Cara Mudah Belajar Digital Marketing di Tahun 2024

digital marketing 2024

DHADigital.com Menurut saya jika secara teknis semakin kesini belajar digital marketing itu sebenanrnya semakin mudah, lebih mudah jika dibandingkan dengan 5 hingga 10 tahun yang lalu. Ini soal teknis seperti website, sosial media, Google Ads dan Meta Ads. 

Beberapa hal tersebut yang selalu berkaitan dengan digital marketing, khusus untuk 2024 ada tambahan yaitu Content Creator.

Sekarang lebih mudah karena banyak mentor yang sukarela mengajari, panduan di Youtube hingga di Instagram sangat tersebar luas.

Dulu memang Content Marketing lebih unggul, yaitu membuat konten berupa artikel untuk memasarkan suatu bisnis, atau menggunakan landing page. Tapi saat ini adalah era konsumsi konten lebih tinggi, seperti Youtube, Instagram dan Tiktok.

Oh iya, SEO
Khusus satu ini semakin lama semakin sulit, karena memang Google memperketat aturan dan algoritma agar konten yang muncul itu berkualitas. Tapi jika mau belajar secara otodidak masih sangat mungkin untuk bisa karena banyak sekali panduan.

Kamu bisa membuka halaman Belajar SEO Gratis

3 Pilar Mulai Digital Marketing

1. Membuat artikel dan copywriting

2. Membuat konten sosial media

3. Mencoba Iklan

Mari kita Mulai Belajar  Digital Marketing

1. Membuat Artikel dan Copywriting

Jika dua hal ini kamu kesulitan, maka akan sulit untuk meneruskan. Sebaliknya jika mudah terasa bisa melakukan maka kedepannya akan mudah.

Hampir semua aktivitas Digital Marketing berawal dari sebuah text tulisan, seperti content planer, membuat Tittle, Deskripsi, dan konsep konten.

Jika kesulitan dalam kata-kata, artikel maka mungkin lebih cocok ke desainer, programer. Karena marketing sangat erat dengan kata-kata.

Copywriting maksudnya bukan yang sangat ampuh menghipnotis, tapi kata tulisan yang menarik dan enak dibaca oleh audiens.

Jadi tahap 1, Cobalah belajar membuat artikel yang bagus.

2. Mebuat Konten Sosial Media

Perpaduan antara tulisan, gambar, dan video ada di sosial media. Ketika kamu sudah mulai lancar dan bisa menulis maka mengelola sosial media akan lebih mudah.

Konten Instagram dan Tiktok juga banyak yang berisi tulisan, antau kamu membuat konsep yang kemudian dibuat dalam gabungan gambar, atau dibuat video.

Deskripsi akan selalu ada, kamu harus mulai belajar terbiasa membuat deskripsi sosial media. Singkat padat berisi dan enak dibaca.

Ketika konten kamu di video Tiktok bisa mendapatkan banyak view itu menjadi tanda bagus bahwa kamu mulai bisa membuat konten.

Sekarang tinggal di Instagram, cobalah untuk membuat konten hingga menarik banyak like, komen, atau save.

3. Mencoba Iklan

Modal Rp 500.000 adalah hal yang murah sebagai modal belajar dan praktek langsung. Jika kamu punya landing page bisa mencoba iklan Google Ads search.

Lagi-lagi kamu harus berurusan dengan kata-kata seperti tahap pertama. Membuat tittle dan deskripsi yang bagus, mendorong orang klik.

Gunakan Google Ads Versi pakar


Saat pertama kali mungkin butuh seminggu kebingungan dengan dasboard, tapi tenang saja anda bisa tanya ke saya jika kebingungan, Free Konsultasi.

Meta Ads Manager
Jika sosial media sudah bisa membuat konten dengan cukup baik, saatnya mencoba iklan Meta Ads. Menurut saya jauh lebih mudah dibandingkan Google Ads.

Tapi jika baru mulai Anda akan muter-muter belajat selama seminggu. Ini termasuk waktu yang cepat dibandingkan Anda kuliah 1 semester.


Berapa lama bisa ahli Digital Marketing?

Jika anda niat, dalam 1-2 bulan sudah bisa cukup menguasi Digital Marketing. Indikasi keberhasilan dari Digital Marketing semua ada datanya yaitu
  • Traffic/pengunjung
  • Leads/kontak order
  • Konversi/penjualan

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال