12 Manfaat SEO untuk Kemajuan Bisnis Anda

SEO untuk Bisnis

SEO ( Search Engine Optimization) adalah kegiatan optimasi website yang dilakukan mulai dari membuat website berkualitas, memberi konten yang bermanfaat kepada pembaca, dan membuat struktur website yang baik sesuai kriteria bisnis.

Beberapa usaha dengan menciptakan konten, riset kata kunci yang sesuai dengan bisnis hingga proses website dari berbagai macam kata kunci agar bisa muncul di halaman pertama pencarian Google. 

Ketika website muncul ada di halaman pertama dan kata kunci tepat di cari orang karena hasil optimasi SEO maka akan mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis.

Manfaat SEO terhadap Kemajuan Bisnis Anda

1. Meningkatkan Kualitas Website

Langkah optimasi yang paling pertama adalah memperhatikan kualitas website yang memenuhi standar bagus dari Google seperti loading speed, mobile friendly, dan user friendly.

Artinya website akan lebih mudah diakses oleh orang lain, dari segi kecepatan, tampilan dan akses.

Meningkatkan kecepatan website, salah satu syarat optimasi adalah website mempunyai kecepatan standar hingga cepat, karena itu jika melakukan SEO mau tidak mau harus memperhatikan kecepatan loading website

Membuat website anda selalu up to date, semakin up to date content dan struktur pembaruan web maka ranking akan bertahan lama, pun sebaliknya jika jarang di update maka akan perlahan turun karena ada kompetitor yang lebih update.

2. Web Bisnis Anda Bisa Ditemukan

Lebih mungkun untuk ditemukan di halaman pencarian Google. Dengan SEO orang yang mencari produk atau jasa anda bisa setiap saat akan menemukan informasi penawaran dari website anda yang muncul ketika dicari.

Sehingga bisa meningkatkan penjualan, semakin banyak pengunjung sesuai kata kunci yang masuk ke website akan semakin meningkatkan kemungkinan terjadi penjualan.

3. Mendapatkan Trafik Pengunjung

Website mendapatkan pengunjung, orang yang mencari sesuatu dis search engine kemudian masuk website, mereka tidak masuk karena kebetulan atau iseng, melainkan benar-benar menginginkan sesuatu yang mereka cari.

Kunjungan dari SEO selalu bisa menjadi konversi, konversi antara lain adalah sebuah tindakan berharga dari pengunjung web seperti contact order, mendaftarkan formulir, mengirimkan email dsb yang sesuai dengan tujuan halaman yang dioptimasi.

4. Bisa Selalu Muncul Sesuai Kata Kunci

Ketika sudah di halaman pertama tidak ada batasan waktu untuk kata kunci yang SEO nya sudah bagus di halaman pertama, 24 jam selama 7 hari akan selalu muncul.

Sehingga akan ada peluang baru muncul dari orang-orang baru yang mencari sesuatu di search engine. Jika kata kunci anda selalu ditemukan oleh setiap pencari baru.

Memberi kesempatan selalu mendapatkan pelanggan baru, pelanggan baru adalah mereka yang sebelumnya belum kenal dengan bisnis anda tetapi menjadi tahu karena bisa menemukan di Google.

5. SEO bisa Menghemat Biaya Iklan

Jika sudah mempunyai kata kunci di top ranking akan selalu ada propek calon customer, sehingga bisa menghemat biaya iklan untuk menarik calon customer yang masuk

Banyak perusahaan yang penjualan setiap bulan bisa tercapai target penjualan karena halaman websitenya banyak ditemukan oleh calon pembeli.

6. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Ketika masih banyak orang yang masih ragu-ragu dengan suatu produk atau jasa, mereka mencari informasi melalui Google, jika informasinya bagus dan ditemukan, dengan mudah akan membangun kepercayaan mereka.

Memberi kesempatan pebisnis kecil dari bayangan perusahaan besar, kecenderungan orang untuk mencari sendiri dan teliti mereka lebih suka menggunakan Google meskipun sudah ada brand perusahaan besar. Jika bisnis anda di halaman pertama, itu peluang mendapatkan konsumen.

7. Dapat Meningkatkan Branding

Manfaat SEO untuk bisnis juga dapat meningkatkan awareness merek, bahkan sampai perusahaan besar selalu menggunakan SEO untuk launcing produknya agar review baiknya banyak ditemukan ketika dicari di Google.

SEO adalah investasi jangka panjang, optimasi kata kunci setidaknya 3 bulan hingga 1 tahun dan posisi rangking yang didapatkan akan bertahan lama.

Belajar Branding dengan Digital Marketing

8. Memberi Informasi berkualitas

Banyak orang yang membutuhkan informasi lengkap dan akurat sebelum memutuskan membeli atau menggunakan suatu produk, dengan SEO distribusi informasi kepada customer menjadi lebih mudah.

Info berkualitas dapat membantu sosial media anda ditemukan, sering sekali saya berkunjung di website dari hasil pencarian Google, ketika melihat pembahasan websitenya sesuai minat, kemudian saya akan kepo dan memfollow sosial medianya juga,


9. Bisa Mempengaruhi Keputusan Konsumen

Ketika konsumen mendapatkan informasi yang bagus, tepat, akurat ketika dalam proses menelaah informasi, mereka bisa memutuskan keputusan dari  informasi yang mereka peroleh

Dapat memikat audiens untuk mengenal website anda, misalkan anda seorang “konsultan pajak” yang mempunyai portofolio di website, dengan optimasi kata kunci, orang-orang yang membutuhkan konsultasi pajak akan menemukan dan mengenal website anda.

10. Bisa Membuat Konsumen Berkunjung Offline

Kita pasti pernah mencari-cari sesuatu di internet ketika melihat lokasi tempatnya terjangkau maka keesokan harinya kita akan datang, awalnya gara-gara menemukan di Internet.

Bisa menjadi adalah public relation dari online hingga ke offline, semakin banyak informasi baik dari sebuah perusahaan yang dibaca oleh audiens dari hasil mesin pencari.

11. Membantu Perusahaan Berkembang

Dengan muncul di halaman pertama Google karena hasil optimasi SEO, berpotensi mendapatkan pasar, mendapatkan pelanggan-pelanggan baru adalah bagian penting dari pertumbuhan sebuah bisnis

Dapat meningkatkan profit bisnis anda, dengan mendapatkan banyak masuknya pelanggan-pelanggan baru yang menemukan bisnis anda melalui mesin pencari, sudah bisa dibayangkan dibandingkan saat belum menggunakan SEO dan sesudah menggunakan.

5 Manfaat dan Tujuan SEO untuk Perusahaan

12. Selalu Mendapat Pengunjung Baru

Mereka adalah orang yang sedang butuh, sehingga mempunyai nilai yang berkualitas mereka akan membaca dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan jawaban dari apa yang mereka butuhkan.

Kunjungan organik dapat mengembalikan modal bisnis, jika persentase visitor yang berkunjung ke website hasil SEO menjadi konsumen anda tinggi, tentu saja profit yang didapatkan akan mengembalikan semua modal awal baik untuk beriklan atau membayar jasa SEO.

Note:

Setiap bisnis, produk, atau jasa mempunyai karakateristik sendiri-sendiri yang berbeda satu sama lain sehingga diperlukan riset perencanaan kata kunci yang maksimal di awal saat ingin mulai melakukan optimasi SEO.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال