3 Tips Sukses Membuat Konten Tiktok untuk Bisnis

Konten Tiktok untuk Bisnis

DHADigital.com - Kemarin saya mendapatkan informasi dari postingan LinkedIn yang dibagikan oleh seorang karyawan yang berhasil mengembangkan akun Tiktok bisnis, dari 2000 followers menjadi 50 ribu pengikut dalam 3 bulan. 

Dari apa yang disampaikan akan saya rangkum tentang tips membuat konten Tiktok bisnis yang sukses bisa menumbuhkan akun menjadi lebih baik.

Sekarang Tiktok merupakan salah satu platform yang sedang naik popularitasnya, banyak digunakan baik oleh pengguna biasa sekedar untuk hiburan, untuk para penjual di Tiktok shop, dan pebisnis yang menjual produk dan mengembangkan branding.

Ciri khas video singkat yang menarik memudahkan banyak orang untuk membuat video, dan inti dari Tiktok adalah "konten yang menarik dan menghibur" bukan konten yang sempurna. Dari kalimat itu saja sudah bisa dibaca bagaimana sebenarnya menggunakan Tiktok yang baik.

1. Membuat Konten yang Menghibur

Suatu kesalahan besar bagi para pebisnis yang mulai membuat konten video di Tiktok dengan konten-konten produk penawaran, dan jualan secara langsung.

Orang tidak suka dengan penawaran, para pengguna Tiktok mereka scroling dengan tujuan ingin mencari hiburan, bukan untuk mendapatkan penawaran suatu produk.

Kamu harus bisa membuat video yang menghibur, jika sebagai akun bisnis dan menawarkan produk sebaiknya jangan sampai terlihat promosi atau sekedar memamerkan produk. 

Sebuah video dari awal sudah harus menarik dan menghibur, biasa disebut "hook" atau sebuah pancinga di awal agar orang mau melihat terus sampai selesai.

2. Durasi Video Pendek

Karakter pengguna Tiktok ingin mencari berbagai macam hiburan dengan waktu yang singkat. Sehingga jika sebuah video durasinya terlalu lama, justru akan membosankan.

Rata-rata konten-konten video Tiktok durasinya 30 detik hingga saja. Durasi 3 menit dirasa sudah cukup lama, hanya video yang sangat menarik saja yang bisa ditonton orang sampai selesai yang sering disebut sebagai retention time, 

Retention time Tiktok adalah waktu yang dihabiskan penonton ketika menonton video yang lewat. Semakin banyak penonton yang menonton sampai akhir maka retention time nya bagus. Sebaliknya semakin banyak yang skip video atau tidak menonton sampai akhir maka dinilai tidak bagus dan sulit FYP.

Rahasia FYP Tiktok Harus Terapkan Ini

3. Tidak Harus Sempurna

Tiktok dibuat untuk semua pengguna yang menggunakan smartphone, dan ditujukan oleh siapa saja pemilik hp untuk bisa membuat konten.

Di Tiktok kamu justru tidak harus membuat video yang bagus dan sempurna, menggunakan peralatan seperti kamera bagus, smartphone profesional mahal, atau editing video yang menawan.

Jika sebuah bisnis membuat video terlalu sempurna, bisa jadi terlihat sebagai acara atau iklan televisi. Lebih baik membuat konten yang natural hanya dengan kamera Hp saja, kemudian di edit agar bisa menarik dan menghibur.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال