8 Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

cara meningkatkan brand awareness

Proses usaha untuk mengembangkan bisnis agar sampai besar dan terkenal adalah meningkatkan brand awareness.  Biasanya adalah jenis-jenis bisnis yang ingin menciptakan merek dan label khusus untuk produknya. Dengan harapan mereknya bisa dikenal oleh konsumen dan masyarakat luas.

Tetapi masalahnya proses meningkatkan brand awareness ini sama hal nya dengan proses branding yang biasanya membutuhkan biaya sangat besar, strategi marketing yang rumit dan membutuhkan para ahli yang sudah berpengalaman. 

Tapi jangan khawatir, di jaman digital marketing sudah banyak yang berhasil membangun brand awareness hanya dengan modal konsisten menggunakan konten media digital.

Pengertian meningkatkan brand awareness sendiri artinya adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk atau jasa kita agar mereka menjadi tahu, mengingat dan membeli. 

Keberhasilan meningkatkan brand awareness adalah ketika disebutkan mereknya maka seketika konsumen akan tahu apa produknya.

Semua orang bisa membuat merek tetapi belum tentu bisa membangun sebuah brand. Membahas soal branding kami rangkum materinya di Belajar Branding dengan Digital Marketing 

Contoh, 

Modal besar dan strategi branding yang handal

Untuk mengawali, kita akan mencoba melihat fakta terlebih dahulu tentang merek-merek yang sangat cepat terkenal karena mempunyai modal besar dan strategi barnding yang handal.

Scarlett, merek skincare milik Felicya Angelista yang kini sudah terkenal di kalangan wanita. Menjadi skincare paling laris di tahun 2020-2021 ini awal mulanya gencar melakukan promosi kepada selebgram dan influencer wanita di era tahun 2018-2019.

Para remaja wanita sebagai konsumen skincare saat itu rata-rata menggunakan sosial media, dan penasaran dengan Scarlett karena banyak digunakan oleh influencer.\

Erigo,
langsung dikenal oleh banyak kalangan anak muda pengguna sosmed brand fashion satu ini beberapa tahun terakhir gencar promosi oleh para artis dan selebgram. Tanpa butuh banyak waktu langsung "boom" mereknya dikenal banyak orang.

Ini adalah dua contoh bagi pebisnis yang mempunyai modal besar.

Bagaimana jika kita hanya pebisnis dengan modal kecil untuk meningkatkan brand awareness?

Langkah-Langkah Meningkatkan Brand Awareness

1. Membuat nama dan logo

Ini adalah tahap yang paling mudah dan seharusnya sudah bisa dibuat oleh semua orang. Usahakan untuk membuat nama merek yang mudah di ingat.

Beberapa contoh saja merek-merek mudah diingat seperti: Geprek Bensu, Kopi Kenangan, Janji Jiwa 

Kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk nama dan logo, bahkan untuk sekedar logo bisa kita buat sendiri.


2. Menciptakan ciri khas

Ini adalah hal yang paling dibutuhkan agar merek dari sebuah produk bisa di ingat oleh orang karena ciri khas nya. Menciptakan ciri khas itu memerlukan kreatifitas yang tinggi.

Ciri khas pada produk, misalnya produknya mempunyai warna unik dan lucu karena konsumennya perempuan.

Ciri khas ikonik produk, ada sosok yang menjadi identitas produk tersebut selalu muncul ketika memasarkan sampai dihafali oleh konsumen.

Menciptakan ciri khas ini membutuhkan keseriusan dan pemikiran yang dalam, karena sering sekali apa yang akan digunakan ternyata sudah digunakan oleh produk lain. 


3. Pemasaran kepada konsumen paling spesifik

Orang akan cepat menerima sesuatu yang baru jika dia merasa suka dan cocok. Proses meningkatkan brand awareness adalah proses agar orang mau mengenal dan menerima. 

Jika usaha pemasaran yang dilakukan terlalu luas target konsumennya maka akan sia-sia karena orang yang tidak cocok dengan produk kamu tidak akan peduli.

Sebagai contoh adalah Mie Gacoan, cara marketing mereka benar-benar totalitas kepada konsumen paling spesifik\ yaitu para remaja SMP, SMA, dan Anak-anak Kuliah.

Desain ruangan yang kekinian untuk remaja, menu penyajian unik yang instagramable, dan harga menunya sangat murah.


4. Membuat konten yang konsisten dengan konsep

Jika sudah menemukan ciri khas dan konsumen paling spesifik langkah selanjutnya adalah rajin membuat konten yang konsisten dengan konsep pemasaran untuk meningkatkan brand awareness yang dikerjakan dalam beberapa kurun waktu.

Karena di berjalannya waktu akan ada kritikan atau masukan dari kanan kiri agar produknya harus begini dan begitu. Apalagi jika menyangkut banyak pihak.

Jika tidak kuat untuk konsisten untuk menjaga ciri khas yang telah ditetapkan akan menjadikan proses lama untuk berhasil.


5. Memaksimalkan media online

Semaksimal mungkin gunakan semua platform media online yang ada. Di era sekarang bukan hal yang sulit untuk membuat akun sosial media dan mengelola.

Membuat konten bisa dimulai dengan membuat video pribadi dengan kamera Hp jaman sekarang sudah bagus untuk video maupun foto. Atau bisa juga foto bisa belajar foto produk atau menyewa jasa foto.

Tetap berpegangan pada konsep yang telah anda tetapkan untuk rajin membuat konten di media online.


6. Kerjasama dengan Influencer

Influencer adalah orang yang mempunyai banyak followers di sosial media dan mempunyai pengalaman, pemahaman, dan konten khusus di bidang tertentu sehingga mampu mempengaruhi pengikutnya.

Influencer tidak harus artis terkenal, justru orang-orang spesifik yang dia rajin membuat konten dengan tema tertentu dan mempunyai banyak pengikut. 

Misalnya ada influencer yang kontennya fokus membahas skincare, fashion, makanan, wisata dan ototomif. Mereka mempunyai minimal 100 ribu followres di Instagram, Tiktok, atau subscriber Youtube.


7. Konsisten anggaran marketing branding

Jika anda sudah benar-benar yakin dengan konsep dalam meningkatkan brand awareness maka tinggal konsisten untuk menyediakan anggaran untuk biaya marketing. Baik melakukan iklan secara online maupun dengan influencer.

Jika marketing biasanya bertolak ukur pada hasil penjualan, maka branding tidak fokus pada penjualan. 
Anggaran branding fokus agar suatu merek dan produk semakin banyak dikenal, diingat, dan dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli.

 

8. Mempunyai website

Sepertinya di era digital seperti ini hampir tidak ada brand terkenal yang tidak mempunyai website. 

Mempunyai website ibarat mempunyai kantor sebagai media informasi online yang bisa diakses dimana saja, sebagai toko untuk display produk, dan juga bisa menjadi PR (Public Relation).

Orang yang penasaran dengan produk Anda dan mencari tahu di Google akan menemukan website Anda dan akhirnya mereka semakin tahu dan yakin.

Anda bisa membuat website profesional untuk meningkatkan  brand awareness, silahkan kunjungi Jasa pembuatan Website

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال