Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Reseller Hati-Hati Sebelum Ikut

bisnis reseller

Dhadigital.com - Kita mungkin sering melihat banyak penawaran menarik tentang peluang bisnis reseller yang menawarkan sumber pendapatan  dengan menjual produk. Jika kamu belum tahu bagaimana itu bisnis reseller sebaiknya pahami dulu.

Bisnis reseller adalah usaha membeli produk dalam jumlah tertentu dengan ketentuan minimal order untuk mendapatkan harga khusus atau harga grosir, kemudian produk tersebut dijual lagi dengan harga konsumen. Keuntungan yang diperoleh adalah selisih dari harga jual.

Produsen (Supplier) -> Reseller -> Konsumen (pembeli)

Biasanya produk reseller sudah dirancang mulia dari merek, kualitas produk, kelebihan, hingga strategi pemasaran yang sudah teruji laku di masyarakat.

Apakah Bisnis Reseller Menguntungkan?

Belum tentu, semua kembali lagi kepada kamu bisa menjual semua produk apa tidak. Jika kamu pandai dan bisa laris manis menjual produk tersebuta, maka jelas menguntungkan.

Tapi sebaliknya, jika terkendala sulit menjual maka akan rugi. Karena kamu sudah membeli produknya tetapi tidak bisa menjual dan tidak mendapatkan keuntungan, artinya malah rugi.

Kelebihan Ikut Bisnis Reseller

Produknya unik, biasanya belum banyak dijual secara umum di toko. Kamu bisa mencari produk-produk yang unik membeikan solusi, sehingga peluang untuk memasarkan masih tinggi.  

Produsen sistem reseller mereka rata-rata merupakan pengusaha menengah yang belum skala pabrik nasional yang masih belum punya agen distribusi retail sehingga mereka membuka peluang reseller untuk memperluas jaringan pemasaran.

Tidak banyak pesaing ketika kamu menjual secara langsung, menjadi yang pertama join reseller produk tersebut. Karena memang tidak banyak orang mampu membayar biaya minimal, dan gak yakin apakah produknya laku.

Produknya sudah teruji laku di pasaran jika sudah bertahan bertahun-tahun dan cukup banyak yang menjual artinya produk tersebut laku.

Daripada memulai usaha membuat produk baru yang belum teruji lebih baik mencoba dulu menjual produk reseller. Bisa dimulai dari modal yang kecil, karena pada dasarnya semua bisnis itu tentang bisa tidaknya kita jualan.

Modalnya relatif murah jika dibandingkan dengan usaha membuat produk sendiri. Banyak biaya jika membuat produk sendiri yang belum tentu produk tersebut laku. Sedangkan dengan reseller kamu tinggal fokus menjual saja.

Banyak sekali pilihan mulai dari modal ratusan ribu hingga 1 jutaan saja untuk mendapatkan produk harga khusus yang murah untuk dijual lagi.

Kekurangan Bisnis Reseller

Persaingan online tinggi, bahkan tak jarang banting harga di marketplace karena semua penjual online membuka toko online nya di marketplace. Jadi jika kamu berniat jualan online lebih baik pikirkan lagi, dan cek bagaimana persaingannya apakah masih normal.

Iklan yang menipu, seringkali banyak orang awam tergiur dengan iming-iming mendapatkan keuntungan dalam jumlah sekian. Memang benar perhitungan yang ditunjukkan, jika dalam sehari bisa terjual sekian produk maka akan untung sekian.

Tapi kenyataan di lapangan untuk menjual tidak semudah itu, banyak orang gabung mengeluarkan uang dengan harapan bisa untung tapi malah buntung.


Hanya untuk orang yang bisa jualan, adalah syarat sukses bisnis reseller. Karena mau sebagus apapun produknya jika ditangan orang yang tidak bisa jualan maka akan gagal.

Tidak semua orang pandai jualan, banyak yang ingin keuntungan instan. Bahkan untuk jualan saja kadang tidak berani. Membuka toko di marketplace atau jualan di sosial media tidak semudah yang dibayangkan.

Produk bayangan, juga banyak sekali bermunculan orang hanya mendesain produk yang menarik kemudian mempromosikan sebagai "peluang bisnis"

Pemilik reseller memang tujuannya mendapat penghasilan dari "jual peluang bisnis" daripada menjual produknya. Karena banyak orang yang mudah tertipu dengan iming-iming peluang bisnis, potensi penghasilan dan lain sebagainya.

Ketika sudah membeli produk reseller tersebut ternyata tidak ada orang yang mau membeli. Bahkan kamu pun juga tidak suka dengan produknya.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال