paling bagus, karena jika tidak Ads anda akan menjadi sia-sia.

IG Ads dikelola dengan Facebook Ads manager, dimana iklan Instagram dikelola melalui Fb Ads. Anda bisa membaca bagaimana cara membuat iklan berkualitas

 

Kesalahan yang Sering Dilakukan:

Ada beberapa hal kesalahan yang sering dilakukan saat memulai bahkan terus menerus dilakukan pemilik akun IG antara lain

  • Mencari followers dengan cara yang salah, sehingga melakukan hal-hal yang kurang tepat seperti membeli akun, menggunakan followers palsu dan sebagainya. Followers banyak memang salah satu tujuan utama, namun caranya harus tepat agar akun IG bsinis anda terbangun dengan baik dan berkualitas
  • Spam konten jualan yang tidak enak dilihat dan dibaca. Gambar dan kata-kata yang berisi penuh dengan kalimat penawaran yang berlebihan dengan gambar yang bisa dibilang lebay
  • Mencuri konten akun lain dengan memposting tanpa mencantumkan sumber pembuatnya siapa.
  • Posting feed semaunya, tiba-tiba sehari posting 10 feed dan di hari lain diam tidak ada postingan.  Bisa saja postingan semacam ini dianggap spam. Instagram suka dengan akun yang posting 1 atau 2 sehari namun konsisten.

Semoga anda bisa mulai membangun akun Instagram dari hal yang paling mudah dan sederhana namun bisa berkualitas untuk maju melejitkan bisnis anda kedepannya.