Buka Rahasia Cara FYP di Tiktok Harus Terapkan Ini

cara fyo tiktok

Dhadigital.com - Salah satu media sosial yang mulai banyak digunakan pebisnis saat ini adalah Tiktok. Sejak mulai tahun 2021 sampai sekarang Tiktok terus mengalami perkembangan pengguna yang semakin banyak. Apalagi ada peluang untuk menghasilkan uang dari gift, afiliasi dan jualan dengan Tiktok Shop.

Tiktok mempunyai sistem yang berbeda dengan akun sosial media lain yang disebut FYP (For Your Page) yaitu sistem saat orang membuka dan scroling akun Tiktok yang muncul adalah konten-konten di bagian For You atau (Untuk Kamu) dari akun random yang tidak kita ikuti.

Jadi yang dimaksud FYP adalah konten kita bisa muncul di menu For You banyak orang sehingga views bisa banyak dan mendapatkan likes, komentar dan share.

Promosi di Instagram Vs Tiktok Pilih Mana Ini Jawabannya

Bagaimana Cara Kerja  FYP Tiktok?

Pada dasarnya Tiktok ingin audiens atau para pengguna Tiktok mereka betah berlama-lama menonton video, menonton live, membeli koin, hingga belanja.

Konten yang disukai audiens maka akan masuk algoritma dan menjadi FYP. 

Jadi sebenarnya dengan memahami bahwa Tiktok suka dengan konten yang disukai pemirsa, maka sebagai creator tugasnya membuat konten yang disukai ini.

Ciri-ciri konten yang disukai audiens

  • Ditonton sampai selesai
  • Dikepoin, penonton video yang belum follow sampai penasaran melihat profil
  • Follow akun karena dinilai bagus sesuai dengan minat penonton
Komentar, likes dan share mungkin sudah bukan menjadi salah satu algoritma FYP karena banyaknya akun yang me menipulasi

Hindari memanipulasi Algoritma
  • FLKS yaitu fenomena mengajak saling follow, likes, komen dan share ini adalah salah satu trend memanipulasi algoritma yang tidak tepat dilakukan
  • Tanda pesawat ini adalah ikon untuk membagikan video, karena jika sebuah video di share maka dinilai bagus. Meminta klik tanda pesawat adalah kegiatan manipulasi untuk meningkatkan klik ikon share

Langkah -langkah agar video Tiktok FYP

1. Menentukan demografi penonton

Sebelum mulai membuat video kamu harus bisa memilih siapa calon penonton anda nanti. Ini adalah salah satu rahasia para konten kreator sukses. Mereka sudah tahu siapa saja calon penonton videonya.

Demografi adalah (gender, usia, pekerjaan, status)

Jangan campur adukan, video yang disukai anak-anak tiba-tiba membuat video yang disukai usia dewasa.

Sebagai contoh artis yang aktif di Tiktok, mereka tahu demografi penontonnya adalah orang-orang berusia 20-40 an yang butuh hiburan. Karena pada dasarnya artis adalah entertainer atau penghibur

Jadi mereka sering uploud video yang menghibur, trending, viral dsb. Memang konten hiburan ini jumlah pemirsanya jauh lebih banyak.

Bagaimana jika kamu membuat konten hiburan?

Kamu bukan orang terkenal, maka harus bisa membuat konten yang sangat menarik, menghibur dan lucu. Mereka yang sukses di tema hiburan pasti punya tim konten.

Tentu ini lebih sulit bagi pemula yang bukan orang terkenal, apalagi tidak mempunyai bakat kreatifitas.

2. Menentukan niche

Memilih niche artinya adalah membuat tema yang spesifik. Jika anda sudah menentukan siapa calon penonton maka selanjutnya mencari niche.

Niche adalah sebuah tema spesifik yang diminati oleh orang-orang tertentu, setiap orang berbeda-beda minat. Algoritma selalu membaca dan ingin menyesuaikan FYP di akun orang sesuai minat mereka.

Jika seseorang suka nonton VT (video Tiktok) lagu-lagu sampai selesai, maka akan sering muncul vt lagu. Jika suka nonton drama pendek maka akan sering muncul drama pendek, atau yang suka dengan info sepak bola maka akan sering muncul sepak bola.

Apa yang sering muncul di akun Tiktok si A, akan berbeda dengan akun Tiktok si B karena mereka berbeda minat. 

Misalnya nih banyak kan muncul konten kreator Tiktok yang banyak views dan followers dengan tema "cara FYP" atau tema resep masak, tema otomotif, dll.

3. Kretif harus bisa membuat hook

Hook itu bahasa mudahnya adalah pancingan agar penonton mau menonton video sampai selesai. 

Pancingan ini ada di 3-5 detik pertama, Jika dalam 3 detik sudah di skip maka dipastikan vt nya tidak menarik. Tiktok akan menyebarkan ke beberapa orang yang berbeda dalam waktu yang tidak kita ketahui.

Belum tentu tidak menarik di orang A, mungkin saja menarik bagi B, C. Jadi tenang saja, ketika uploud ada waktu-waktu yang tidak bisa kita ketahui kapan disebarkan oleh Tiktok.

Tapi yang pasti tanda sukses FYP atau tidak terletak pada Hook.


4. Gunakan lagu atau sound trending

Cukup gunakan sound yang trending itu dan tetap membuat VT yang masih sesuai dengan niche. Jangan sampai keluar jalur ikut-ikutan trend viral. 

Kecuali jika memang niche kamu hiburan, karena umumnya trending viral adalah jenis konten hiburan.

Misalnya jika kamu memilih niche tentang kucing atau tentang kegiatan sekolah, sangat bagus jika video tentang kucing atau kegiatan sekolah kamu sesuaikan dengan apa yang sedang trend.

5. Posting sampai 60 video selama 30-60 hari

Artinya kamu bisa mencoba konsisten sehari 1 atau 2 vt, dan usahakan sampai 60. Ini bukan sekedar untuk memperbanyak tapi untuk meningkatkan kualitas.

Konsisten membuat vt satu niche ini juga membantu membuat algoritma mengenal apa niche akun Tiktok kamu.

Tujuan membuat 60 vt bukan sekedar uploud konsisten, tetapi lebih digunakan untuk eksperimen, yaitu evaluasi, perbaiki. Jadi tidak sama terus dari berbagai aspek.

6. Eksperimen konten VT

Tujuan rutin sampai membuat 60 video tadi selain agar algoritma mengenal niche akun kamu juga untuk evaluasi dan memperbaiki konten.

Jika memang berniat menjadi konten kreator, kamu tidak bisa hanya membuat video seadanya, sama terus setiap hari, hanya modal konsisten tanpa perbaikan maka akan jadi blunder ga akan berhasil.

Eksperimen menggunakan efek, menggunakan sound, editing video, pemilihan judul dan konsep.

7. Hindari sekedar yang penting uploud

Ini yang paling sering dilakukan oleh pemula yang mulai aktif di Tiktok, mereka banyak yang sekedar yang penting uploud apa yang bisa dibuat konten.

Ada sih yang FYP tapi itu sekedar keberuntungan yang mungkin hanya 1 atau 2 video yang ramai dan VT yang lain view nya sedikit dan akun tidak bisa berkembang.

Bayangkan bukankah model pengguna yang uploud random ini justru membuat Tiktok terbebani file yang tidak jelas. 

Menentukan niche dan konsep ini penting jika ingin cara bisa FYP di Tiktok

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال