Panduan Membuat Meta Tag untuk Optimasi SEO yang Optimal

Meta Tag SEO

Dhadigital.com - Membuat meta tag adalah bagian paling dasar dan mudah dilakukan dalam optimasi SEO, tetapi banyak pemula yang belum tahu bagaimana cara membuat meta tag SEO yang optimal. Yaitu membuat Tittle dan deskripsi yang muncul di halaman pencarian seperti ini.

meta tag jasa seo

Pelaku SEO jaman dulu sudah menerapkan meta tag yang bertujuan untuk memasukkan banyak kata kunci sekaligus dengan tujuan bisa dengan mudah muncul di pencarian Google dengan kata kunci tersebut.

Hal tersebut sudah tidak relevan diterapkan jaman sekarang, ada hal-hal yang lebih baik untuk membuat tittle dan deskripsi yang disukai robot Google dan User.

John Mueller,  Search Relations Google menyampaikan yang intinya

"Meta deskripsi adalah cara yang baik untuk menarik perhatian pengguna di mesin pencari. Apa gunanya peringkat paling atas jika pengguna tidak tertarik.

meta des seo

5 Aturan Membuat Meta Title dan Deskripsi

1. Menempatkan keyword/kata kunci

Dalam menerapkan SEO dari awal sebelum membuat konten baik landing page halaman, atau posting artikel harus sudah menyiapkan konten tersebut untuk keyword apa. 

Karena itu dalam belajar SEO, belajar riset keyword lebih didahulukan sebelum membuat konten artikel. Banyak orang bisa membuat artikel yang bagus tetapi tidak tahu cara menerapkan kata kunci apa yang banyak dicari. 

Masukkan cukup 1 masing masing pada meta tittle dan satu di meta deskripsi.

2. Aturan pengulangan kata

Sangat ditekankan tidak mengulang lebih dari satu kata pada judul atau title.

Boleh mengulang kata pada deskripsi jika memang itu menjadikan lebih baik dan enak dibaca. Jika tidak menjadikan lebih enak dibaca sebaiknya hindari pengulangan kata.

3. Jumlah karakter meta title dan deskripsi

Jumlah karakter adalah semua huruf dan spasi yang memungkinkan bisa muncul di mesin pencari mempunyai batasan jumlah.

Tittle yang terbaik minimal 55 - maksimal 65 karakter

Deskripsi yang terbaik minimal 120 maksimal 150 karakter.

4. Menerapkan search intent keyword

Search intent adalah apa tujuan seseorang ketika mencari sesuatu dengan kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google. Ada 4 jenis search intent keyword yaitu, informasi, navigasi, komersial, transaksional

Informasi, orang menulis kata kunci tersebut dengan tujuan mencari informasi

Navigasi, orang mencari sesuatu di mesin pencari untuk mendapatkan petunjuk untuk mengunjungi suatu website yang tidak tahu nama domain. Misalnya mencari PT Contoh Saja.

Komersial, orang ingin mencari jasa atau produk yang saat ini sedang di butuhkan. Misalnya mencari tahu jasa SEO bergaransi.

Transaksional, orang punya tujuan ingin belanja secara online dengan mencari produk tertentu di mesin pencari.

Menerapkan search intent, agar tepat sesuai dengan apa tujuan user mencari dengan keyword tersebut. Jika dia sedang mencari produk maka masukkan kata-kata menarik yang biasanya dicari seperti harga, original, dan diskon.

5. Membuat kata yang menarik untuk di klik

Data dari Google Search Console 5-10% saja yang klik kata kunci yang ada di peringkat 1 hingga 3 Google. Artinya jika ada 100 orang yang mencari akan ada 5-10 orang saja yang klik dan masuk ke halaman web.

CTR ( Click Through Rate ) adalah rasio perbandingan jumlah klik dibandingkan dengan jumlah halaman yang muncul di mesin pencari.

Ini juga menjadi salah satu penentuan ranking kata kunci yang awalnya ada di posisi bawah nomer 5-10 jika banyak klik bisa naik menjadi posisi 1 - 3.

Salah satu caranya membuat kata-kata yang menarik untuk di klik user yang mencari kata kunci tersebut.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال