Penjelasan Affiliate Marketing dan Cara Menghasilkan Uang

Dhadigital.com- Di artikel ini akan menjelaskan secara mudah salah satu bisnis online yang banyak dilakukan jaman sekarang. Tentang apa itu affiliate marketing dan bagaimana cara menghasilkan uang dari afiliasi. 

Kamu pasti sudah mendengar ada peluang menghasilkan uang secara online dengan mengikuti program Affiliate Tiktok shop, Shopee atau Tokopedia, ya itu benar dan berikut saya jelaskan secara jelas.

cara kerja affiliate marketing

Pengertian affiliate marketing 

Pemasaran afiliasi adalah kegiatan memasarkan produk pihak lain untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualan dengan menggunakan link referal afiliasi. Ketika hasil pemasaran produk itu bisa terjual, maka akan mendapatkan persentase komisi dari nilai harga jual produk.

Pemasaran affiliate adalah baik, sah, dan halal karena tidak ada yang dirugikan. Program pemasaran dimana pihak pemilik produk yang menentukan besaran komisi yang diberikan. Rata-rata nilai komisi yang diberikan sebesar 5% hingga 10% dari harga jual Produk.

Di Indonesia yang sudah terkenal memberikan program affiliate marketing adalah Shopee, Tokopedia, Tiktok, dan Lazada. 

Affiliator adalah orang yang mempromosikan produk orang lain baik cecara langsung maupun tidak langsung menggunakan website, Youtube, sosial media, seperti Instagram, WhatsApp dan Tiktok.

Link Affiliate adalah link url khusus sebagai tracking dari siapa produk afiliasi itu terjual. Setiap Affiliator mempunyai link khusus yang  bisa terbaca jika terjadi penjualan.

Ide Usaha Tanpa Modal 

Contoh Kegiatan Affiliate

Saya adalah pemilik toko penjual sepeda merek Cepat dengan harga Rp 3.000.000

Saya membuka Afiliasi dengan memberikan keuntungan hasil 5%.

Kamu mengikuti program Afiliasi, dan kamu berhasil membawa customer untuk membeli sepeda di toko saya. Saat sudah selesai bertransaksi maka kamu akan saya beri hasil affiliasi sebesar 5% atau 150.000.

Orang jaman dahulu mungkin menyebutnya makelar, tetapi di era modern affiliate marketing sudah menggunakan media online digital dengan  link khusus.

Kelebihan Mengikuti Affiliate Marketing

  1. Tidak perlu modal produk, karena hanya menjualkan produk orang lain
  2. Tidak perlu modal membuka toko, cukup memasarkan link dengan sosial media
  3. Bebas memilih produk yang ingin dipasarkan
  4. Tidak ada resiko jika produk tidak laku

Jika produk tidak laku kamu tidak akan rugi secara materi, karena kamu hanya memasarkan tidak menyetok atau memproduksi barang. 

contoh Affiliate Tokopedia

Cara Menghasilkan Uang dari Affiliate

Caranya adalah dengan cara kamu mendaftar di media penyedia affiliate seperti Tokopedia, Shopee, atau Tiktok. Saran saya Tokopedia atau Shopee dahulu saja karena Tiktok syaratnya harus mempunyai 2000 Followers. 

  • Daftar dan ikuti syaratnya hingga kamu mendapatkan persetujuan mengikuti program affiliate.
  • Pilih produk yang sesuai untuk kamu pasarkan dan besaran komisinya.
  • Lakukan kegiatan promosi dengan cara menyebarkan link di media sosial Facebook, Instagram, Tiktok dengan membuat konten yang terkait dengan produk.

Kamu harus mendapatkan pembeli dari produk yang kamu tawarkan untuk mendapatkan komisi. Tentu banyak sedikit hasilnya tergantung banyak sedikit jumlah penjualan.

Jika 1 barang kamu mendapatkan Rp 5000 rupiah dan bisa terjual 100 pcs, maka kamu bisa mendapatkan mendapatkan uang 5 juta rupiah.

Setiap produk di marketplace seperti Tiktok Shop, Tokopedia, dan Shopee berbeda-beda jumlah komisi afiliasi yang diberikan oleh penjual pemilik produk.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال