Gaji Digital Marketing Tahun 2023 – 2024 Sesuai Tingkatannya

Gaji Digital Marketing

Berapa sih kira-kira gaji pekerjaan digital marketing di tahun 2023 hingga 2024. Silahkan bisa kamu lihat perkiraan gaji di artikel berikut ini. Gaji pada umumnya disesuaikan dengan UMR daerah, jenis perusahaan dan juga pengalaman dari karyawan.

Jika ada perusahaan yang mencari karyawan dengan spesifikasi digital marketer dengan gaji 5 juta di wilayah Jabodetabek mungkin akan sedikit sulit. Jika menuntut spesifikasi digital marketing seperti SEO, SEM, Sosial media dan juga bisa edit konten photoshop dan video. 

Tentu saja dengan pengalaman dan kemampuan seperti itu tidak ada yang mau dengan gaji segitu. Karena dengan kemampuan lengkap seperti itu seseorang bisa menjalankan pekerjaan freelance dengan penghasilan lebih dari itu.

Standar Gaji Digital Marketing Sesuai Tingkat Pekerjaan

Tahun 2023-2024 gaji seorang Digital Marketing yang sudah punya kemampuan seperti konten, SEO, Google Ads, dan Sosial Media Marketing untuk standar gaji ini untuk wilayah dengan UMK diatas 4 juta. Sedangkan daerah yang dibawah itu tentu menyesuaikan.

  • Junior staff fresh graduate pengalaman 0-2 tahun gaji 5-6 juta
  • Senior digital marketer 2-5 tahun gaji 7-10 juta
  • Digital marketing supervisor gaji 8-12 juta
  • Manager digital marketing diatas 12-15 juta

Pada tahun 2023 rata-rata gaji digital marketing di area Jakarta sudah di angka 7 juta an dengan kemampuan SEO, SEM dan Sosial Media. Seorang digital marketer punya skill lebih dari itu. Beberapa spesifikasi 5 kemampuan yang wajib dimiliki adalah:

SEO (Search Engine Optimization)
Kemampuan untuk optimasi website dengan berbagai kata kunci agar bisa muncul di pencarian di halaman Google, sehingga menghasilkan traffic organik.

SEM (Search Engine Optimization)
Kemampuan untuk mengelola iklan Google Search agar bisa menjalankan iklan produk atau jasa di website atau ecommerce untuk mendapatkan pengunjung dan penjualan.

Google Ads
Kemampuan untuk mengelola SEM, Iklan Display (GDN) Google Display Network, dan juga Youtube Ads

SMM
Sosial Media Marketing specialist untuk mengelola iklan FB dan IG ads, termasuk juga Tiktok Ads

Konten Marketing
Konten marketing bagi team digital adalah kemampuan untuk menggabungkan antara text, menggabungkan gambar dan video untuk menjadi media pemasaran yang bagus. Bukan bagian yang punya kemampuan editing gambar atau video.

Digital Marketer Bukan Membuat Konten Poster dan Video

Setahu saya di berbagai perusahaan konten dibuat oleh team kreatif. Team digital marketing bisa memberikan masukan dan diskusi konten apa yang tepat untuk digunakan untuk iklan.

Dua pekerjaan ini bisa di satu divisi tetapi sangat berbeda dasar kemampuan. Konten adalah orang kreatif, sedangkan marketing adalah orang pemasar. Hanya keduanya bisa saling bekerjasama untuk mewujudkan sebuah iklan yang meningkatkan daya jual.

Digital Marketing Staff Fokus Pada Satu Spesialis

Biasanya di dalam satu team perusahaan ada setiap orang specialist yang masuk dalam satu divisi. Seperti SEO, SEM, dan SMM spesialis.

Bisa juga punya banyak skill dan masuk kategori staff karena pengalaman baru 1-2 tahun. Mereka masih belum bisa menguasai semua media khususnya untuk kepentingan target konversi.

Mengelola media berbeda dengan mendapatkan konversi. Masih banyak yang hanya mengelola akun Google Ads dan FB Ads misalnya, masih sebatas mendapatkan traffic dan jangkauan saja atau sekedar seperti iklan media konvensional di baliho, tv atau poster.

Digital Marketer Spesialis bisa Mendapatkan Konversi.

Jauh lebih dalam, jauh lebih detail membutuhkan pengalaman dan pemahaman yang tinggi. Hampir semua perusahaan punya tujuan kampanye iklan, ada tujuan ketika beriklan. Bisa untuk mendapatkan penjualan, mendapatkan pendaftar, atau mendapatkan pengguna.

Kemampuan menghasilkan konversi inilah yang pantas untuk digital marketer mendapatkan gaji tinggi. Karena itu seringkali mereka sudah di posisi Supervisor dan Manager.

Belajar Digital Marketing untuk Bisnis

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال