Langkah Rahasia Menerapkan Digital Marketing Strategi yang Sukses

Jika anda ingin lebih tepat dalam menerapkan digital marketing strategi untuk bisnis, artikel ini bisa membantu anda menemukan jawabannya.

Begitu banyaknya istilah, media, tools, dan berbagai macam teknis sejujurnya cukup bisa membingungkan jika anda belum banyak belajar dan mempraktekkan, apalagi baru memulai.

Bahkan bagi yang benar-benar baru sadar untuk memanfaatkan digital marketing untuk bisnis nya, sangat disayangkan ketika menjadi rugi karena kurangnya pemahaman bagaimana memulai langkahnya dan teknis yang benar. Karena itu semoga artikel ini bisa membantu anda memahami lebih baik lagi

digital marketing strategi

Rahasia yang paling jarang diungkap adalah point 1 dan 5 yang bisa benar-benar anda cermati

Lakukan Strategi Digital Marketing Ini dengan Urut

#1 Kenali apa peran Anda dalam bisnis

a. Sebagai Owner atau Manager, artinya anda cukup tahu secara garis besar apa saja media digital yang bisa membantu perkembangan dan kemajuan bisnis.

b. Pebisis yang baru mulai dan ingin bisa memanfaatkan digital marketing untuk memudahkan kegiatan pemasaran.

c. Sebagai karyawan staff digital marketing, maka anda harus selalu belajar up to date informasi dan strategi-strategi teknik-teknik yang baru.

Jika peran  a, baca selanjutnya di point 2, 6 dan 7

Jika peran b dan c, baca selanjutnya point 2,3,4, dan 5


#2 Pahami konsep dan mindset Digital Marketing.

Secara sederhana adalah bahwa semua binis membutuhkan marketing untuk meningkatkan profit dan perusahaan. Sedangkan digital adalah sebuah cara, media, atau teknologi yang digunakan.

Dengan memahami peran di langkah #1 dimana anda sudah tahu gambaran apa yang harus dipilih selanjutnya


#3 Mencari informasi sebanyak-banyaknya

“Hindari mengeluarkan uang anggaran”

Ketika baru mulai, baik untuk beriklan, belajar, atau ikut seminar sebelum anda benar-benar paham apa itu digital marketing.

Jika anda benar-benar berniat untuk menggunakan, pada tahap awal mulailah untuk belajar dari media gratis di internet. Cara ini untuk membiasakan anda paham berbagai macam istilah digital marketing, konsep, hingga manfaatnya terhadap bisnis dan perusahaan nantinya

Silahkan mulai belajar dari free content di Youtube, e-book, atau artikel di Digital Learning


#4 Belajar dari mentor ahli

Setelah dari tahap 3, anda sudah cukup banyak mamahami seluk beluknya mulai dari konsep hingga teknis, selanjutnya ada baiknya belajar dari mentor. Opsional tergantung apakah anda rasa perlu atau tidak

Ini untuk menetapkan pemahaman, anda dan mentor sesama digital marketer mungkin ilmu yang dipelajari sama, namun kelebihan para mentor adalah ilmunya sudah teruji sedangkan anda belum.

Makanya pilih mentor yang juga menjalankan bisnis dengan digital marketing. Dengan belajar ke ahli yang berpengalaman maka anda punya panutan supaya tidak salah langkah.


#5 Praktek dan pengujian terus menerus

Apa spesifikasi Digital Marketing yang anda lakukan?

Salah satu dari berikut ini atau semuanya tidak ada cara lain selain menguji berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang terbaik

  • SEO,  lakukan pengujian terus menerus sampai bisa menerapkan di berbagai metode optimasi terbaik
  • Google Ads, lakukan pengujian terus menerus sampai bisa membuat iklan yang paling murah dengan konversi tinggi
  • Sosial Media, lakukan pengujian terus menerus sampai bisa mengembangkan akun sosmed untuk meningkatkan engagment dan profitable
  • Funneling, lakukan pengujian terus menerus sampai bisa merancang metode-metode yang bisa mendapatkan banyak traffic sampai dengan sales konversi
  • Analyst, lakukan pengujian terus menerus sampai bisa analisa setiap media digital marketing yang digunakan


#6 Merekrut tenaga ahli

Khusus yang berperan sebagai owner atau manager bisnis, karena merasa tidak ada waktu untuk belajar dan praktek teknis yang begitu komplek dan rumit.

Jujur saya sampaikan bahwa hal-hal teknis detail seperti SEO, mengelola iklan Google Adwords, Facebook Ads, content menagement akan sangat rumit dan membuang banyak waktu untuk mempelajarinya bagi seorang owner perusahaan yang perannya sudah disibukkan dengan mengelola bisnis dan sumber daya manusia.

Anda bisa merekrut staff atau partner digital marketer frelance yang memang sudah paham dan expert di bidangnya.


#6 Meeting, planing dan evalusai Digital Marketing

Tentu saja yang paling paham dan mengerti tujuan-tujuan bisnis adalah anda sebagai owner atau manager.

Meeting dan membuat planing target bersama staff atau partner anda, apa saja hasil yang diharapkan dalam beberapa waktu kedepan. Evaluasi untuk melihat hasil dan kinerja digital marketing yang telah diterapkan apa saja yang sudah dihasilkan.


#7 Membangun data list customer

Hasil kegiatan digital marketing strategi yang paling bermanfaat adalah list customer. Siapa saja customer yang di dapat, nomer kontak dan email.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari list customer, tidak sekedar menjadi klien atau pelanggan yang loyal, anda juga bisa menganalisa tipe market potensial yang bisa dikembangkan sesuai data yang anda peroleh.