Ini Penjelasan Traffic Leads Engagement dan Konversi dalam Iklan

 penjelasan traffic leads dan konversi

Pengalaman pribadi ketika bertemu orang yang baru belajar atau bahkan baru bekerja di team Digital Marketing tetapi tidak tahu apa bedanya antara, traffic, leads, engagement dan konversi. Mungkin juga termasuk anda yang baru saja masuk di dunia iklan digital, seperti Fb Ads, Google Ads atau Tiktok.

Istilah leads, engagement, konversi ini memang sangat erat hubungannya dengan iklan digital yang menjadi target ketika menjalankan sebuah campaign atau kampanye iklan. DHA Digital sebagai ahli di bidangnya akan menjelaskan secara detail dan mudah kamu pahami.

Berikut penjelasannya masing-masing

1. Traffic

Traffic adalah lalu lintas atau pengunjung ke halaman tertentu, bisa dari organik maupun hasil iklan. Halaman itu bisa berupa website, profil sosial media, atau channel youtube. Istilah mudahnya adalah jumlah pengunjung ke sebuah halaman pilihan. Iklan yang bertujuan traffic artinya menargetkan banyak pengunjung ke halaman atau url yang telah ditentukan.

Pengunjung itu tadi diharapkan agar tertarik untuk melakukan tindakan, yang disebut konversi. Tindakan itu bisa melakukan pemesanan di dalam web, menghubungi kontak, membeli barang, follow akun Instagram atau subscribe channel Youtube.


2. Konversi

Konversi adalah hasil dari tindakan pengunjung yang melakukan beberapa hal seperti, melakukan pembelian barang di toko online, menghubungi kontak nomor, memasukkan data pelanggan. Konversi sering menjadi tujuan yang paling diharapkan dalam beriklan online.

Traffic dari iklan yang tepat akan menghasilkan konversi yang tinggi, sebaliknya jika traffic tidak tepat akan menghasilkan konversi yang rendah.

Jenis iklan SEM dengan Google Ads Search yang paling sering mentargetkan traffic dan konversi dibandingkan dengan iklan yang lain seperti FB Ads atau IG Ads.

3. Leads

Leads adalah prospek hasil dari pengunjung yang tertarik untuk mendaftar. Biasanya leads adalah pengunjung yang tertarik lalu mengirimkan kontak berupa nama, email dan kontak telepon untuk mendapatkan penawaran. Leads juga bagian dari konversi, yaitu hasil dari tujuan menjalankan  iklan.

4. Engagement

Engagement adalah keterlibatan atau ketertarikan orang terhadap konten, termasuk konten yang di iklankan. Keterlibatan paling umum adalah memberikan komentar, like dan share. Engagement adalah faktor penentu konten bisa menjadi viral.

Share menjadi poin terbaik karena menandakan kontennya berkualitas dan bernilai untuk dibagikan, kemudian adalah komentar karena tandanya konten punya daya tarik.

Sosial media adalah yang paling sering menargetkan engagement supaya kontennya bisa viral.

5. Awareness

Awareness adalah kesadaran orang terhadap sesuatu yang dipublikasikan, bisa berupa produk maupun merek tertentu untuk dikenal. Sebuah produk atau merek baru tentu belum dikenal banyak orang sehingga membutuhkan awareness.

Iklan GDN (Google Display Network) dan juga iklan video Youtube menjadi pilihan untuk menargetkan awareness supaya banyak orang yang tahu, banyak orang yang kenal dengan produk atau merek tertentu.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال