Inilah Jenis Konten Digital Beserta Contoh -Contohnya

contoh konten digital
DHADigital.com Di jaman sekarang memang  era nya adalah serba digital,orang menggukan gadget, smartphone dan internet. Konten digital sudah menjadi suatu hal yang bisa dikonsumsi setiap hari oleh siapa saja. Lalu apa saja jenis konten digital dan contoh-contohnya, berikut ini penjelasannya

Sebelem saya jelaskan satu per satu, mungkin sedikit saya jelaskan apa itu konten digital, yaitu suatu karya yang dibuat, ditampilkan dan dikonsumsi di media digital seperti gadget, website, Youtube, dan Sosial Media.

Sebenarnya kita pasti hampir setiap hari secara sadar maupun tidak membuat dan mengkonsumsi konten digital. Seperti misalnya membuat video Tiktok atau scroling sosial media.


Konten Digital Berdasar Jenisnya

1. Konten Artikel
Dibuat dalam bentuk tulisan yang biasanya ditampilkan pada artikel blog, website, dan forum. Tulisan ini juga salah satu contoh konten artikel berupe text tulisan di media digital blog atau web.

Contoh-contoh artikel ada di media berita seperti detik.com, kompas.com atau forum seperti Kaskus dan Female Daily.

Contoh: Berita, Artikel web, Ebook

2. Konten Gambar
Berbentuk visual seperti foto, desain grafis, banner yang disajikan berupa gambar tak bergerak di media digital, umumnya di uploud di sosial media atau pltaform khusus seperti pinterest. 

Jenis konten foto dan gambar juga bisa diperjual belikan secara digital seperti di situs Shutterstock. Artinya foto atau gambar ini bisa dibuat dan dikonsumsi secara digital.

 Contoh: Fotografi, foto model, foto bisnis, desain grafis, infografis

3. Konten Video
Setelah ada artikel dan gambar, kita pasti tahu ada video yang dijadikan satu antara visual bergerak, text, dan suara. Video disebut yang paling lengkap dari semua jenis konten digital.

Bahkan  sosial media yang awalnya hanya text dan gambar, sekarang beralih ke video, seperti Instagram Reel dan Tiktok. Beberapa orang bahkan membuat gambar dan text dalam bentuk video agar bernilai lebih tinggi.

Contoh: Video hiburan, music, film, tutorial, atau sekedar rekaman suatu kejadian

Media digital yang pasti kita tahu seperti Youtube dan Tiktok.

Konten Digital Berdasarkan Kegunaannya

1. Konten Informasi
Berupa tulisan, gambar atau video yang disajikan di media digital web dan sosial media yang tujuannya untuk memberikan informasi bermanfaat kepada audiens.

2. Konten Edukasi
Jenis-jenis yang memberikan info berupa cara, panduan, atau info yang punya penekankan memberikan bimbingan, pelajaran dari suatu pengetahuan kepada audiens, seperti contohnya pada artikel ini.

3. Konten Hiburan
Youtube, sosial media, dan platform video biasanya banyak menyajikan konten yang  bisa menghibur, tujuannya agar mendapat penonton yang banyak sehingga bisa menghasilkan dari ikan.

4. Konten Marketing
Digunakan dengan tujuan memasarkan produk atau jasa, bisa dalam bentuk artikel text, gambar, dan tulisan. Bisanya dibuat punya tujuan yang jelas yaitu untuk memasarkan suatu produk atau jasa.

5. Konten Review
Yaitu memberika ulasan terhadap sesuatu hal yang bisa di ulas. Seorang wisatawan yang membuat video tentang suatu tempat wisata yang di kunjungi adalah contoh konten review. Atau seseorang yang membuat ulasan suatu produk di akun Youtube atau Sosial Media.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال