5 Langkah Urut Memulai Digital Marketing untuk Pemula

Langkah memulai digital marketing

Kita yang mempunyai usaha atau bisnis pasti tahu bahwa digital marketing sangat tepat kita gunakan untuk kegiatan pemasaran online dan meningkatkan penjualan. 

Tapi mungkin banyak pemilik usaha yang masih belum tahu bagaimana langkah-langkah menggunakan digital marketing.

Bagi kamu yang masih pemula dan ingin menggunakan digital marketing untuk bisnis ini artikel yang tepat kamu pelajari.

Kami akan membagikan cara bagaimana urutan memulai digital marketing untuk pemula yang bisa membantu meningkatkan untuk bisnis kamu.

1. Menetapkan target market dan produk

Hal dasar yang paling diutamakan adalah memilih dulu siapa market atau customer kamu. Baru kemudian mempelajari apakah produk kamu tepat menjadi solusi untuk customer.

Sebagai contoh kami memilih market para pelaku bisnis dan usaha, laki-laki dan perempuan di usia 20-40 an. 

Produk kami adalah digital marketing untuk memasarkan bisnis, website dan jasa SEO.

Contoh lain, target market para pemilik mobil 

Mereka punya masalah mobilnya bau tidak sedap, sehingga kamu menyiapkan produk penghilang bau mobil yang ampuh.

Banyak sekali target market yang bisa diklasifikasikan dari jenis kelamin, minat, pekerjaan dan lain sebagainya.

2. Memasarkan produk atau jasa sebagai solusi

Menetapkan produk atau jasa yang bisa memberikan solusi kepada konsumen akan memudahkan strategi digital marketing kamu. 

Istilahnya adalah "apa yang dibutuhkan, ini solusinya"

Sebagai contoh banyak pengusaha clothing yang gagal karena berpikir tentang produknya yang sangat bagus, bahannya bagus, desain nya bagus dll tidak memikirkan solusi apa yang akan diberikan dari produknya.

DHA Digital tidak sekedar jasa pembuatan website, tapi website sebagai solusi

Kami membuatkan website sebagai solusi menjadi salah satu media untuk marketing online. Karena tidak semua bisnis bisa dijual menggunakan web, misalnya penjual camilan atau skincare.

Tetapi untuk bisnis seperti kursus musik, les bahasa asing, arsitek, jasa desain interior sangat membutuhkan website sebagai media marketing.

3. Membuat website profesional

Setelah dua hal diatas kamu temukan, segera buat website profesional untuk usaha kamu. Pertimbangkan apakah membutuhkan website profesional untuk meningkatkan bisnis kamu. 

Karena website sejatinya adalah alat mempublikasikan usaha ada di internet.

Dengan mempunyai akan lebih semangat mendesain promosi, membuat konten marketing, hingga mengiklankan website tanpa terlalu memikirkan kompetitor.

Kami bisa membantu membuat website dari awal hingga beres jadi dengan berbagai benefit, kunjungi jasa pembuatan website

4. Memanfaat sosial media semaksimalnya

Ada Facebook, Instagram, dan Tiktok, silahkan memilih minimal 2, lebih baik jika semua. Tapi kami sarankan 2 saja, Instagram dan Tiktok  dua media ini sangat banyak digunakan para pelaku bisnis saat ini,

Bagi pemula bisa membuat konten yang bagus dan menarik seringkali tidak mudah. Terlebih jika jenis konten video seperti Tiktok dan Reels.

Mulailah membuat konten yang menarik bagi konsumen, baik konten posting feed, reels, atau live. Semakin tinggi engagement sosial media semakin dikenal produk kamu oleh konsumen.

Bagi sebagian pemula cukup sulit mengelola sosial media, ada opsi anda bisa merekrut staff atau pelan-pelan tapi pasti mengisi konten dengan rutin.

5. Gunakan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads

Pada tahap inilah kamu sudah mulai menggunakan modal, tapi kami menyarankan agar hati-hati menggunakan dana iklan. Karena banyak sekali yang rugi karena kurang pemahaman beriklan digital

SEO (Search Engine Optimization sudah pasti harus dilakukan untuk website karena murah dan manfaatnya jangka panjang. 

Kamu bisa  Belajar Digital Marketing untuk Bisnis dan belajar SEO gratis

SEM (Search Engine Marketing) biasanya menggunakan Google Ads adalah cara paling cepat mendapatkan visitor dan calon customer produk atau jasa.

Belajar SEM

Social media campaign, seperti iklan Facebook ads, Instagram ads, dan endorse. Sebelum menggunakan campaign ini kamu harus menyiapkan konten sesuai dengan standar kualitas iklan Facebook dan Instagram. Jangan sampai iklan sia-sia karena tidak menyiapkan konten yang berkualitas.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال