5 Cara Promosi Usaha Jasa Gratis dengan Media Online

promosi jasa online gratis

Dhadigital.com - Bagi anda yang mempunyai bisnis usaha di bidang jasa, ada kabar baik anda bisa mencoba memasarkan jasa anda secara gratis melalui beberapa media online berikut ini. 

Ada banyak bisnis jasa yang mungkin selama ini anda tekuni secara offline seperti mangkal di bengkel atau hanya dari mulut ke mulut.

Bidang jasa biasanya tidak setiap orang bisa melakukan, dan tidak setiap saat orang membutuhkan. Karena itu jika ada orang yang membutuhkan mereka akan mencari di media online berikut ini.

Apa saja bidang jasa yang bisa dipasarkan gratis?

1. Service panggilan
Sekarang semakin langka kita menemukan jasa service di lingkungan sekitar kalo tidak di kota. Bahkan di kota sekarang jua semakin jarang menemukan, cara paling mudah orang ketika membutuhkan mereka akan Googling.

Semua jenis service yang bisa dipanggil ke rumah, seperti service mobil, AC, barang elektronik, mesin cuci, kipas angin, laptop, water heater dan lain sebagainya.

2. Tukang listrik
Orang jaman sekarang semakin banyak yang gak bisa membenahi listrik, urusan kabel, lampu, saklar karena takut. Tukang listrik terdekat banyak sekali dicari ketika orang butuh, dan pasti akan ada saja orang membutuhkan.

3. Perbaikan rumah
Peluang besar bagi mantan tukang bangunan yang ingin menambah penghasilan sehari-hari dengan melayani panggilan di sekitar rumah. Banyak sekali masalah rumah yang tidak bisa diperbaiki oleh setiap orang seperti memperbaiki genteng bocor, talang bocor, membenahi saluran air dan lain sebagainya.

4. Jasa pindah barang
Mungkin di kota-kota besar sudah ada banyak jasa pindahan seperti Jakarta dan Jogja. Tapi belum ada di daerah kota kecil. Ini bisa jadi peluang bagi yang mempunyai mobil pick up untuk membuka penawaran jasa pindah barang.

5. Sewa gaun dan makeup pernikahan
Ini juga sangat cocok menggunakan promosi di media online meskipun saat ini masih banyak yang memasarkan secara langsung. Jika bisnis makeup pengantin ini bisa mendapatkan banyak ulasan positif di Google My Business akan meningkatkan kepercayaan dan pelanggan baru yang memesan.

Masih banyak lagi hampir semua jasa bisa menggunakan promosi pemasaran gratis dengan media online di bawah ini.

Lainnya:
tukang kebun, tukang cat, dokter hewan, kursus privat, pelatih renang, jasa setir mobil, sewa sopir pribadi, antar jemput, dekorasi pernikahan, jasa masak panggilan, catering dll

Media Promosi Online Gratis untuk Usaha Jasa

1. Google My Business

Silahkan daftar dan melengkapi akun tentang usaha jasa anda selengkap mungkin. Dengan nama usaha anda saat ini.

Langkah cepat membuat akun Google My Business

  • Buat akun tepat di lokasi usaha anda, aktifkan lokasi pada hp atau laptop
  • Gunakan email Google yang biasa digunakan di hp
  • Gunakan nomer hp aktif untuk melakukan verifikasi
  • Lengkapi 3-5 foto pendukung sesuai dengan usaha anda
  • Tunggu sampai aktif kemudian ajak keluarga atau teman untuk berkunjung ke titik lokasi usaha dan meminta memberi review langsung melalui Google
Tips memberi nama Google My Bisnis 

( Kata Kunci + Nama Usaha) misalnya Service Elektronik Kurnia Jaya

Pastikan alamat, nama akun pemilik, nomer hp sesuai dengan alamat lokasi bisnis anda, kemudian verifikasi dengan nomer telepon

Contoh usaha akan muncul di Google maps saat dicari orang di lokasi terdekat

contoh google my business

2. Promosi di Grup Facebook

Cari grup jual beli/jasa lokal daerah anda misalnya tingkat kecamatan atau kabupaten yang banyak anggotanya aktif. Pastikan kamu gabung dan ikuti aturan grup, agar postingan tidak dihapus.

contoh grup facebook
Contoh grup Fecebook info jual beli lokal

Tips posting di grup Facebook tidak tenggelam

  • Setelah posting jangan lupa share ke publik atau beranda
  • Share ke teman dekat dan minta dia untuk like dan komen
Masalah paling sering susah share di grup kalau gak dihapus admin, ya tenggelam karena sepi like, share dan komentar. Semakin banyak komentar postingan semakin naik.

3. Rajin buat konten video usaha jasa di Tiktok

Membuat video di Tiktok sangat mudah, anda tidak perlu banyak mengedit atau harus ahli membuat video. Lakukan semaksimal yang anda bisa, akan bagus jika bisa sehari sekali atau jika tidak memungkinkan cukup seminggu sekali.

Contoh mencari jasa service hp di Tiktok

jasa service hp tiktok

  • Caranya cukup buat video 1 menit aktifitas jasa usaha yang sedang anda kerjakan
  • Beri text di video dengan kata kunci usaha misalnya (terima jasa buat pagar)
  • Isi keterangan deskripsi video (nama jasa + lokasi) kemudian lengkapi nomet Hp yang bisa dihubungi
  • Beri tag sesuai kata kunci misalnya #servicehpsolo #tukanglistriksolo 

4. Promosi dengan video di Youtube

Caranya hampir sama dengan Tiktok, tapi bedanya ukuran videonya di Youtube kebalikannya. Jika video di Tiktok terlihat tegak vertikal maka video Youtube dibuat lebar horizontal.

Kamu bisa langsung uploud video hasil rekaman langsung aktifitas usaha jasa, kemudian uploud dan beri judul (nama jasa + lokasi) 

Di bagian deskripsi bisa menambahkan banyak keterangan seperti lokasi alamat usaha dan juga nomer hp yang bisa dikunjungi.

Rajin update minimal sebulan sekali, karena biasanya orang akan lebih percaya dengan akun yang update terbaru.

5. Status WhatsApp dengan poster

Jangan lupa ingatkan kenalan kontak di hp anda agar mereka ingat kalau anda menjual jasa. Caranya sangat mudah dan sederhana.

Buat poster yang menarik dengan memberi foto dan keterangan jasa yang anda tawarkan. Ukuran poster bisa persegi atau menyesuaikan ukuran status wa yaitu 1080 x 1920.

Posting setiap 2 atau 3 hari sekali saja agar teman wa tidak bosan melihat kamu promosi terus.


6. Pasang promosi gratis di DHA Digital

Selain sebagai media belajar digital marketing, DHA Digital juga memberi kesempatan bagi semua pemilik bisnis untuk kerjasama promosi gratis. Bisa anda lihat di halaman Partnership

Membuat posting artikel penawaran jasa yang memungkinkan untuk ditemukan oleh orang. Sebagai contoh adalah 

Jasa Desain Interior Terpercaya dan Amanah di Jakarta

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال