Cara Mudah Pemasaran Online 2023 dengan Konten Video

pemasaran dengan konten video

DHAdigital.com - Cara pemasaran online di Indonesia semakin terus berkembang di tahun 2023 - 2024. Hal ini karena semakin meningkatnya kecepatan koneksi internet orang semakin mudah mengakses media digital secara online. Hampir setiap hari orang sudah selalu mengunakan sosial media.

Mengakses berbagai macam konten video di Facebook, Youtube, Instagram dan Tiktok sekarang ini menjadi kegiatan sehari-hari. Apalagi layanan wifi banyak tersedia di semua tempat, seperti tempat kerja, cafe dan warung makan untuk menarik pelanggan. 

Semenjak era setelah pandemi selesai di tahun 2022-2023 banyak orang jadi suka online mencari hiburan dan berkomunikasi menggunakan gadget mereka. Tiktok merupakan platfrom yang cepat meningkat penggunanya di tahun 2022, 2023 hingga 2024.

Membuat video dan uploud di Youtube, Facebook video dan Instagram reels yang menarik dengan beraneka macam jenis kategori konten mulai dari hiburan, edukasi, informasi hingga jualan.

7 Langkah Memulai Pemasaran Online untuk Bisnis

Pemasaran Online dengan Konten

Jika digital marketing di era 2015 - 2020 adalah jaman menggunakan website, Instagram feed, dan landing page. Orang membuat iklan di Facebook dan Insragram lalu diarahkan ke landing page agar tertarik untuk membeli.

Tahun 2023 juga masih bisa menggunakan cara pemasaran tersebut, tetapi ada cara yang terbaru untuk menarik perhatian konsumen, dan melakukan pemasaran dengan menggunakan konten video.

Salah satu contoh paling ramai sekarang adalah Tiktok yang membuat metode pemasaran online melalui konten kemudian langsung diarahkan ke etalase untuk checkout atau membeli yang sering disebut "keranjang kuning" di Tiktok Shop.

Rahasia Cara FYP di Tiktok Harus Terapkan Ini

Contoh akun Tiktok dengan membuat konten untuk jualan bibit lele

akun tiktok pemasaran bibit lele


Cara Membuat Konten untuk Pemasaran Online

1. Menggunakan Youtube, Instagram, dan Tiktok

3 Platform ini bisa kamu gunakan bersamaan untuk memposting konten pemasaran sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Di Youtube bisa membuat video durasi 3-10 menit, atau video pendek di Youtube Short, kemudian menggunakan Instagram Reels, dan Tiktok.

Sebagai contoh seperti ini konten di Youtube menjual bibit alpukat

pemasaran konten Youtube


2. Membuat konten berkaitan dengan produk

Jika menjual peralatan memancing maka buat berbagai macam video tentang kegiatan memancing, menunjukkan aktifitas memancing dengan menunjukkan produk peralatan pancing yang dijual.

Jika menjual peralatan dapur maka bisa membuat beraneka macam konten kegiatan memasak yang menunjukkan menggunakan alat dapur tersebut.

Posting di Tiktok, Youtube dan juga Instagram Reels

3. Membuat konten yang menarik

Tidak disarankan konten langsung jualan menawarkan produk, kecuali di acara live jualan. Biasanya jenis-jenis konten yang langsung menawarkan produk ini tidak menarik untuk dilihat, bisa menyebabkan akun usah untuk meningkatkan view.

Kunci sebuah konten sukses adalah yang bisa membuat orang tertarik untuk melihat sampai akhir, jadi ketika menyajikan konten yang menawarkan produk maka harus bisa membuat bagaimana penawaran yang menarik.

4. Menggunakan teks judul yang menarik

Judul sangat penting agar orang mau klik dan terus menonton video dari awal hingga akhir. Sebagai contoh diatas diberi judul "Bibit Alpukat 1 Meter Cepat Berbuah"

Mungkin orang akan tertarik dengan bibit alpukat yang cepat berbuah. Jadi bagaimana bisa kretif agar judulnya menarik, di video Tiktok atau IG reels, konten bisa ditempatkan di awal video dan pada caption.

5. Kualitas video tidak harus bagus

Kamu bisa memulai dengan cukup menggunakan kamera hp saja kemudian uploud, asal berdasar untuk membuat konten yang menarik untuk dilihat.

Segera mulai dengan ide, rekam dengan hp, mencari ide judul dan kata-kata yang menarik kemudian uploud. Semakin sering uploud nanti akan tahu apa jenis video yang disukai orang dan bagaimana caranya membuat video yang menarik.

Pentingnya Content Creator dalam Pemasaran Online

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال