Tools SEO Gratis yang Bisa Anda Gunakan dengan Mudah

tools seo gratisSEO atau search engine optimization adalah cara yang paling sering dilakukan kepada website agar url atau landing page yang bisa muncul saat di cari di mesin pencari seperti Google, dengan kata kunci yang ditargetkan.

Dalam penerapan SEO, ada berbagai macam alat atau tools SEO yang digunakan untuk membantu optimasi website. Kami akan membagikan informasi beberapa tools SEO gratis yang bisa anda gunakan dengan mudah

Dengan syarat anda sudah punya website, sehingga selanjutnya dengan sangat mudah bisa menggunakan tools berikut ini untuk mengecek dan membantu anda mengimprove atau optimasi website yang lebih baik lagi

A. Tools SEO wajib dari Google

Google Mobile Friendly
Pertama kali yang harus diutamakan adalah website sudah mobile friendly, yaitu penampilan web sudah bisa menyesuaikan secara otomatis dengan mobile atau smartphone para pengguna. Seringkali device ukuran layar berbeda-beda, nah dengan mobile friendly akan dengan mudah menyesuaikan.

Sebagus, sekeren apapun website jika belum mobile friendly maka akan sulit dioptimasi muncil di halaman pertama Google. Bahkan bisa dibilang website yang tidak layak

Pagespeed Insight
Tes kecepatan website anda di tools yang disediakan Google ini yang akan muncul dua nilai, yaitu kecepatan di dekstop dan kecepatan di mobile. Tingkat kecepatan website akan sangat mempengaruhi nilai halaman web di mata serach engine.

Syarat paling standar yang telah kami uji coba:

Minimal 60 untuk tampilan dekstop
Minimal 30 untuk tampilan mobile

Jika anda belum mencapainya sudah seharusnya mengoptimasi lagi, silahkan cari di Google “cara mempercepat loading website”

Google Search Console
Atau webmaster tools, tempat mendaftarkan gratis ke Google website anda. Dengan anda daftarkan di Search Console artinya website anda sudah terdaftar di Google

Anda akan dipantau oleh robot Google crawl, sehingga lebih cepat indek, mengecek kesalahan url, posisi kata kunci, jumlah kata kunci yang muncul di Google dengan sangat mudah.

Di search console bisa mengecek url, bisa menghapus url dari indek, bisa mengecek backlink, intinya ini memang tools SEO gratis langsung dari Google.

B. Tools SEO Gratis untuk Membantu Optimasi

Ubbersugest
Salah satu tools favorit kami untuk riset kata kunci yang paling tepat, banyak dicari orang, keyword turunan dan tingkat kompetisi.

Neil Patel adalah salah satu Digital Marketer profesional yang bermula dari SEO sejak tahun 2000. Dia sangat banyak memberikan materi gratis soal SEO dan Digital Marketing. Terakhir dia meluncurkan tools SEO gratis yang sangat berguna dan mudah digunakan.

Woorank
Silahkan masukan url website dan cek bagaimana kualitas halaman website anda, apalah sudah centang hijau semua atau masih banyak peringatan atau ada yang error.

Woorank adalah tools SEO yang digunakan untuk mengecek kualitas SEO onpage atau halaman website. Selain memberikan report juga memberikan saran dengan cara anda klik icon tanda tanya di samping kanan.

Free trial hanya bisa dipakai 1 kali url website, jika anda login bisa 2-3 kali sehari, bagi anda yang hanya punya 1 website tentu saja sudah sangat cukup.

Serprobot
Tools SEo gratis yang sangat memudahkan mengecek kata kunci. Disediakan 5-10 kotak kata kunci yang berbeda-beda dan bisa anda cek posisi di nomer berapa di halaman Google.

Kami sering menggunakan ini untuk mengecek beberapa kata kunci optimasi, karena cara menggunakannya sangat simple dan mudah. Karena jika mengecek langsung dari pencarian Google bisa kurang cocok karena cookies kita sudah pernah membuka website tersebut.

Majestic SEO
Anda harus membuat anchor link yang paling relevan dengan kata kunci yang anda optimasi, misalnya Jasa SEO , dengan majestic bisa mengecek seberapa tingkat anchor text atau text link yang telah dibuat.

Kesalahan pemilik website yang kurang paham dengan SEO sering sekali membuat link dengan kata yang bukan kata kunci seperti (klik disini).

Bedakan anchor text dengan call to action (CTA), jika CTA anda bisa memberi tanda seperti Call Us, Klik di Sini, Order Now dll

Kesimpulan:
Hal-hal paling utama dalam SEO adalah

  1. Riset kata kunci
  2. Website mobile friendly
  3. Kecepatan loading website
  4. SEO on Page, seperti Meta dan Tag Heading
  5. Anchor text

Baca juga; 12 Langkah Panduan SEO A sampai Z