Tips Menghadapi Persaingan Jualan Online yang Semakin Berat

Persaingan jualan online semakin berat? yang laris makin laris, yang sepi semakin sepi, lalu bagaimana buat pemula yang ingin terjun ke dunia online, atau sudah masuk tapi terasa berat.

Kondisi ini adalah fakta banyak pengusaha jaman sekarang yang pasti merasakannya, solusinya jika ingin maju adalah bisa maju jugamengikuti perkembangan jaman.

Bahkan yang dulunya laris, banyak yang mengeluh semakin sepi karena minat pembeli sudah beralih ke online, lalu bagaimana cara mengahdapi kondisi ini?

Kebetulan kami sudah terjun di dunia online sejak tahun 2011 hingga sekarang, sehingga sedikit banyak tahu bagaimana kondisi jual beli online.

persaingan jualan online

#Tips Pertama, Tetapkan Pola Pikir Anda

Bahwa jumlah konsumen atau calon pembeli tidak berkurang, justru bertambah. Namun anda belum maksimal bagaimana menunjukan produk anda akan dibeli oleh konsumen.

Artinya peluang dari segi jumlah konsumen tidak berkurang justru bertambah, anda saja yang belum maksimal menggaet customer.

Tapi sekarang Persaingan semakin banyak juga ?

Tidak juga, data jumlah penambahan pengusaha tiap tahun masih lebih sedikit dari data jumlah konsumen yang bertambah, artinya peluang sangat banyak.

Bedanya mereka sudah memaksimalkan media online dan digital tetapi anda belum maksimal.

#Tips Kedua, Temukan jawaban

Mengapa konsumen membeli barang anda?

Dengan cara apa konsumen paling nyaman saat membeli?

Apa kelebihan produk anda dengan kompetitor lain?

Apa kelebihan yang bisa anda tawarkan kepada konsumen?

Dengan mengetahui hal-hal diatas anda sudah punya amunisi untuk bisa menggaet customer, sehingga benar-benar tahu siapa market yang tepat untuk modal utama menghadapi persaingan jualan online.

#Tips Ketiga, Tentukan Segmentasi Market Paling Tepat

Jangan maruk, jangan ingin semua orang bisa membeli produk anda, sekarang era big data dimana cara jual beli juga pakai data demografis.

Apa itu demografis? usia, gender, status, pekerjaan, pendidikan

Contoh
saya menjual beras, maka segmentasi market yang bagus menurut saya adalah penjual makanan, pemilik warteg, masakan padang, pemilik restoran karena mereka akan membeli beras lebih banyak dan mencari harga terbaik dan kualitas beras bagus

Persaingan jelas, banyak sekali dimana-mana orang butuh beras, namun jika saya bisa segmentasi maka sudah jelas saya paham

Beras apa yang dibutuhkan pemilik warget, atau pemilik restoran, pasti ada perbedaan dan mereka bisa jadi pembeli setia atau pelanggan dalam waktu lama.

Masih Kurang Yakin?

Contoh lagi: Jualan Hijab

Saya akan memilih segmentasi mahasiswi, saya bisa menebak berapa anggaran mereka untuk membeli hijab, model apa yang kira-kira disukai, dan mungkin artis siapa yang jadi idola para mahasiswi.

Saya akan lebih mamahami apa yang diinginkan mahasiswi saat membeli hijab, bukan apa kelebihan hijab yang saya jual.

Jika saya menarget semua wanita muslimah, maka akan lebih sulit mendata demografi mereka, berapa budget yang pas, dan apa yang mereka suka.

Sekian, semoga bisa membantu, untuk mendapatkan informasi Digital Marketing yang bermanfaat silahkan follow instagram @dhadigital

Baca Juga: Jangan Bisnis Online, Tapi Onlinekan Bisnis Anda