7 Langkah Tepat Promosi dengan Instagram Ads untuk Pemula

promosi instagram Ads pemula

Dhadigital.com - Menggunakan sosial media Instagram bagi sebagian besar para pebisnis yang sudah merambah di media online pasti sudah tahu untuk memanfaatkan Instagram untuk memasarkan produk atau jasa, salah satunya adalah menggunakan promosi dengan Instagram Ads untuk meningkatkan penjualan.

Memahami target market dan jenis produk adalah salah satu cara mendapatkan hasil promosi yang maksimal.

Banyak yang berhasil dan sukses iklan di Facebook dan Instagram, kemudian ikut mencoba beriklan, berharap bisa dapat meningkatkan penjualan. Tetapi pada prakteknya tidak semudah itu.

Mencoba iklan ini langkah yang baik, namun kurang tepat jika dilandasi coba-coba dan mengikuti trend. Sebagai pebisnis memang sudah hal yang wajar ketika melakukan iklan, apalagi Instagram dan Facebook adalah media sosial yang potensial.

Anda juga harus memastikan apa tujuan promosi di Instagram, agar jelas tercapai. Secara umum ada tiga tujuan yaitu

  1. Meningkatkan kesadaran (awareness) terhadap produk dan brand
  2. Mendapatkan prospek calon konsumen
  3. Mendapatkan penjualan

Nomer 1-3 adalah dari yang paling mudah dijangkau hingga paling sulit yaitu mendapatkan penjualan.

Kami akan membantu menjelaskan bagaimana produk dan langkah promosi dengan Instagram Ads dengan tujuan ketiga hal diatas.

Panduan Instagram Ads

Pelajari 7 Langkah Promosi di Instagram Ads Berikut Ini

1. Memastikan Produk Mempunyai Visualiasi yang Baik

Visualisasi adalah penampilan, penampakan yang menyenangkan untuk dilihat. Bisa menarik, sehingga besar kemungkinan akan membuat orang untuk meluangkan waktu melihat atau membaca.

Instagram cocok untuk memasarkan produk yang butuh visualisasi. Semua produk dan jasa bisa saja dibuatkan gambar visualisasi yang menarik, namun anda harus tahu apa yang lebih spesifik secara visual oleh pengguna Instagram.

Produk visualisasi antara lain: produk fashion, desain, dekorasi, seni, kecantikan, hobi, makanan dan minuman.

Itu adalah contoh jenis yang paling umum sebagai produk yang mempunyai visualisasi yang baik.


2. Mempersiapkan Meteri Iklan 

Karena Instagram adalah media sosial yang dominan dengan konten visual, maka yang harus dipersiapkan adalah foto, desain, atau video.

Materi Iklan

  • 1 Jenis Image iklan (standar)
  • Image slide carousel dengan 3-5 image akan lebih baik
  • Video reels durasi 30-60 detik

Jika bisa buatlah 2-3 jenis materi iklan, yang nantinya akan dibuat 3 variasi iklan sekaligus untuk mendapatkan hasil yang paling maksimal dari testing iklan.


3. Ukuran Image dengan Detail yang Tepat

Buat Image yang bagus dan jelas dengan  ukuran yang mengikuti aturan Facebook yaitu. Gunakan alat desain yang profesional seperti Canva dan Photoshop.

Iklan Post Persegi: 1:1 
Resolusi Minimal (600 x 600 piksel)
Resolusi Maksimal (1936 x 1936 piksel)

Iklan Stories

Resolusi yang Disarankan: 1080 x 1920
Minimal: 600 x 1067

Iklan Video Reels
Ukuran 1080px by 1920px
Pastikan tidak ada bagian yang terpotong

4. Memilih Varisasi Caption

Kita tidak bisa memastikan caption atau text mana yang bagus dipromosikan, seperti yang saya sampaikan di poin 2 bahwa persiapkan 3 jenis materi iklan dan juga caption yang berbeda-beda

Mungkin ada yang singkat langsung kena sasaran, ada yang jenis copywriting, atau jenis caption seperti cerita.

5. Cantumkan Informasi Lengkap pada Caption Iklan

Pastikan mencantumkan informasi seperti: cara pemesanan, harga, diskon, alamat. contact dsb sehingga pembaca bisa menerima informasi lengkap.

Lengkap, jelas, singkat mudah dilihat dan dibaca. Karena karakter pengguna Instagram tidak akan terlalu lama membaca detail informasi pada text caption, namun jika dilihat orang-orang yang tepat dan cocok, kemungkinan mereka akan menyimpan informasi yang anda cantumkan.

6. Tentukan Siapa Target Audiens

Anda harus tahu siapa audiens yang cocok dengan produk anda antara lain adalah:

  • Usia
  • Gender
  • Minat atau Ketertarikan
  • Lokasi

7. Kelola Promosi dengan Facebook Ads Manager

Meskipun di Instagram bisnis bisa langsung membuat promote posting, namun lebih baik jika menggunakan Facebook Ads Manager dimana anda bisa membuat iklan selain dari postingan feed.

Pengaturan melalui FB Ads Manager bisa mengatur ingin dimana saja iklan muncul, di Facebook, Instagram, Insta Stories, dan media partner Facebook

Facebook Ads manager lebih lengkap dan mudah untuk menganalisa hasil promosi di Instagram Ads, mendapatkan data dari materi iklan yang dijalankan.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال