9 Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Makanan

pemasaran online bisnis makanan

DHADigital.com - Di artikel ini kamu akan mendapatkan pelajaran tentang bagaimana pemasaran online untuk bisnis makanan. Dengan menerapkan 7 cara berikut ini setidaknya kamu akan bisa melakukan pemasaran online secara maksimal untuk bisnis makanan yang sedang dijalankan.

Dengan menggunakan menjual dan memasarkan secara online kamu bisa jualan hanya dari rumah saja, transaksi jual beli bisa dilakukan secara online melalui kurir instan dan jasa pengiriman.

Kabar baiknya kamu juga bisa langsung menerapkannya langsung dengan modal smartphone dan laptop dari rumah. Hanya butuh sedikit usaha untuk belajar dan praktek jika sebelumnya kamu belum pernah melakukan.

9 Urutan Strategi Pemasaran Online Bisnis Makanan

1. Membuat Identitas yang Bagus

Nama, kamu harus membuat nama yang sesuai dengan bisnis makanan, mudah diingat dan unik. Nama sangat penting yang nantinya akan dicantumkan di semua akun online seperti di sosial media, marketplace atau Goofood.

Logo, setelah nama juga jangan lupa untuk membuat logo yang sesuai. Kamu bisa membuat secara manual dengan berbagai layanan pembuatan logo gratis online seperti Canva.

Ciri khas warna, jangan lupa untuk menentukan ciri khas warna produk kamu yang nantinya selalu digunakan di setiap postingan produk. 

Sebaiknya memilih warna ciri khas makanan seperti kuning, merah, dan orange. Kamu bisa memadukan 2 warna untuk menjadi ciri khas.

sebagai contoh bisnis makanan (Macaroni Cuck) punya nama, logo dan ciri khas warna merah dan putih

identitas bisnis makanan

2. Membuat Akun Sosial Media

Untuk akun sosial media bisnis makanan saya sarankan untuk membuat Tiktok dan Instagram. Fokus untuk mengelola kedua akun tersebut dan membuat konten terkait dengan bisnis makanan yang sedang dijalankan.

Cantumkan semua link toko online di profil Instagram bisnis. Bisa menggunakan jasa pihak ketiga seperti linktree, lynk, atau beacons

Baca panduan 3 Tips Sukses Membuat Konten Tiktok untuk Bisnis dan 15 Langkah Cara Mengelola Instagram untuk Bisnis

3. Membuat Toko Online di Marketplace

Jika bisnis makanan yang dijual bisa awet minimal 7 hari kamu bisa membuat toko online, dan memanfaatkan jasa pengiriman ke luar kota.

Tiktok Shop juga marketplace bisa jualan produk, kemudian di tautkan dengan akun Tiktok bisnis untuk melakukan live streaming. Buat toko sebaik mungkin dan pelajari semua fiturnya di Seller Academy.

Shopee dan Tokopedia toko online di kedua marketplace ini kamu tinggal ikuti saja setiap petunjuknya. Memang butuh kesabaran untuk bisa sampai membuat akun toko online yang bagus dan ramai.

Caranya ada di langkah selanjutnya

4. Foto Produk dan Packaging

Menjual makanan harus membuat foto yang menarik untuk dilihat, bersih, jelas, dan terlihat menggugah selera. Karena pemasaran secara online orang tidak bisa melihat secara langsung, melainkan melalui foto produk yang menarik.

Packaging yang bagus, jangan lupa juga jika bisa membuat packaging yang menarik yang juga ditampilkan pada foto produk untuk lebih meyakinkan pembeli bahwa produk kamu berkualitas.

Seringkali pembeli online membeli dengan tujuan sebagai hadiah atau oleh-oleh sehingga membutuhkan penampilan packaging yang menarik.

packaging bisis telur
contoh packaging yang bagus

5. Membuat Konten Menarik

Hindari membuat konten sekedar menawarkan produk, kamu harus bisa membuat konten yang menarik untuk dilihat.  Apakah itu konten foto produk yang menarik, konten video edukasi, informasi seputar tentang bisnis makanan.

Bagi pemula membuat konten sosial media untuk bisnis memang tidak mudah, tetapi jika memang ingin sukses pemasaran bisnis, maka konten sangat penting.

Jika memungkinkan kamu bisa menyewa jasa konten kreator untuk membuatkan konten bisnis makanan yang kamu jalankan.

Pentingnya Content Creator dalam Pemasaran Online

6. Mencari Pembeli dan Ulasan

Teman dekat, di tahap awal kamu bisa menawarkan produk makanan melalui teman terdekat dulu di jaringan pertemanan Whatsapp dan Instagram kemudian meminta ulasan rating di online shop untuk menaikkan rating

Promosi diskon dengan memberikan penawaran harga diskon yang murah agar mendapatkan banyak pembeli juga sebagai cara mendapatkan ulasan secara organik.

Di awal pemasaran strategi diskon tujuannya adalah untuk mendapatkan ulasan atau rating produk. Jika ternyata mendapat ulasan yang kurang bagus bisa segara menjadi bahan evaluasi.

7. Iklan

Dengan menggunakan fitur iklan kamu bisa lebih cepat mendapatkan pengunjung dan pembeli. Kamu bisa menggunakan fitur iklan di marketplace, Instagram Ads, atau Tiktok promosi

Testing anggaran sangat penting pada saat pertama kali mencoba beriklan jangan langsung berharap berhasil seketika ramai orederan.

Pada saat awal-awal iklan sebagai belajar dan analisa mencari iklan apa yang bisa mendatangkan pembeli. Buat beberapa variasi konten iklan dan anggaran sampai menemukan yang paling tepat.

8. Live Streaming

Jika toko online sudah siap, kemudian ada beberapa konten Tiktok dan Instagram juga sudah mulai banyak view, dan di toko sudah mulai ada beberapa yang beli selanjutnya adalah menjalankan jualan secara live streaming.

Tiktok shop saat ini ada peluang yang lebih bagus jika menjalankan live streaming. Shopee juga ada fitur untuk live bisa mencoba untuk memanfaatkan semuanya. 

Jika beruntung ketika melakukan sesi jualan secara live produk kamu bisa mendapatkan banyak orderan.

9. Penawaran Unik

Persaingan harga dan kompetisi di online adalah suatu yang tidak bisa dihindari. Jika penjual terjebak dengan persaingan harga, saling bersaing memberikan harga paling murah justru akan mematikan bisnis kedepannya.

Penawaran unik menjadi kunci bagi setiap bisnis untuk bisa bersaing. Harus kreatif untuk bisa menemukan sebuah penawaran unik ini.

Contohnya jika bisnis makanan, bisa menawarkan "garansi uang kembali 100% jika tidak enak'. Ini adalah salah satu contoh strategi pemasaran online yang sukses dijalankan oleh Eatsambel.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال