Iklan Online Gratis untuk Bisnis Harus Optimasi Google Bisnisku

optimasi Google my Bisnis

DHADigital.com - Beberapa bulan lalu saya mencari tukang las di daerah dekat rumah. Area di satu kecamatan karena butuh yang dekat bisa datang ke rumah untuk membuat tiang plang papan nama. 

Tentu saja hal paling mudah yang saya lakukan adalah Googling dengan melihat map dengan kata kunci "tukang las", ternyata sulit menemukan pemilik bengkel las yang mempunyai Google My Bisnis yang dikelola dengan baik dengan keterangan lengkap, foto dan ulasan.

Akhirnya saya jalan menelusuri area-aera dan mencari bengkel las, ternyata banyak ada 3-4 bengkel dan akhirnya saya menemukan dan memesan jasa las.

Pernah juga saya mencari percetakan undangan terdekat di daerah saya yang lokasinya memang cukup jauh dari kota. Saya juga sulit menemukan usaha percetakan yang punya Google My Bisnis yang meyakinkan, jikalau ada seperti kurang meyakinkan dan tidak ada ulasan.

Akhirnya saya harus pergi ke Kota dan mencari tempat percetakan dengan cara mencari melalui Google Bisnis juga, dengan memilih yang banyak ulasan dan foto-foto meyakinkan, kemudian mendatangi sesuai alamat yang tertera.

Kelebihan Menggunakan Google My Business

Biasa disebut Google Bisnisku, atau yang sering kita lihat muncul di Google map, nama toko, alamat, foto-foto, jam buka, ulasan dan bintang.

bisnis kacamata Gangsar

Toko Kacamata Gangsar, adalah toko kacamata yang pernah saya datangi hasil menemukannya melalui Google Maps. 

Lokasinya masuk di gang perumahan, tokonya bukan berada di area pinggir jalan raya, atau tempat yang ramai. Bener-benar berlokasi di dalam gang area perumahan.

Tapi dengan adanya alamat toko di Google Bisnisku, semua ditulis dengan jelas Toko Kacamata, jam buka, nomer telepon, dan yang menarik adalah ulasan yang meyakinkan.

Jelas ini sangat membnatu agar toko bisa lebih mudah ditemukan customer. Justru jaman sekarang customer lebih percaya pada petunjuk Google maps dan ulasan ketika mencari sesuatu.

Langkah Optimasi Google Bisnis

1. Kata Kunci + Nama Toko

Kata kunci toko atau bisnis Anda wajib ditulis di nama Google Bisnisku Seperti contohnya Toko Kacamata Gangsar , Tukang Jahit Sulis, Warung Sate Kambing Bu Riska, Jual Bibit Tanaman Sumber Tani dsb

Anda bisa menuliskan nama toko 4-6 kata, berisi kata kunci dan nama toko Anda.


2. Memberi Foto Keterangan Lengkap

Layanan, keterangan jam operasional buka, nama telepon, situs website jika tersedia, dan foto pendukung.

Sebagai owner atau pemilik akun Google Bisnisku, Anda bisa menambah foto pendukung yang paling sesuai. Jika warung makan maka lengkapi foto-foto lokasi dan menu. Jika bisnis jasa, maka sertakan foto-foto hasil pekerjaan pendukung.


3. Mencari Bintang dan Ulasan

Seminggu atau di bulan pertama anda  bisa memberi 5-10 ulasan dari diri sendiri dan keluarga, atau teman dekat dengan meminta kepada mereka memberi ulasan.

Ketika datang customer usahakan meminta dia memberi ulasan dan bintang dengan menawarkan imbalan, mungkin diskon spesial atau gratis minuman (jika bisnis warung makan)


Cukup 3 itu, selanjutnya anda tinggal berusaha memperbaiki kualitas bisnis anda dimata customer agar bisa menambah ulasan  bisnis, sehingga semakin dipercaya oleh calon customer,

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال