What is Digital Marketing?


Apa itu Digital Marketing? Pada dasarnya kita sudah tahu, yaitu pemasaran menggunakan media digital. Kata digital artinya peralatan canggih  yang dikerjakan oleh mesin yang kini menjadi identik dengan peralatan digital yang banyak digunakan oleh user seperti komputer dan smartphone.

Internet, Website, Sosial Media, Windows, Online Payment, Andoroid and IOS Applikasi, Search Engine adalah alat digital modern yang paling akrab dengan masyarakat saat ini. Diantara itu semua dapat dimanfaatkan untuk membantu pemasaran produk, usaha atau bisnis yang lebih modern dan potensial karena mempunyai akses nya sangat cepat dan luas jangkauannya.

Tujuan Utama Digital Marketing sebagai Pemasaran

Target Pemasaran
Tujuan utama dari “digital marketing” adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.


Analysis Digital
Setelah menentukan target, yaitu menganalisa untuk menerapkan sistem digital marketing yang paling efektif dan efisien. Ada beberapa masacam alat sebagai halaman analisa untuk mengukur sebuah iklan, prilaku user, dan termasuk penggunaan anggaran iklan, sehingga benar-benar sesuai target pemasaran.


Apa Saja Media Digital Marketing:

1. Website
Sejak dari dulu website menjadi pilihan banyak orang untuk kemudahan akses informasi, kecepatan tukar data, menyebar luaskan produk, tempat jual beli online, dan media promosi. Kita dapat memulai menggunakan digital marketing dengan membuat website bisnis yang tepat


2. Sosial Media

Media jejaring sosial yang sangat ramai digunakan milyaran orang diseluruh dunia. Tempat saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Layanan sosial media sudah menawarkan tempat beriklan khusus dengan menggunakan Facebook Ads dan Instagram Ads


3. Search Engine

Mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing menjadi media online yang paling paling banyak digunakan orang mencari informasi. Search engine dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan konsumen yang tepat sesuai dengan apa uang di cari menggunakan Search Engine Optimization


4. Google Adwords
Tempat khusus untuk beriklan dimana website kita bisa muncul di halaman teratas pencarian Google, display banner dan tayangan iklan di website lain.


5. Email
Jika kita pernah menerima email yang berisikan promosi dari suatu layanan atau toko online misalnya, itulah penggunaan email sebagai marketing. Hampir semua pengguna internet sudah mempunyai email aktif yang potensial sebagai alat penawaran produk atau jasa.

Jadi untuk jika kita ingin memaksimalkan digital marketing harus sudah mempunyai website yang baik untuk memulai memarkan produk lebih luas lagi.