Pengertian dan Manfaat Personal Branding untuk Karir dan Bisnis

pengertian personal branding

DHADigital.com - Personal branding merupakan kegiatan yang bagus sekali diterapkan di jaman sekarang untuk menunjang karir maupun bisnis. Orang yang mau membangun personal branding akan lebih mudah meningkatkan karir dan juga membuka usaha atau bisnis.

Apa itu Personal Branding?

Personal branding berasal dari kata personal yang artinya pribadi atau diri sendiri, dan kata branding yang artinya merek atau label. Jadi personal branding adalah suatu label gambaran diri yang bisa menjelaskan diri seseorang di mata orang lain, bisa menjadi suatu nilai lebih yang berharga.

Sebagai contoh

Raymond Chin, dia membuat personal branding seorang entrepreuner muda, visioner, berjiwa bisnis dan sukses untuk mengajak para pengusaha untuk menjadi entrepreuner.

Sedangkan Bintang Emon adalah seorang komika lucu yang membuat personal branding apa adanya, kritik terhadap isu-isu baru dan bisa membawa isu menjadi sesuatu yang asik dan lucu.

Apakah Orang Biasa Bisa Membuat Personal Branding?

Bisa, dengan bantuan sosial media sekarang jika mempunyai niat dan kemauan untuk membangun personal branding seperti menggunakan akun Tiktok atau Instagram.

Khaby Lame adalah salah satu contoh orang biasa yang saat ini sangat terkenal di kalangan pengguna Tiktok dan Instagram, karena konsisten membuat konten lucu tanpa kata-kata.

Di Indonesia banyak sekali orang biasa yang membuat personal branding mulai dari menjadi content creator di Instagram dan Tiktok.

Karena fokus di suatu niche tertentu, konsisten dan lama-lama dia menjadi terkenal karena ada nilai yang unik dan menjadi ciri kas (branding). 

Banyak sekali orang  biasa yang berhasil membuat personal branding kemudian bisa mendapat banyak pengikut.

Salah satu cara membuat personal branding dengan menunjukkan suatu kelebihan atau keunikan dari diri sendiri, konsisten yang bermanfaat bagi banyak orang.

Contoh Personal Branding di Instgram

Sosial media Tiktok dan Instagram saat ini adalah media yang sangat bermanfaat untuk mulai membangun, membuat content dengan kelebihan, pengetahuan dan ciri khas seseorang agar mendapat label unik (branding) di mata orang lain.

Manfaat untuk Karir dan Bisnis

Di bidang karir sangat menunjang bisa menjadi portofolio yang ditawarkan ke perusahaan, dari content sosial media dan jumlah followers yang banyak akan lebih mudah untuk menempati posisi tertentu.

Apalagi jika konten yang selama ini ditampilkan itu relevan dengan posisi karir. Misalnya seorang content creator dengan personal branding dia sering membahas tentang digital marketing, kemudian melamar posisi supervisor atau manager digital marketing.

Di dalam bisnis akan meningkatkan kepercayaan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Biasanya orang yang membangun personal branding akan cukup terkenal di bidang tertentu, mempunyai banyak pengikut.

Ciri khas dan banyaknya pengikut sangat berperan meningkatkan kepercayaan orang ketika menawarkan produk atau jasa tertentu.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال