Pengertian Marketing Funnel dengan Model AIDA

DHADigital.com - Ketika menjalankan bisnis dan mulai melakukan pemasaran pasti mendengar istilah tentang marketing funnel, dan ini biasanya sering digunakan dalam proses pemasaran atau digital marketing. Di artikel ini akan menjelaskan apa itu marketing funnel dan bagaimana menerapkan untuk bisnis

Pengertian Marketing Funnel

Marketing funnel adalah proses pemasaran yang digambarkan seperti corong (funnel) dari bagian atas yang paling lebar kemudian mengerucut kebawah. Proses corong ini menggambarkan tahapan proses dari awal mula pemasaran hingga akhirnya terjadi penjualan.

Marketing funnel ini juga sering disebut AIDA karena merupakan singkatan dari Awareness, Interest, Decision, Action.

Gambar Marketing Funnel

pengertian marketing funnel aida

Awareness artinya yaitu kesadaran merupakan tahap yang tujuan utamanya membuat orang sadar tentang bisnis, bagaimana agar orang yang belum tahu menjadi tahu apa produk atau jasa yang ditawarkan.

Ketika mulai membuat produk atau jasa baru pasti belum banyak orang tahu, karena itu butuh tahap awal pemasaran dengan tujuan awareness.

Interest artinya tertarik, ini merupakan tahap kedua setelah orang tahu pemasaran selanjutnya adalah bagaimana membuat orang bisa tertarik, ingin tahu lebih lanjut, penasaran tentang produk yang dipasarkan.

Ketika menyasar pada target market yang tepat biasanya orang akan lebih mudah tertarik. 

Dsire artinya adalah kinginan yaitu tahap seorang yang sudah punya keinginan dan mempertimbangkan untuk membeli (decision). Meyakinkan diri apa keuntungannya jika membeli produk tersebut.

Jadi tahap desire ini proses marketing bertujuan meyakinkan orang sudah ingin beli segera melakukan aksi. Bisanya di tahap ini orang sudah mulai mempertimbangkan untuk membeli, seperti mencari promo, menabung, atau menunggu gajian.

D adalah Desire tapi ada juga yang mengartikan Decision (pertimbangan), tapi keduanya adalah tahapan yang sama.

Action yang artinya adalah aksi merupakan tujuan akhir pemasaran, yaitu orang melakukan aksi sesuai tujuan pemasaran, orang melakukan aksi transaksi.

Bisa berupa membeli produk jika yang dipasarkan adalah produk, memesan jasa, mendaftar program jika yang dijual adalah suatu program, bisa juga menginstal aplikasi, dan lain sebagainya.

Arti Berbentuk Corong atau Funnel

Corong menggambarkan bahwa jangkauan pemasaran dari atas Awareness ini jumlahnya paling banyak, kemudian semakin kebawah semakin sedikit.

Dari 1000 orang yang sadar dan tahu suatu produk baru, yang suka mungkin ada 500 orang, kemudian yang ingin membeli ada 100 orang dan yang jadi beli tinggal 20 orang.

Di era modern ada yang lebih mempersingkat agar mudah di ingat dengan 3 tahap yaitu

Awareness tahap proses mendapatkan perhatian, diketahui target market

Consideration dari target market yang sudah tahu tahu menjadi tertarik dan mempertimbangakan untuk membali

Conversion atau terjadi transaksi penjualan

Perbedaan Brand Awareness Vs Reach di Fb Ads

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال